Sukses

`Bajak Laut` Bikin Anak-anak Tak Takut Lakukan CT Scan

Sebuah rumah sakit anak-anak di New York mengubah kamar CT scan layaknya kapal bajak laut. Tujuannya biar anak-anak tak takut.

Bila selama ini anak-anak takut melakukan CT scan karena dianggap mengerikan dan menakutkan, mungkin pihak rumah sakit bisa mencontoh apa yang dilakukan rumah sakit anak-anak di New York, Amerika Serikat. Di sana, kamar CT scan diubah layaknya kapal bajak laut.

Melihat banyaknya gambar bajak laut yang menempel di seluruh dinding kamar, membuat anak-anak merasa senang berada di dalamnya, dan rasa takut itu pun sirna. Anak tinggal berbaring di atas kasur, yang kemudian meluncur masuk ke dalam scanner.

Bukan hanya bajak laut yang dijadikan tema di rumah sakit itu, di kamar yang lain ada juga tema ikan yang membuat anak-anak justru betah berada di dalam. Akibatnya, perdebatan sengit pun muncul di kalangan staf.

Dr Carrie Ruzal Shapiro selaku kepala radiologi pediatrik di rumah sakit Presbyterian Morgan Stanley Children mengatakan, para perompak dipilih karena dianggap lucu, dan akhirnya dipasang pada awal Agustus kemarin.

Sejauh ini, reaksi positif yang diterima. Walaupun banyak kekacauan yang terjadi, yang disebabkan anak-anaknya tersebut tidak ingin keluar, dan ingin bermain lebih lama lagi.

Meskipun tes hanya berlangsung selama satu menit, dibutuhkan sekitar 10 sampai 15 menit untuk membuat anak-anak siap melakukan tes tersebut.

"Hal seperti ini memungkinkan anak-anak untuk membayangkan segala macam hal. Jadi, itu tidak tampak seperti tugas yang menakutkan dan mengerikan," kata Dr Ruzal Shapiro, seperti dikutip New York Daily News, Senin (26/8/2013).

Hal semacam ini memang sangat cocok dilakukan oleh beberapa rumah sakit. Mengingat, anak-anak yang akan dites adalah anak-anak dengan penyakit seperti kanker dan penyakit menakutkan lainnya.

(Adt/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.