Sukses

Usia Kehamilan Normal Ternyata Bukan 9 Bulan

Dalam penelitiannya di US National Institute of Environmental Health Sciences, peneliti menemukan kemungkinan waktu kelahiran normal itu tidak tepat sembilan bulan. Ada yang melebihi dan ada yang kurang. Sebenarnya, berapa rata-rata usia kehamilan?

Seperti dikutip dari laman Newser, Selasa (13/8/2013), usia kehamilan normal ternyata masih diperdebatkan hingga saat ini. Karena menurut laporan yang ditulis BBC, hanya ada 4 persen wanita yang benar-benar mencapai kelahiran selama 9 bulan.

Sementara 30 persen wanita lainnya bahkan melewati tanggal jatuh temponya. Dan sisanya justru melahirkan sebelum usia kehamilan 9 bulan.

Pada studi ini, peneliti mengungkapkan bahwa penelitian ini dikaitkan dengan perhitungan akurat menggunakan sampel urine untuk menentukan ovulasi tepat. Penelitian ini tidak termasuk kelahiran prematur. Karena peneliti menemukan periode kehamilan alami yang bervariasi sampai 37 hari. Dan akhirnya ditemukan bahwa rata-rata waktu bayi lahir adalah 268 hari.

Studi ini juga menemukan adanya hubungan antara lama kehamilan dan usia ibu dengan berat bayi saat lahir.

Dengan adanya penelitian ini, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynecologists di Inggris mengungkapkan bahwa mungkin nanti dokter bisa lebih tepat memprediksi kelahiran dari tanggal awal kehamilan bukan tanggal jatuh tempo kelahiran.

(Fit/Mel)

Loading