Sukses

Kulit Terbakar Matahari? Tenang, Ada Bahan Alami yang Membantu

Liburan telah memasuki hari terakhir, berbagai aktifitas sudah menunggu di hari pertama kerja. Selain kesehatan, penampilan juga perlu diperhatikan.

Tidak sedikit yang memilih pantai untuk liburan, namun sepulangnya kulit malah menjadi kusam bahkan terbakar akibat terlalu sering terpapar matahari. Tidak hanya itu, para pemudik juga merasakan hal yang sama.

Tak perlu khawatir karena perawatan untuk itu tidak perlu merogoh kocek dalam karena ada bahan alami yang dapat membantu.

Berikut bahan-bahan alami yang dapat mengurangi kulit yang terbakar dikutip Huffingtonpost, Minggu (11/8/2013).

1. Aloe Vera

Tanaman yang sering disebut lidah buaya ini mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit atau kulit yang berubah warna akibat paparan sinar matahari.

Meskipun dapat mengurangi, namun lidah buaya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyembuhan kulit yang terbakar matahari," ujar Profesor Dermatologi di University of Miami Miller School of Medicine, Dr Jonette Keri, MD.

2. Es Batu

Para ahli mengatakan mandi dengan air dingin atau menaruh es batu pada kulit yang terbakar dapat membantu mendinginkan kulit dan membuatnya merasa lebih baik.

Namun ketika menggunakan es batu perlu juga diperhatikan, tidak terlalu berlebihan karena kemungkinan dapat membuat kerusakan tambahan pada luka bakar.

3. Baking Soda

Baking soda mengandung antiseptik yang dapat membantu kurangi gatal dan bekerja sebagai exfoliant yang dapat membantu membuat kulit lebih baik.

Dapat juga digunakan dengan mencampurkan baking soda dengan air, dan basuhkan ke kulit yang terbakar atau saat mandi menambahkan setengah cangkir baking soda untuk berendam.

4. Susu

Susu dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kulit akibat terbakar sinar matahari. Yoghurt juga memiliki manfaat yang sama dapat mengurangi rasa sakit terbakar dan gatal.

5. Madu

Madu bersifat antibakteri dan beberapa studi telah menunjukkan madu dapat membantu menyembuhkan luka. Dengan menggunakan madu, sel kulit epitel baru dapat kembali tumbuh. Karena itu, memakai madu untuk terbakar sinar matahari dapat membantu kulit kembali jadi epithelized (tumbuh sel kulit epitel baru).

6. Tomat

Penelitian di Jerman menunjukkan mengoleskan pasta tomat pada kulit bisa membantu mencegah kulit terbakar. Tomat kaya akan lycopene yang membantu mengurangi respons sengatan matahari dari radiasi ultraviolet. (Mia/Igw)