Sukses

Sehatkan Otak dengan 4 Cara Tak Terduga

Kemampuan otak tidak hanya dapat dilatih dengan melakukan teka-teki silang. Ternyata ada hal yang tak diduga yang bisa membantunya.

Semakin tua usia seseorang, semakin rendah pula kemampuan otak untuk menyimpan memori. Banyak orang menganggap ketika seseorang menjadi tua, ia akan mengalami kepikunan. Hal itu memang benar, namun Anda dapat melatih otak Anda agar tetap sehat.Kemampuan otak tidak hanya dapat dilatih dengan melakukan teka-teki silang ataupun hal-hal yang berbau dengan pengetahuan saja. Ternyata, ada hal lain yang tanpa kita duga juga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori. Berikut 4 hal yang mampu mencegah otak kehilangan memori seperti dilansir The Huffington Post, Senin (22/7/2013):1. Menyaksikan film dokumenter tentang alamSebuah studi terbaru menyatakan bahwa film dokumenter tentang alam dapat mengurangi stres dan orang yang menyaksikannya memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Sebuah percobaan yang telah dipulikasikan dalam jurnal PLoS ONE juga membuktikan bahwa orang yang menyaksikan film dokumenter tentang alam memiliki skor lebih tinggi pada tes kemampuan bahasa dibandingkan dengan orang yang melakukan permainan olah otak lainnya.2. Menurunkan kadar kolestrolTernyata, kadar kolestrol dalam tubuh juga dapat memengaruhi kemampuan otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang lebih berisiko mengalami alzheimer dan demensia bila ia memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Oleh karena itu, Anda dapat mengurangi risiko tersebut dengan cara mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh Anda.3. Merawat gigiPercaya atau tidak, apabila Anda sering melakukan perawatan gigi dan gusi, secara tidak langsung pikiran Anda juga menjadi lebih sehat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa perawatan kesehatan oral terkait dengan risiko demensia. Para peneliti juga menyarankan agar Anda menggosok gigi setiap hari. Sebab, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa orang yang tidak rajin menggosok gigi memiliki risiko lebih besar terkena demensia.4. Minum teh hijauSebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 menyatakan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kemampuan kognitif, terutama pada pria. Beberapa studi juga menemukan teh hijau dapat melindungi Anda dari penyakit alzheimer dan memiliki dampak positif terhadap pikiran. (Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.