Sukses

Baru Usia 2 Tahun, Gadis Muda Ini Sudah Kena Stroke

Sejak usia satu tahun, gadis muda ini sudah menderita stoke. Dia berupaya melawan prediksi ahli medis, dengan belajar berjalan dan berbicara

Sejak usia satu tahun, gadis muda ini sudah menderita stroke. Dia berupaya melawan prediksi ahli medis, dengan belajar berjalan dan berbicara.Isabel Manchip, bocah asal Portsmouth, Inggris in merupakan salah satu dari anak-anak termuda di Inggris yang menderita stroke. 75 persen dari sisi otak kanannya rusak parah.Sekarang, Isabel sudah berusia dua tahun. Selama ini, Isabel menggunakan sisi kiri bagian tubuhnya, dan menggunakan gips untuk menompang lengan kirinya.Untuk anak-anak, penyebab dari stroke itu sendiri masih kurang jelas. Kedua orangtua Isabel, Rebeca (45) dan Eddie (48), awalnya percaya kalau Isabel terkena cacar.Eddie yang berprofesi sebagai konsultan TI (teknologi informasi) mengatakan, suhu tubuh anaknya sempat tinggi selama beberapa hari."Dokter pikir itu adalah infeksi biasa, yang memungkinkan Isabel terkena cacar air. Karena anak pertama kami, Matthew, menderita hal yang serupa tak lama kemudian," ujar Eddie, seperti dikutip Daily Mail, Senin (22/7/2013)Akhirnya, pada tanggal 28 Desember 2011, tim medis mengatakan, Isabel terkena stroke, dan harus dirawat secara intensif selama lima hari."Kami diberitahu untuk tidak berharap lebih, kalau Isabel akan bertahan hidup, dan mampu melewati masa kritis selama 48 jam pertama," kata Eddie.Eddie dan Rebeca lalu diberitahu oleh dokter, 95 persen dari sisi kanan otak anaknya rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, dan kesempatan untuk bertahan hidup sangat kecil.Masa itu merupakan masa-masa paling menyeramkan dalam hidup keduanya. Terutama bagi Eddie.Sewaktu Isabel sadar, yang diingat olehnya hanyalah ibunya seorang, Rebeca. Sedangkan Eddie, Isabel tak mengingatnya sama sekali."Dia tidak mengenali saya. Jadi, selama seminggu dihabiskan Rebecca untuk menghiburnya di rumah sakit," lirih Eddie.Tapi, Eddie tak putus asa. Demi membuat ingatan Isabel terhadapnya pulih kembali, Eddie pun terus menerus selama tiga bulan menemuinya di rumah sakit. "Akhirnya, dia dapat mengingat saya lagi," tambah Eddie.Makin membaikTiga bulan kemudian, dari hasil pemindaian yang diperlihatkan tim medis, kerusakan pada otak Isabel berkurang 75 persen. Memar dan bengkaknya pun sudah hilang.Di usianya yang menginjak angka 1 tahun, Isabel berusaha menentang semuanya. Harapannya tidak hanya hidup, tetapi Isabel dapat melihat, berjalan, berlari, dan bersenang-senang bersama kedua orangtuanya.Setelah melewati masa pemulihan yang cukup panjang, bocah manis itu pun memperlihatkan tanda-tanda yang jauh lebih baik lagi."Kami sangat berterimakasih, dia hampir kembali normal. Dia keajaiban kecil kami," kata Rebecca.Keduanya pun bersyukur, Isabela masih diberikan kesempatan untuk hidup dan terus menemani Rebecca dan Eddie setiap saat.(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke