Sukses

ARMY Geram Jin BTS Diduga Alami Pelecehan, Polisi Mulai Selidiki Kasus

Polisi mulai investigasi pelecehan seksual yang dialami Jin BTS oleh penggemar.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mulai investigasi awal kasus pelecehan seksual yang dialami Jin BTS oleh dua penggemar yang mencoba menciumnya pada acara 'BTS FESTA' yang diselenggarakan pada tanggal 13 Juni 2024.

'BTS FESTA' merupakan acara di mana Jin menyapa para penggemar dan menawarkan pelukan kepada 1000 penggemar setelah menyelesaikan tugas wajib militernya.

Insiden yang terjadi di acara spesial tersebut membuat ARMY (sebutan penggemar BTS) marah, tidak hanya kepada pelaku, tapi juga pada HYBE selaku agensi karena dianggap kurang responsif dalam melindungi Jin.

Seorang ARMY akhirnya secara resmi melaporkan kejadian tersebut ke polisi, dan meminta mereka untuk menyelidiki kedua penggemar yang dimaksud atas tuduhan pelecehan seksual.

Beberapa hari yang lalu, polisi mengatakan kepada media bahwa pihak mereka sedang mempertimbangkan apakah insiden tersebut memerlukan penyelidikan formal.

Pada tanggal 18 Juni 2024, Kantor Polisi Songpa-gu Seoul mengumumkan bahwa mereka telah memulai penyelidikan awal terhadap penggemar yang dilaporkan mencium Jin karena melanggar Undang-Undang Hukuman Kekerasan Seksual.

Dilansir dari Koreaboo pada Rabu, 19 Juni 2024, seorang perwakilan polisi mengatakan kepada TenAsia bahwa mereka sedang menghubungi HYBE untuk memahami sepenuhnya pandangan Jin tentang insiden ini.

Sebagai korban dalam insiden ini, pandangan Jin akan sangat penting bagi pihak berwenang. 

Pelapor juga mengunggah percakapan teleponnya dengan petugas polisi sebagai pihak yang berwenang,. Dalam unggahan tersebut, petugas mengonfirmasi bahwa, "Meskipun bukti pelecehan seksual jelas, penyelidikan hanya akan dilanjutkan jika korban bersaksi bahwa mereka merasa 'dilecehkan secara seksual.'"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diduga Pelaku adalah Seorang Blogger Jepang

Menanggapi spekulasi online bahwa wanita yang melakukan pelecehan seksual terhadap Jin adalah seorang blogger Jepang, beberapa penggemar angkat suara dan meminta Kantor Polisi Songpa-gu Seoul untuk memberlakukan larangan bepergian.

Menanggapi permintaan tersebut, polisi mengatakan kepada pelapor bahwa mereka perlu mendapatkan daftar 1000 orang yang mengikuti acara tersebut dari lembaganya, baru kemudian mengkonfirmasi identitas pelaku sebelum menerapkan pembatasan perjalanan.

Namun, hal tersebut merupakan prosedur yang sulit dan memakan waktu.

3 dari 3 halaman

Jin BTS Keluar Wamil Tanggal Berapa?

Jin menyelesaikan tugas militernya pada Rabu, 12 Juni 2024. Jin resmi dibebastugaskan dari dinas militer setelah bertugas di pusat pelatihan rekrutmen Divisi Infanteri ke-5 di Kabupaten Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi.

Anggota BTS lainnya, termasuk RM, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, yang semuanya juga sedang menjalani dinas militer, hadir untuk menyambut Jin yang telah menyelesaikan kewajibannya. 

Salah satu anggota BTS yaitu RM, memainkan lagu hit BTS, 'Dynamite' dengan saksofon saat merayakan kepulangan Jin dari kamp militer. 

Keesokan harinya setelah Jin selesai wajib militer, dan bertepatan dengan anniversary BTS yang ke-11, dia mengadakan acara jumpa dengan penggemar bertajuk 'BTS FESTA' yang diselenggarakan pada Kamis, 13 Juni 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini