Sukses

Viral! Joe Biden Tiba-Tiba Mematung dan Kebingungan di Depan Publik, Tanda Awal Alzheimer atau Hanya Manipulasi?

Joe Biden 'Freeze' di Depan Publik, Apa yang Terjadi? Gedung Putih Bereaksi Keras Mengenai Dugaan Presiden Amerika Serikat Kena Alzheimer

Liputan6.com, Jakarta - Potongan video Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menjadi perbincangan publik dan menimbulkan dugaan bahwa pria berusia 81 itu mengidap masalah kesehatan, seperti alzheimer atau demensia.

Dalam video, Biden tiba-tiba mematung (freeze) dan seperti tidak memiliki kesadaran penuh. Di video lain, Biden menjauh dari kerumunan pemimpin lain dan mengacungkan jempol.

Pada Senin, 17 Juni 2024, Gedung Putih menanggapi video yang beredar dengan mengkritik Partai Republik karena menyebarkan video untuk menunjukkan penurunan mental dan fisik Presiden Joe Biden.

Pihak Gedung Putih juga mengatakan bahwa gambar-gambar tersebut telah dipotong dan dimanipulasi.

"Ini memberi tahu Anda segalanya yang perlu kami ketahui tentang betapa putus asanya Partai Republik di sini," kata Sekretaris Pers, Karine Jean-Pierre, kepada wartawan. Dia juga mencap klip tersebut sebagai video palsu, seperti dikutip South China Morning Post (SCMP) pada Selasa, 18 Juni 2024.

Sebelumnya, media terkenal seperti New York Post dan akun media sosial resmi Partai Republik telah membagikan beberapa video pendek yang menunjukkan sikap tak biasa Joe Biden dalam beberapa hari terakhir.

Dalam salah satu video, Biden tampak berjalan menjauh dari para pemimpin dunia lainnya sambil menonton pertunjukan terjun payung pada KTT G7 di Italia, pekan lalu.

Namun Jean-Pierre mengatakan bahwa rekaman itu telah diedit secara menyesatkan, dan sebenarnya Presiden Amerika Serikat sesudah Donald Trump memberikan acungan jempol kepada para penerjun payung.

"Fakta ini telah diperiksa secara luas termasuk oleh media konservatif," katanya pada konferensi pers.

Karine lalu menambahkan,"Jika Anda memutar rekaman itu sedikit lebih lama dari yang Anda lihat apa yang terjadi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Joe Biden dari Sudut Lainnya

Awal minggu ini, stasiun TV NBC juga membantah klaim tersebut, dengan mengunggah rekaman yang diambil oleh kameranya sendiri dari sudut lain secara daring (online).

Video yang diambil NBC menunjukkan saat menjauh dari kerumunan pemimpin lain, Joe Biden sebetulnya sedang berinteraksi dengan para penerjun payung yang jaraknya hanya beberapa meter darinya. Interaksi yang dilakukan salah satunya dengan mengacungkan jempol.

Klip lain yang dibagikan secara luas adalah foto close-up Biden yang berdiri diam ketika para pemimpin dunia menari di dekatnya selama konser di Gedung Putih. Menurut sebagian masyarakat, Biden seperti orang yang kebingungan.

"Presiden berdiri di sana mendengarkan musik, dan dia tidak menari. Permisi. Saya tidak tahu bahwa tidak menari adalah masalah kesehatan," kata Jean-Pierre tentang video tersebut.

3 dari 4 halaman

Viral Video Joe Biden Mematung di Panggung

Pada akhir pekan, New York Post kembali membagikan video yang menunjukkan Biden mematung di atas panggung saat acara penggalangan dana di California, sebelum dituntun keluar oleh mantan presiden Barack Obama.

Juru bicara Gedung Putih lainnya, Andrew Bates, mengatakan di X bahwa Biden malah menunggu di panggung untuk mengapresiasi tepuk tangan dari para pendukungnya.

Dan, penasihat senior Obama, Eric Schultz, memasang link ke artikel Post di X, menulis,"Ini tidak terjadi."

4 dari 4 halaman

Video Joe Biden Mematung Terkait Pemilihan Presiden yang Akan Datang

Disebut-sebut bahwa penyebaran video Biden dengan masalah kesehatan memiliki kaitan dengan pemilihan umum atau Pemilu yang akan datang.

Saingan utama Biden pada pemilu November, Donald Trump dari Partai Republik, telah menjadikan usia Biden sebagai salah satu poin utama dalam kampanyenya.

Dan mencoba memposisikan dirinya sebagai alternatif yang energik meski dirinya pun berusia tua yakni 78 tahun, hanya tiga tahun lebih muda dari Biden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.