Sukses

Arti Mimpi Dikejar-Kejar, Bisa Jadi Tanda Seseorang Alami Stres

Bermimpi, sebagian, merupakan ekspresi dari kondisi tubuh, atau cerminan dari kondisi sistem saraf.

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi adalah sebuah misteri yang sangat indah. Hal yang misterius lagi adalah fakta bahwa orang-orang di seluruh dunia tampaknya memiliki tema mimpi yang sama yaitu dikejar-kejar.

Terapis dan ahli mimpi Leslie Ellis, Ph.D. mengatakan pada mbg, mimpi dikejar menjadi hal yang paling umum dialami masyarakat.  "Jadi itu jelas mewakili sesuatu yang cukup universal,” kata Ellis.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa bermimpi, sebagian, merupakan ekspresi dari kondisi tubuh, atau cerminan dari kondisi sistem saraf.

"Dalam hal ini, dikejar-kejar adalah sebuah gambaran untuk bagian 'lari' dari respon fight-or-flight - reaksi awal tubuh kita terhadap ancaman," katanya.

Jadi, secara umum, cukup adil untuk mengatakan bahwa si pemimpi dalam kondisi yang merasa terancam, katanya. Singkat, Ellis mengatakan bahwa bermimpi dikejar berarti Anda mungkin sedang stres.

Hal-hal yang spesifik selalu penting dalam mimpi, dan ada banyak variasi dari mimpi dikejar-kejar yang dialami.

"Pengejarnya lebih sering berupa sesuatu yang menyeramkan dan tidak terlihat, penting untuk memperhatikan apa dan siapa yang melakukan pengejaran, karena hal ini akan membantu untuk memahami sifat dari apa yang terasa mengancam,” kata Ellis.

Pada artikel ini, Ellis menguraikan arti mimpi seperti apa yang mungkin ingin disampaikan oleh beberapa variasi dari mimpi dikejar-kejar yang Anda alami, seperti dilansir dari Mindbodygreen pada Senin, 22 April 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dikejar oleh Orang Asing

Jika Anda melarikan diri dari seseorang yang tidak Anda kenal, Ellis mengatakan bahwa ini bisa berarti Anda merasa terancam tapi tidak benar-benar mengetahui atau memahami sumber ancaman tersebut.

Hal ini bahkan bisa menjadi cerminan dari kecemasan dalam kehidupan sehari-hari Anda, yang sering kali muncul tanpa alasan yang jelas.

2. Melarikan Diri dari Seorang Teman atau Orang yang Dicintai

Jika memimpikan seseorang yang dikenal dengan baik mengejar Anda, Ellis menyarakan Anda untuk bertanya pada diri sendiri, seputar pertanyaan berikut.

“Apa karakteristik yang paling menonjol dari orang ini? Apakah mereka sangat pemarah atau mendominasi? Ini mungkin sifat-sifat yang membuat Anda takut pada diri Anda sendiri,” kata Ellis.

Karena dalam mimpi, seperti halnya dalam kehidupan nyata, Anda cenderung memproyeksikan sifat-sifat yang tidak disukai kepada orang lain.

3 dari 4 halaman

3. Dikejar oleh Seekor Binatang

Mimpi dikejar yang umum lainnya adalah bermimpi dikejar oleh seekor binatang. Dalam ha ini, mungkin merupakan ketakutan yang berkaitan dengan dunia alam.

"Atau Anda dapat mempertimbangkan sifat spesifik dari hewan itu dan apa yang membuatnya takut,” kata Ellis.

Mimpi dikejar seekor beruang, misalnya, mungkin mengindikasikan bahwa Anda merasa ada masalah yang terlalu besar untuk Anda, atau masalah itu mengalahkan Anda, jelasnya.

4. Dikejar oleh Sesuatu yang Tidak Mengancam

Mungkin ada saat-saat ketika Anda bermimpi dikejar oleh sesuatu yang tidak mengancam, baik hewan atau manusia. Jika Anda dikejar oleh seekor rusa, misalnya, ini bukanlah hewan yang mengancam, kata Ellis.

"Bisa jadi mimpi itu mengatakan bahwa Anda melarikan diri dari sesuatu yang tidak benar-benar menakutkan, atau mungkin melarikan diri dari sifat takut Anda sendiri, dari sifat melarikan diri seperti rusa dalam diri Anda,” katanya.

4 dari 4 halaman

5. Mimpi Berulang

Jika terus mengalami mimpi ini, Ellis mengatakan bahwa mimpi sedang berusaha keras untuk mendapatkan perhatian Anda, dan lebih penting lagi untuk memperhatikannya.

"Secara umum, mimpi yang berulang merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang belum terselesaikan atau macet, dan mimpi ini juga dikaitkan dengan lebih banyak tekanan secara umum."

6. Anda yang Melakukan Pengejaran

Dan terakhir, jika Anda adalah orang yang melakukan pengejaran dalam mimpi ini (yang menurut Ellis jauh lebih jarang terjadi), akan sangat berguna untuk mencari tahu sifat dari apa yang Anda kejar," katanya.

“Tanya pada diri Anda sendiri apakah mengejar dan tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan merupakan perasaan yang biasa Anda rasakan,” kata Ellis. Mimpi ini mengindikasikan bahwa Anda mungkin merasa ada sesuatu yang berada di luar jangkauan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini