Sukses

Fakta-Fakta Saintifik Fenomena Gerhana Matahari 8 April 2024

Berikut fakta-fakta saintifik di balik fenomena gerhana matahari total 2024

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari total akan melanda seluruh Amerika Utara pada Senin, 8 April 2024. Fenomena ini akan memberi tontonan bagi puluhan juta orang yang tinggal di jalur gerhana.

Menurut laporan Astronomy, gerhana matahari terjadi pada fase bulan baru, ketika bulan melintas di antara bumi dan matahari, menimbulkan bayangan di bumi dan menghalangi pandangan kita terhadap matahari seluruhnya atau sebagian.

Meskipun rata-rata terjadi dua gerhana matahari setiap tahunnya, satu titik tertentu di Bumi hanya mengalami gerhana total rata-rata setiap 375 tahun.

Gerhana sendiri tidak jarang terjadi, hanya saja gerhana di rumah Anda cukup jarang terjadi,” John Gianforte, direktur Observatorium Universitas New Hampshire, mengatakan kepada TIME.

Gianforte telah menyaksikan lima gerhana dan bermaksud melakukan perjalanan ke Texas tahun ini, yang prospek cuacanya lebih baik.

Menurutnya, salah satu bagian yang menyenangkan dari mengalami gerhana adalah mengamati orang-orang di sekitar Anda yang mungkin akan menunjukkan sisi emosional. 

“Setiap orang harus melihat setidaknya sekali dalam hidup mereka, karena peristiwa itu sangat spektakuler. Itu adalah peristiwa alam yang membangkitkan emosi," tutur Gianforte yang juga menjabat sebagai profesor pendidikan ilmu luar angkasa.

Berikut fakta-fakta saintifik di balik fenomena gerhana matahari total 2024, dilansir Time.

Dimulai di Samudera Pasifik dan berakhir di Samudera Atlantik

Bayangan bagian dalam yang lebih gelap yang dihasilkan bulan disebut umbra, tempat Anda dapat melihat gerhana total yang lebih jarang terjadi. Bayangan kedua terluar yang lebih terang disebut penumbra, di mana Anda akan melihat gerhana sebagian terlihat di lebih banyak lokasi.

Gerhana matahari total dimulai pada pukul 12:39 siang. Waktu Bagian Timur, sekitar 620 mil selatan Republik Kiribati di Samudra Pasifik, menurut Astronomi. Umbra tetap bersentuhan dengan permukaan bumi selama tiga jam 16 menit hingga pukul 15.55. ketika berakhir di Samudera Atlantik, kira-kira 340 mil barat daya Irlandia.

Umbra memasuki AS di perbatasan Meksiko tepat di selatan Eagle Pass, Texas, dan meninggalkan utara Houlton, Maine, dengan waktu satu jam delapan menit antara masuk dan keluar, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) memberitahu TIME dalam sebuah surel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meksiko akan mengalami kegelapan terlama saat gerhana

Menurut NASA, kondisi kegelapan terpanjang akan berlangsung selama empat menit dan 28 detik pada petak sepanjang 350 mil dekat garis tengah gerhana, termasuk di sebelah barat Torreón, Meksiko.

Di AS, beberapa wilayah Texas akan mengalami gerhana total dengan durasi yang hampir sama. Misalnya, di Fredericksburg, gelap karena gerhana akan berlangsung selama empat menit 23 detik—dan itu akan menjadi sedikit lebih lama jika Anda melakukan perjalanan ke barat.

Sebagian besar tempat di sepanjang garis tengah akan melihat totalitas yang berlangsung antara tiga setengah menit dan empat menit.

 

 

3 dari 5 halaman

Bagian matahari yang biasanya tersembunyi akan menampakkan dirinya

Gerhana matahari memungkinkan kita melihat sekilas korona matahari—atmosfer terluar bintang yang biasanya tidak terlihat oleh manusia karena kecerahan matahari.

Korona terdiri dari pita-pita plasma tipis berwarna putih—gas bermuatan—yang memancar dari matahari. Korona jauh lebih panas daripada permukaan matahari—sekitar 1 juta derajat Celsius (1,8 juta derajat Fahrenheit) dibandingkan dengan 5.500 derajat Celsius (9.940 derajat Fahrenheit).

Matahari akan berada di dekat titik maksimum yang lebih dramatis

Selama gerhana tahun 2024, matahari akan mendekati “solar maksimum”. Ini adalah fase paling aktif dari siklus matahari sekitar 11 tahun, yang mungkin menyebabkan aktivitas matahari lebih menonjol dan nyata, kata Gianforte kepada TIME.

“Kita berada dalam kondisi matahari yang sangat aktif, yang membuat gerhana menjadi lebih menarik, dan [berarti ada] lebih banyak hal yang dapat dinantikan selama fase gerhana total,” jelasnya.

Masyarakat harus memperhatikan corona yang aktif dan memanjang dengan lebih banyak duri dan mungkin beberapa gelombang di dalamnya, waspada terhadap hal-hal yang menonjol, ledakan plasma merah muda yang muncul dari permukaan matahari dan ditarik kembali oleh medan magnet matahari, dan pita-pita plasma yang terlepas.

Pita plasma “merupakan warna merah jambu yang indah, dan siluetnya berlawanan dengan bulan baru yang hitam yang melintasi piringan matahari, membuatnya terlihat sangat menonjol. Jadi sungguh pemandangan yang indah melihat gerhana matahari total,” kata Gianforte.

 

 

4 dari 5 halaman

Dua planet dan mungkin sebuah komet juga dapat terlihat

Venus akan terlihat 15 derajat barat daya matahari 10 menit sebelum kegelapan, menurut Astronomy. Jupiter juga akan muncul 30 derajat timur-timur laut Matahari selama gerhana, atau mungkin beberapa menit sebelumnya. Venus diperkirakan bersinar lima kali lebih terang dari Jupiter.

Objek langit lain yang mungkin terlihat adalah Komet 12P/Pons-Brooks, sekitar enam derajat di sebelah kanan Jupiter. Gianforte mengatakan komet tersebut, dengan awan gas berbentuk lingkaran yang khas dan ekor yang panjang, “benar-benar memperlihatkan pertunjukan yang luar biasa di langit” menjelang gerhana.

Gerhana dapat menyebabkan “matahari terbenam 360 derajat”

NASA mengatakan, gerhana matahari dapat menyebabkan cahaya seperti matahari terbenam di segala arah—disebut “matahari terbenam 360 derajat”—yang mungkin Anda lihat selama gerhana tahun 2024.

Efek tersebut disebabkan oleh cahaya matahari pada area di luar jalur gerhana dan hanya berlangsung selama fenomena tersebut.

 

 

5 dari 5 halaman

Suhu Udara akan Turun

Saat gerhana, sinar matahari terhalang menyebabkan suhu turun drastis. Selama gerhana matahari total terakhir di AS pada tahun 2017, Layanan Cuaca Nasional mencatat bahwa suhu turun sebanyak 10 derajat Fahrenheit. Di Carbondale, Illinois misalnya, suhu turun dari puncak 90 derajat Fahrenheit sebelum totalitas menjadi 84 derajat selama totalitas.

Satwa liar mungkin berperilaku berbeda

Ketika langit tiba-tiba menjadi gelap seperti malam hari, Gianforte mengatakan, “hewan, anjing, kucing, burung berperilaku sangat berbeda,”

Pada gerhana tahun 2017, para ilmuwan melacak bahwa banyak makhluk terbang mulai kembali ke tanah atau tempat bertengger lainnya hingga 50 menit sebelum gerhana total.

Mencari perlindungan adalah respons alami terhadap badai atau kondisi cuaca yang bisa mematikan bagi makhluk terbang kecil, kata laporan itu. Lalu tepat sebelum terjadinya totalitas, sekelompok makhluk terbang mengubah perilakunya lagi—tiba-tiba terbang sebelum segera kembali ke tempat bertenggernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini