Sukses

Jelang Hari Raya Idul Fitri dan Libur Lebaran, Terapkan 3 Langkah Ini Agar Tubuh Tetap Sehat

3 langkah berikut ini akan membantu Anda menjaga tubuh tetap sehat selama libur Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi mudik yang diikuti dengan aktivitas pelesiran telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk berlibur dari rutinitas sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda harus meninggalkan rutinitas kesehatan yang biasa Anda lakukan sehari-hari.

Menjaga kesehatan selama liburan bisa dimulai dari merencanakan aktivitas produktif untuk kebugaran tubuh hingga memprioritaskan makanan sehat dan perawatan diri setiap harinya. Biasanya, saat Anda bepergian, Anda akan menghadapi banyak hal yang tidak terduga, seperti penundaan penerbangan, macet lalu lintas, dan banyak hal lain yang diluar rencana.

"Ini berarti total volume stres Anda akan meningkat, kata Sean Light, mantan pelatih kekuatan dan pengkondisian Los Angeles Lakers dan pendiri 4A Health Health & Performance Sciences yang berbasis di New York City.

Mengutip dari WebMD, jika Anda menggunakan waktu liburan untuk tetap melakukan pekerjaan kantor, maka hal ini akan memberikan efek negatif yang berkontribusi pada tingginya tingkat depresi dan kecemasan.

Oleh karena itu, jika Anda harus melakukan pekerjaan, batasi jumlah waktu yang dihabiskan untuk bekerja. Jangan biarkan pekerjaan merasuk waktu liburan Anda higga mengacaukan waktu tidur yang berharga.

Berikut ini merupakan 3 langkah sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa meninggalkan semua hal menyenangkan yang Anda sukai saat liburan, dilansir dari Shape pada Senin, 01 April 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Persiapan Sebelum Perjalanan

Menjaga rutinitas kesehatan saat liburan memerlukan perencanaan untuk membantu Anda mempersiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan selama liburan.

Persiapkan untuk membawa camilan sehat. Camilan adalah teman terbaik untuk menemani perjalanan Anda. Memilih camilan untuk perjalanan liburan perlu memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

"Agar tetap mempertahankan kondisi yang fit, sediakan makanan ringan dan suplemen yang cocok untuk perjalanan yang Anda sukai, seperti bar protein rendah gula atau kacang-kacangan," kata Kira Stokes, NASM-CPT, pelatih selebriti dan pencipta The Stoked Method, yang berbasis di New York City.

Selain itu, perhatikan juga untuk merencanakan aktivitas olahraga. Jika tempat menginap anda dekat dengan gym, sempatkan waktu di sela-sela liburan Anda untuk pergi berolahraga di sana. Tetapi jika Anda tidak menemukan tempat gym terdekat, pertimbangkan untuk membawa alat olahraga seperti lompat tali untuk melakukannya di tempat terbuka.

3 dari 4 halaman

2. Lakukan Olahraga Ringan Selama Liburan

Ketika liburan, sering kali rutinitas olahraga tidak begitu diperhatikan karena terlalu sibuk dengan jadwal menjelajahi destinasi wisata. Penting untuk diingat bahwa melakukan gerakan kecil sepanjang hari, dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat meningkatkan energi, daya tahan, kekuatan, dan mobilitas Anda.

“Ketika Anda sedang bepergian, mungkin Anda tidak punya waktu untuk latihan yang intens, namun Anda bisa memanfaatkan momen sepanjang hari untuk melakukan beberapa gerakan olahraga ringan,” kata Stokes.

Olahraga ringan yang dimaksud Stokes bisa berupa naik tangga, melakukan push-up di dekat bangku, peregangan saat duduk, atau lakukan glute bridge saat berbaring di pantai. “Semua ini akan menambah kebugaran tubuh Anda dan membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan,” katanya.

4 dari 4 halaman

3. Prioritaskan Makan Makanan Bergizi Selama Liburan

Liburan tentunya tidak terlepas dari eklporasi berbagai macam kuliner, tetapi penting untuk tetap memprioritaskan makanan bergizi sambil menikmati makanan lokal.

Sering kali dalam bepergian Anda akan makan berlebihan dari biasanya, entah itu karena sedang merayakannya, atau bersemangat mencoba makanan baru. Noam Tamir, C.S.C.S., pemilik TS Fitness di New York City, menyarankan untuk memesan makanan yang Anda sukai dan mampu menghabiskannya dengan nyaman.

"Ingat, jika Anda masih lapar, Anda selalu bisa memesan makanan lain, tapi dengan cara yang tidak berlebihan. Hal ini juga membuat Anda tidak membuang-buang makanan," kata Tamir.

Jika ingin fokus pada apa pun yang berkaitan dengan nutrisi selama liburan, Tamir juga menyarankan untuk tetap terhidrasi dan memprioritaskan makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi. "Fokus pada protein berkualitas tinggi yang baik untuk kebiasaan nutrisi Anda yang lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini