Sukses

Resmikan Anutapura Medical Center Palu, Jokowi: Gedung dengan Penahan Goncangan Gempa

Jokowi sebut gedung layanan fasilitas kesehatan tersebut menerapkan teknologi yang tahan dengan getaran gempa.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 26 Maret 2024 meresmikan Gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Ia menyebut gedung layanan fasilitas kesehatan itu menerapkan teknologi yang tahan dengan getaran gempa.

"Gedung ini menjadi gedung yang pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system dengan lead rubber bearing untuk menahan daya seismik akibat gempa," kata Jokowi.

Ia juga sudah diberi gambaran tentang cara kerja gedung dengan teknologi tersebut. Di mana di bawah gedung RSUD tersebut semacam diberikan shock bracker.

"Tadi saya sudah diberikan gambarnya, jadi di bawah gedung ini kayak ada shock bracker yang bisa lentur kalau tidak terjadi (gempa) tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa," lanjut Jokowi.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang sempat rusak dihantam bencana gempa dan tsunami pada 2018 itu, dilengkapi dengan fasilitas IGD, gawat darurat kebidanan, politeknik, radiologi, laboratorium, ruang rawat inap, dan instalasi bedah sentral.

Resmikan Gedung Lain

Selain meresmikan Gedung Anutapura, Jokowi juga meresmikan proyek rekonstruksi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama di Palu yang dibangun sejak 2020, dengan biaya Rp139 miliar pada lahan seluas 34 ribu meter persegi.

"Rekonstruksi ini meliputi pembangunan berbagai sarana belajar, gedung perkuliahan, auditorium, fasilitas olahraga, serta fasilitas pendukung lainnya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi

Jokowi meminta agar gedung dan infrastruktur yang dibangun pasca gempa dan tsunami Palu 2018 ini bisa dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Supaya aktivitas masyarkat bisa sepenuhnya normal kembali, aktivitas sosial dan ekonomi dapat bergerak dan pulih kembali," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini