Sukses

5 Green Flag Dalam Hubungan, Tanda Hubungan Sehat dan Berpotensi Langgeng

Kenali 5 tanda green flag yang perlu diperhatikan untuk menunjukkan bahwa kita berada dalam hubungan yang sehat

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalin hubungan, penting untuk mengetahui tanta-tanda positif dalam hubungan Anda, tanda-tanda positif dalam hubungan ini sering disebut green flag. Jadi, bukan hanya tanda-tanda toxic seperti ghosting atau gaslighting saja yang perlu diperhatikan. Tanda-tanda positif seperti ini dapat menjadi pertanda bahwa hubungan Anda memiliki potensi untuk berkembang menjadi hubungan yang stabil dan langgeng.

Yuk, kenali 5 green flag di dalam hubungan, seperti dilansir dari Verywell Mind pada Senin, 18 Maret 2024.

1. Saling Percaya Satu Sama Lain

Salah satu indikator utama hubungan yang sehat adalah adanya rasa percaya yang mendalam satu sama lain. Pasangan Anda menunjukkan tanggung jawab dengan konsistensi dalam tindakan mereka.

Misalnya, jika mereka berjanji untuk menjemput Anda, mereka selalu ada di sana tepat waktu. Memiliki kepercayaan yang kuat pada pasangan Anda merupakan aspek krusial dari hubungan yang sehat.

Anda bisa bergantung pada pasangan dengan berbagi cerita sehari-hari dan juga perasaan yang dalam dengan mereka. Ini akan memperkuat hubungan yang jujur, terbuka, dan penuh perhatian.

2. Mempertahankan Batasan

Karena rasa saling menghormati, Anda tidak akan cemburu jika pasangan berteman dengan orang lain. Pasangan Anda juga tidak merasa terancam jika Anda butuh waktu sendiri.

“Batasan membantu mendefinisikan siapa diri Anda, menentukan perilaku apa yang dapat diterima dan tidak dapat diterima oleh Anda, dan mengajari orang lain bagaimana memperlakukan Anda,” kata Ivy Kwong, LMFT, seorang psikoterapis dan pelatih.

Kwong menambahkan bahwa mengkomunikasikan batasan, kebutuhan, dan keinginan dengan keberanian dan kejelasan dalam suatu hubungan, serta menghormati batasan orang lain dan batasan Anda sendiri adalah suatu green flag dalam hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkomunikasi dengan Baik

Jika pasangan Anda cenderung sibuk dengan media sosial ketika Anda berbicara, ini mungkin menunjukkan kurangnya keterlibatan dalam percakapan. Sebaliknya, jika mereka selalu menghadap Anda, memberikan perhatian penuh, dan menunjukkan kontak mata saat Anda bercerita, itu menandakan keterlibatan dan penghargaan terhadap Anda. Hal ini mencerminkan rasa hormat dalam hubungan.

Selama berbicara, jika mereka memahami dan menghargai perasaan Anda dengan empati, itu adalah tanda validasi emosional yang penting. Dalam hubungan yang baik, kedua belah pihak harus merasa diterima dan merasa pikiran serta perasaan mereka dihargai.

"Anda menunjukkan rasa hormat kepada diri sendiri dan orang lain saat Anda jujur dan terbuka tentang kemampuan Anda. Apa yang tidak bisa Anda lakukan, dan apa yang Anda butuhkan untuk merasa didukung dan diperhatikan," ujar Kwong.

Jika Anda tidak mengungkapkan keinginan Anda, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkannya. Jadi, jujurlah dengan apa yang Anda inginkan.

3 dari 4 halaman

Menghabiskan Waktu Bersama

Setiap hubungan biasanya mengalami naik turun. Namun, menurut pakar hubungan John Gottman, hubungan yang berkembang, seperti pernikahan yang stabil dan bahagia, cenderung memiliki lima atau lebih momen positif untuk setiap momen negatif. Ini adalah tanda bahwa Anda dan pasangan cocok dan hampir selalu rukun.

Contohnya, pasangan Anda adalah orang pertama yang ingin Anda beri tahu berita baik dan juga teman dekat Anda. Tanda lainnya adalah Anda benar-benar menikmati waktu bersama melakukan berbagai hal (bahkan tidak melakukan apa-apa). Mungkin Anda tak sabar untuk memeluk atau mencium pasangan lagi karena merasa begitu terhubung dengan mereka.

Perasaan dekat dapat berasal dari kasih sayang dan berbagai bentuk keintiman. Jika Anda memiliki tanda tersebut dalam sebuah hubungan, kemungkinan besar Anda berada dalam hubungan yang sehat dan bermanfaat yang menghasilkan kebahagiaan jangka panjang.

4 dari 4 halaman

Menghargai Pasangan

Tanda green flag lainnya adalah ikatan intim Anda dengan pasangan akan semakin kuat ketika Anda merasa dihargai. Sebuah penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa ada korelasi antara merasa dihargai dalam hubungan dan sikap peduli terhadap kebutuhan pasangan.

Temuan ini menunjukkan bahwa ketika seseorang merasa dihargai oleh pasangannya, mereka cenderung lebih memperhatikan dan menghargai kebutuhan pasangan mereka. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa perasaan dihargai dapat memperkuat rasa bersyukur terhadap pasangan, serta meningkatkan kesetiaan dalam hubungan jangka panjang.

Rasa syukur juga membuat Anda lebih bahagia. Menyampaikan rasa terima kasih dengan cara yang sama seperti yang Anda harapkan dari pasangan Anda dapat memperkuat ikatan emosional dan menghasilkan kebahagiaan yang berkelanjutan bagi keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini