Sukses

Ingin Berumur Panjang? Pastikan Konsumsi Makanan Sehat Dalam Daftar Ini

Berikut jenis makanan yang dianjurkan untuk umur panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada jaminan untuk manusia bisa hidup selamanya. Namu para ahli mengatakan ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk hidup lebih lama, seperti misalnya dengan memperbaiki pola makan.

Itu artinya meninggalkan makanan ultra-olahan yang sangat disukai, mulai dari makanan yang dipanggang hingga kentang goreng.

Sebaliknya, alih-alih mengonsumsi makanan ultra-olahan, para ahli menekankan pada konsumsi makanan mentah dan alami. Mulai dari biji-bijian hingga sayuran segar, demikian menurut mereka.

Berikut jenis makanan yang dianjurkan untuk umur panjang, dilansir New York Post

Sayuran Cruciferous

Dr Mark Hyman, penulis, dokter keluarga dan direktur UltraWellness Center di Lenox, Massachusetts, mengatakan kepada HuffPost bahwa rahasianya terletak pada semua fitonutrien anti-inflamasi, anti-kanker, dan anti-penuaan yang dikandung sayuran cruciferous.

“Sebenarnya tidak ada batasan atas berapa banyak sayuran yang boleh Anda makan, tapi aturan yang baik adalah menutupi sekitar tiga perempat piring Anda dengan sayuran tersebut,” kata Hyman.

Sayuran berdaun gelap

Secara teknis, sayuran ini juga merupakan sayuran cruciferous, namun beberapa orang yang mengetahuinya mengatakan bahwa makanan sehat ini patut mendapat pujian tambahan karena kandungan seratnya yang tinggi dan folat yang ramah jantung dan mencegah kanker, menurut Dr. Linda Shiue, ahli penyakit dalam dan direktur kuliner dan pengobatan gaya hidup di Kaiser Permanente di San Francisco.

Ikan Berlemak

Hyman menyarankan konsumsi salmon, ikan teri, atau ikan herring kalengan serta salmon segar, semuanya merupakan sumber protei dan omega-3 yang baik.

“Makan salmon dua kali seminggu sudah cukup untuk mengurangi risiko serangan jantung, aritmia, stroke, tekanan darah tinggi, dan peningkatan trigliserida,” kata Hyman.

Omega-3 membantu melawan peradangan – salah satu ancaman utama bagi kesehatan kita seiring bertambahnya usia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Extra Virgin Olive Oil

“Hanya setengah sendok teh minyak zaitun extra virgin sehari dapat secara signifikan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, penyakit neurodegeneratif, penyakit pernapasan, dan kanker,” kata Hyman.

Buah Beri

Lewati makanan penutup yang tinggi gula, sebaliknya, ambillah segenggam buah berry. Buah-buaha ini kaya akan antioksidan dan rendah gula.

Makanan yang Difermentasi

Dari kimchi hingga kombucha, makanan ini mengandung “bakteri baik yang bermanfaat membantu Anda menjaga kesehatan usus,” kata Hyman.

Bakteri baik pada makanan yang difermentasi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan peradangan, dan bekerja secara ajaib pada usus kita – yang semuanya bermanfaat untuk umur panjang.

“Ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan jangka panjang kita,” kata Hyman.

 

3 dari 4 halaman

Kacang Pohon dan Biji-Bijian

Makanan ini kaya akan serat dan protein, kata Dr. Florence Comite, pendiri Comite Center for Precision Medicine and Healthy Longevity di New York kepada HuffPost.

“Kacang kenari adalah salah satu favorit saya karena juga merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati yang baik, lemak penyehat jantung seperti yang Anda dapatkan dari ikan berlemak,” kata Comite.

Yogurt plain

Bahan murninya, kata Comite, tinggi protein, kalsium dan magnesium, belum lagi asam gamma-aminobutyric, atau GABA, “neurotransmitter yang membuat tubuh rileks, menurunkan stres, dan meningkatkan kualitas tidur,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Cokelat hitam

Makan cokelat dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kemungkinan terkena stroke atau diabetes.

“Cokelat hitam memiliki lebih banyak antioksidan daripada blueberry, makanan super panjang umur lainnya,” kata Comite, merekomendasikan coklat dengan kandungan kakao 75% atau lebih tinggi.

Dokter juga mengatakan bahwa mengonsumsi coklat hitam juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan otak.

Kacang kapri

Lentil, kacang tanah dan sejenisnya “dapat menstabilkan gula darah dan menurunkan kolesterol,” kata Shiue, dan “dapat membantu Anda tetap teratur dan menurunkan risiko kanker usus besar.”

Tomat

Lycopene adalah antioksidan yang dikenal membantu kesehatan jantung, kata Shiue. Tomat juga kaya akan vitamin C yang penting untuk kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini