Sukses

Mengenal Kanker Sarkoma seperti yang Diidap Alice Norin

Aktris Alice Norin mengungkapkan kepada publik bahwa dirinya didiagnosis kanker sarkoma di bagian rahim. Lalu, apa itu kanker sarkoma?

Liputan6.com, Jakarta Aktris Alice Norin menyampaikan kabar kurang menyenangkan terkait kondisi kesehatannya. Hal ini ia ungkap melalui unggahan video di akun media sosialnya termasuk TikTok. Kepada publik, Alice Norin mengungkap dirinya terkena kanker sarkoma di rahim.

"Aku divonis kanker sarkoma yaitu kanker langka yang berkembang di otot rahim," kata Alice yang diunggah di video TikTok pada Jumat, 16 Februari 2024.

Terkait kanker sarkoma, dokter spesialis bedah konsultan onkologi di Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr Alif Soeratman SpB (K) Onk mememberi penjelasan. Menurutnya, kanker sarkoma adalah kanker pada kelenjar jaringan lunak.

"Dan, itu ganas biasanya bisa membesar dan juga bisa menyebar. Jadi, memang sarkoma ini termasuk dalam kategori kanker atau tumor yang ganas," kata Alif kepada Health Liputan6.com saat ditemui dalam acara puncak Hari Kanker Anak Internasional RS Kanker Dharmais, [ada Jumat (16/2/2024).

Alif menambahkan, kanker ini biasanya memiliki gejala benjolan. Benjolannya bisa timbul di mana saja seperti di kepala, leher, tungkai, dan di kulit lainnya.

"Gejalanya dari awalnya berupa benjolan kecil, atau kalau di kepala leher biasanya mimisan dan lain-lain."

Jadi, gejala kanker sarkoma yang bisa timbul di awal umumnya nyeri dan benjolan kecil di tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kanker Sarkoma Bisa Menyebar Cepat

Lebih lanjut, Alif mengatakan bahwa sarkoma ini memang menjadi momok di kalangan dokter onkologi. Pasalnya, bisa terjadi di mana saja termasuk di otot rahim dan dapat pula menyebar dengan cepat tanpa harus menunggu bertahun-tahun.

Meski disebut sebagai kanker yang langka kasus kanker sarkoma yang ditangani RS Kanker Dharmais cukup banyak.

"Cukup banyak sih kalau di Dharmais ini. Memang kalau dilihat dari ranking cancer-nya ini jauh di bawah karena pada wanita yang pertama adalah kanker payudara."

 

3 dari 3 halaman

Kanker Sarkoma Tidak Kenal Gender

Alif menjelaskan bahwa kanker sarkoma ini tidak mengenal jenis kelamin. Artinya dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Sementara, untuk penanganannya, sarkoma ini perlu diatasi dengan operasi.

"Sarkoma itu obatnya memang operasi. Jadi modalitas kanker itu ada operasi ada kemoterapi, radiasi, atau terapi target. Tapi untuk sarkoma modalitas utamanya operasi," tutup Alif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini