Sukses

Cara Cegah Kulit Kusam dan Dehidrasi, Hindari Konsumsi Berlebih Makanan dan Minuman Ini

Para ahli mengatakan, konsumsi natrium, gula dan kafein bisa membuat kulit dehidrasi dan kusam.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit kusam dan mengelupas yang kerap dialami ketika cuaca jadi lebih dingin dari biasanya bisa jadi disebabkan oleh pola makan.

Para ahli mengatakan, konsumsi natrium, gula dan kafein bisa membuat kulit dehidrasi. Mereka menekankan perlunya hidrasi dari dalam ke luar dan tidak hanya mengandalkan krim dan pelembab yang kuat.

“Kita… mungkin menghabiskan banyak waktu dengan produk untuk menghidrasi kulit dari luar padahal kita benar-benar perlu memulainya dari dalam,” kata Sue-Ellen Anderson-Haynes, ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, dilansir New York Post.

Kafein dalam kopi, teh, atau minuman berenergi dianggap bersifat diuretik, meskipun perlu dikonsumsi secara berlebihan – lebih dari sekitar 400 miligram.

Meminum kafein dalam jumlah sedang mungkin sudah cukup untuk memengaruhi tidur, dan bisa berdampak negatif pada kulit.

Menurut dokter kulit bersertifikat Dr. Whitney Bowe, kurang tidur semalam saja dapat mengakibatkan “penurunan hidrasi kulit, gangguan fungsi penghalang, percepatan penuaan kulit dan lingkaran hitam di bawah mata,” katanya pada HuffPost.

Demikian pula, alkohol juga bersifat diuretik dan mengganggu tidur – dan menurut Vogue, alkohol dapat membuat Anda menua.

“Alkohol sebenarnya adalah salah satu senyawa terburuk dan paling agresif yang merusak kulit Anda,” kata ahli gizi Jairo Rodriguez kepada Vogue, menjelaskan bahwa dehidrasi menyebabkan kerutan dan hilangnya kolagen, yang membuat kulit tetap kenyal dan elastis.

“Saya selalu bercanda dengan pasien saya, 'Jika Anda ingin menjadi tua, silakan minum!'” 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gula tambahan

Selain itu, gula tambahan tidak hanya buruk bagi lingkar pinggang Anda - gula juga dapat merusak kulit Anda, dengan memengaruhi “proses bagaimana tubuh Anda memperbaiki dan menciptakan kolagen dalam tubuh,” jelas Anderson-Haynes.

Menurut American Heart Association, wanita sebaiknya mengonsumsi 6 sendok teh atau 25 gram gula per hari, dan pria hanya boleh mengonsumsi 9 sendok teh atau 36 gram. Namun, orang Amerika mengonsumsi sebanyak 17 sendok teh per hari.

“Kami makan banyak gula tambahan. Itu ada di mana-mana,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Hindari terlalu banyak konsumsi garam

Sodium atau Natrium, lanjutnya, juga membuat tubuh dehidrasi dengan cara menarik air dari sel. Konsumsi terlalu banyak garam – lebih dari 2.300 miligram per hari – tidak hanya menyebabkan kulit kering tetapi juga kembung, bengkak, kantung mata dan jerawat akibat produksi minyak berlebih.

“Dehidrasi dapat menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal dan mungkin berhubungan dengan kondisi peradangan kulit,” kata Anderson-Haynes.

 

 

4 dari 5 halaman

Makanan yang Digoreng

Demikian pula, makanan yang digoreng kemungkinan besar menjadi penyebab kulit kusam dan kering, dan para ahli merekomendasikan air fryer sebagai alternatif yang lebih sehat.

Daripada memakan makanan favorit Anda, para ahli menekankan pentingnya “mengonsumsi” air – makan makanan kaya air seperti bayam, mentimun, melon dan buah beri, baik mentah atau dikukus, untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

“Apa yang Anda pakai pada kulit dan apa yang Anda minum (dan makan) sepanjang hari, keduanya penting dalam menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik,” kata Bowe.

5 dari 5 halaman

Minum Air dengan Cukup

Dan tentu saja, air minum adalah kuncinya.

Menurut Mayo Clinic, pria harus minum sekitar 15 gelas air per hari, dan wanita sekitar 11 gelas per hari.

“Ini dapat memengaruhi gula darah Anda, memengaruhi cara Anda berpikir, dan memengaruhi pencernaan Anda,” kata Anderson-Haynes tentang dehidrasi.

“Jadi, apakah Anda memiliki kulit kering atau tidak, kita perlu [tetap] terhidrasi dengan baik.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini