Sukses

Prabowo Sebut Berenang Bagus untuk Dirinya, Ini Sederet Manfaat Olahraga Air Ini

Alasan pertama Prabowo memilih berenang lantaran olahraga tersebut paling tepat dengan kondisi fisiknya. Selain itu, bisa jadi media dirinya untuk merenung.

Liputan6.com, Jakarta Video calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto berenang usai mencoblos pagi tadi ramai di media sosial. Dalam video tersebut Prabowo mengungkapkan alasan memilih olahraga dalam air itu.

Alasan pertama Prabowo memilih berenang lantaran olahraga tersebut paling tepat dengan kondisi fisiknya.

"Saya punya masalah dengan kaki kiri. Jadi, saya enggak bisa (olahraga) yang berat-berat seperti lari. Berenang paling bagus bagi saya," kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo juga menemukan alasan lain yakni berenang bisa menjadi media bagi dirinya merenung dalam ketenangan.

"Ternyata berenang ini saya bisa merenung di air," kata pria 72 tahun itu.

Berenang adalah Olahraga Low Impact

Berenang merupakan olahraga yang membuat tubuh terapung dalam air. Alhasil, ini akan mengurangi beban tubuh hingga 90 persen.

Lantaran aktivitas itu tidak membebani tubuh maka cocok untuk kelompok tertentu termasuk lanjut usia dan yang memiliki permasalahan sendi seperti disampaikan Associate Professor of Kinesiology at DePauw University, Amerika Serikat, Brian Wright.

"Seseorang juga dapat terus melakukannya hingga lanjut usia, dibandingkan dengan aktivitas menahan beban seperti lari,” kata Wright mengutip Business Insider, Rabu (14/2/2024).

Seseorang dengan permasalahan nyeri sendi juga merasakan lebih nyaman kala berolahraga di air. Selain itu, tekanan hidrostatik dapat membantu mengurangi sensitivitas nyeri pada persendian.

Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan arthritis, masalah leher dan punggung, fibromyalgia, dan obesitas memperoleh manfaat dari berenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berenang Mengurangi Stres

Melakukan olahraga fisik seperti berenang ternyata terkait dengan menurunnya level stres dan meningkatkan suasana hati.

Lalu, ketika berenang dengan teknik tepat hal itu membuat pernapasan berirama. Imbasnya adalah memicu sistem saraf parasimpatis yakni bagian sistem saraf yang bertanggung jawab untuk istirahat dan rileksasi.

Banyak juga masyarakat yang menganggap tekanan pada air itu seperti pelukan. Apalagi bila menggunakan air hangat hal bisa membuat pikiran tenang seperti disampaikan Associate Professor of Exercise Physiology di West Virginia University, Lori Sherlock.

 

3 dari 4 halaman

3 Manfaat Lain Berenang seperti Prabowo

1. Berenang adalah Olahraga yang Melibatkan Seluruh Anggota Tubuh

Ada beberapa gaya dalam berenang. Masing-masing gaya melatih otot pada bagian tubuh yang berbeda.

  • Gaya Bebas: Melatih otot bahu dan dada serta tendangan kaki melibatkan paha dan punggung.
  • Gaya Punggung: Melatih otot bahu posterior dan punggung atas, sehingga meningkatkan postur tubuh yang baik.
  • Gaya Dada: Melatih otot bisep, triset, dada dan paha bagian dalam.
4 dari 4 halaman

2. Berenang Mampu Membakar Banyak Kalori

Menggerakan semua otot lewat berenang membutuhkan banyak energi. Efeknya akan membakar banyak kalori.

Berenang santai, misalnya, membakar sekitar 220 kalori setiap 30 menit pada orang dengan berat 72 kg. Sedangkan gerakan yang lebih kuat seperti gaya kupu-kupu telah membakar lebih dari 400 kalori setiap 30 menit.

3. Berenang Meningkatkan Kesehatan Jantung

American Heart Association menyarankan aktivitas fisik intensitas sedang selama dua setengah jam per minggu untuk kesehatan optimal. Nah, berenang dapat memberikan latihan yang sama baiknya dengan aktivitas di darat seperti bersepeda, berjalan kaki.

Tekanan air pada tubuh mendorong darah ke jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Semakin dalam Anda menyelam, semakin besar tekanannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini