Sukses

Musim Hujan Jadi Ancaman Daya Tahan Tubuh, Antisipasi dengan 5 Cara Ini Bro & Sis

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi musim hujan, tak cukup hanya dengan sedia payung dan jas hujan, kamu perlu menyiapkan diri secara mental dan fisik agar daya tahan tubuh tidak melemah. Pasalnya, imunitas yang turun dapat membuat tubuh rentang terserang virus dan penyakit. Bagi kamu yang memiliki riwayat alergi, daya tahan tubuh akan sangat berpengaruh saat musim hujan.

Jangan sampai datangnya musim hujan yang dianggap berkah setelah melewati musim kemarau yang panjang, malah membawa sejumlah masalah bagi kesehatan seperti sakit flu, batuk, demam, diare, dan ancaman virus, bakteri serta parasit atau jamur. Oleh karena itu, kesadaran untuk menjaga daya tahan tubuh sangat penting supaya tubuh memiliki pertahanan untuk melawan hal-hal berbahaya yang masuk ke tubuh secara langsung maupun tidak langsung.

1. Rutin Sarapan Sehat

Konsumsi makanan sehat dan bergizi berperan penting menjaga sistem imun. Salah satu kebiasaan baik adalah dengan rutin sarapan. Sayang banget kalau banyak orang melewatkan waktu makan pagi karena alasan kesibukan. Sarapan kunci penting memberikan energi untuk beraktivitas seharian. Asupan protein, karbo, vitamin dan mineralnya baik sekali bagi ketahanan tubuh. Antisipasi terbaik untuk menghadapi kondisi hujan yang terjadi di pagi hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jaga Kualitas Tidur

Sebagian besar dari kita butuh sekitar 7-8 jam tidur setiap hari untuk membuat fungsi tubuh berjalan dengan baik. Kurang tidur menyebabkan tubuh mudah lelah, kurang konsentrasi dan menurunkan sistem imun. Berkendara di kondisi hujan dengan tubuh kurang istirahat tentunya bukan  hal yang baik. Pada saat yang sama, tidur yang berkualitas dapat memperkuat sistem imun, meningkatkan konsentrasi dan  menjaga tubuh bugar. Sekalipun harus menghadapi lalu lintas di tengah hujan, tubuh lebih siap.

3. Pilihan Pakaian

Menjaga tubuh tetap hangat dan nyaman di musim hujan sangat penting. Tantangan musim hujan tidak hanya di luar ruangan tapi juga di dalam kantor. Kamu pasti merasakan saat sedang hujan, suhu ruangan kantor terasa lebih dingin dari biasanya. Jadi, sedia jaket, syal, hingga sepatu waterproof untuk menjaga tubuh tetap nyaman sangatlah penting.

3 dari 3 halaman

4. Kurangi Minuman Dingin atau Air Es

Siapa yang suka minum es kopi susu, es teh, maupun minuman dingin lainnya? Kurang-kurangi di musim hujan begini. Air es atau minuman dingin memang selalu nampak menarik, tapi  suhu dingin pada air es bisa menyebabkan pengerutan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi berkurang yang pada akhirnya mengganggu sistem imun. Konsumsi berlebihan minuman dingin atau air es tentu bukan pilihan tepat di cuaca dingin akibat hujan.

5. Konsumsi Vitamin C

Selain mengonsumsi makanan sehat, sarapan, cukupi kebutuhan tidur, menjaga suhu tubuh tetap nyaman dan hangat, kamu bisa memastikan ketahanan tubuh atau sistem imun dengan mengonsumsi vitamin. Salah satu jenis vitamin daya tahan tubuh yang sangat penting adalah vitamin C.

Vitamin C mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, membuat kamu tetap kuat dan sehat. Vitamin C berperan penting dalam pemeliharaan tulang, otot, dan pembuluh darah. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri, sehingga kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung banyak vitamin C. Selain itu, kamu bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen.

Untuk suplemen vitamin C, kamu bisa memilih HEMAVITON C1000 TOTAL CARE. Ini adalah vitamin C 1000mg dengan bentuk buffered yang punya sifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung. Selain itu, juga mengandung Vitamin D3 untuk bantu mengaktifkan fungsi sel imun yang berperan penting menjaga imunitas, dan Zinc untuk bantu pembentukan antibodi. HEMAVITON C1000 TOTAL CARE memiliki pilihan rasa Orange dan Lemon yang nikmat menyegarkan. Tersedia juga varian Less Sugar lebih rendah kalori dan pemanis alami Stevia serta varian Collagen yang berasal dari Fish Collagen yang juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa tips dan cara terbaik untuk menjaga daya tubuh di tengah musim hujan dan tantangan cuaca dingin. Sedia HEMAVITON C1000 TOTAL CARE untuk Boost Immune and Stay Fit, sekarang juga! Temukan produknya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Official melalui marketplace kesayangan sekarang juga, ya!

Info lebih lengkap klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.