Sukses

Demi Kekasih yang Derita Alopecia, Pria Ini Rela Panjangkan Rambut

Alopecia yang dialami Hannah bersifat turun temurun. Penyakit ini menyebabkan rambut rontok tidak merata di kulit kepala dan seluruh tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Demi cinta, orang rela melakukan apa saja, termasuk memanjangkan rambut. Inilah yang terjadi pada pasangan asal Michigan, AS.

Cody Ennis (31) rela memanjangkan rambut demi sang kekasih yang menderita kelainan kulit kepala alopecia. Karena kondisi itu, Hannah Hosking menjadi botak. Alasan Cody memanjangkan rambut untuk sang kekasih juga agar hubungan mereka langgeng.

"Saya pikir jika saya memanjangkan rambut untuknya, dia tidak akan bisa putus dengan saya,” ujar Cody berkelakar, dilansir New York Post.

Alopecia yang dialami Hannah bersifat turun temurun. Penyakit ini menyebabkan rambut rontok tidak merata di kulit kepala dan seluruh tubuh. Meskipun penelitian terbaru telah menemukan obat-obatan yang dapat membantu menyembuhkan kondisi ini, penyakit ini masih menimpa pria dan wanita dari segala usia, termasuk orang-orang kelas atas seperti Jada Pinkett Smith, Neve Campbell, dan Anthony Carrigan.

Hannah Hosking, seorang content creator, pertama kali didiagnosis menderita alopecia pada usia tujuh tahun. Saat tumbuh dewasa, si pirang alami secara strategis menyembunyikan bagian botaknya dengan rambutnya sendiri.

Namun, pada tahun 2018, kerontokan rambutnya semakin parah hingga menyebabkannya kehilangan rambut, alis, dan bulu matanya. Kerugian besar ini menginspirasi Hosking untuk mencukur sisa rambutnya menjadi wig keren.

“Lima tahun yang lalu [ketika rambut saya mulai rontok] saya mulai terlihat sakit, jadi saya mencukur semuanya,” katanya, sambil mencatat bahwa peralihannya ke rambut ikal palsu terjadi tepat sebelum bertemu dengan calon kekasihnya pada November 2019.

“Saat saya bertemu Cody, dia memiliki potongan rambut pendek dan lucu yang terlihat seperti pekerja '9-to-5',” kenang Hosking, menambahkan bahwa dia menawarkan untuk menghiasi rambutnya setelah enam bulan berkencan.

“Saya tidak tahu persis apa yang membuat dia ingin memanjangkan rambutnya untuk saya,” lanjutnya. “Dia hanya melihatku suatu hari dan berkata, 'Sepertinya jika aku memanjangkan rambutku untukmu, berapa panjang yang kamu inginkan?”.

Tanpa ragu-ragu, Hannah dengan bercanda berkata, “'Saya ingin 30 inci karena saya suka rambut panjang.'”

Hosking ingat, “Dia berkata, 'Oke, bagus. Aku akan memanjangkan rambutku untukmu.’ Saya bilang itu akan memakan waktu tiga atau empat tahun dan dia berkata, ‘Oke.’” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Memanjangkan Rambut

Pada Mei 2020, kedua sejoli ini bersama-sama memulai perjalanan Ennis memanjangan rambut selama hampir empat tahun.

Pasangan ini dengan rajin mengikuti tutorial online yang didedikasikan untuk mempertahankan kekuatan rambut melalui rutinitas pembersihan yang cermat, menggunakan produk berkualitas tinggi, dan menata rambut kepangnya untuk mendorong pertumbuhannya.

Bahkan pasangan ini pun berkonsultasi dengan spesialis perawatan rambut.

“Dia menghubungi keponakan saya yang seorang ahli kecantikan dan bertanya bagaimana cara merawatnya agar sehat ketika tiba waktunya untuk dipotong,” ujar Hannah Hosking.

“Dia membeli sampo dan kondisioner yang sangat mahal. Dia menonton banyak video tentang cara mencuci dan mengkondisikan rambutnya dengan benar.”

“Setiap malam dia tidur dengan rambut dikepang atau dengan topi sutra untuk membantu mencegah kerusakan,” kata Hosking. “Dia tumbuh 29 inci.”

 

 

3 dari 4 halaman

Mencari Perajin Wig

Ketika tiba waktunya untuk melakukan semuanya pada bulan Oktober 2023, pasangan ini berhati-hati untuk tidak menghancurkan hasil kerja mereka.

“Saya mulai menata rambutnya menjadi beberapa bagian untuk dipotong, tetapi kemudian kami berdua gugup karena saya salah memotongnya,” kata Hosking. “Jadi saya meminta sepupu saya, yang merupakan seorang tukang cukur, untuk melakukannya.”

Cody dan Hannah lalu mencari pembuat wig terampil, Florida Fancies, untuk membuat mahakarya wig rambut seharga $899.

“Kami membungkus setiap bagian yang kami potong dengan tisu, mengantonginya dan mengirimkannya dalam perjalanan,” kata Hosking.

4 dari 4 halaman

Menerima Hadiah Spesial

Setelah menanti selama berminggu-minggu dengan cemas, Hannah Hosking meneteskan air mata saat menerima wig miliknya melalui pos pada tanggal 6 Januari.

“Ketika wig itu tiba, saya sangat gembira [sampai] saya menangis,” akunya sambil memuji wig panjang dari rambut asli itu sebagai “barang berharganya.”

“Menerima hadiah selama tiga setengah tahun ini sungguh luar biasa,” tambah sang primadona.

Untuk mengejutkan Ennis, yang tertidur ketika wig itu sampai ke pintu depan mereka, Hosking mengecat wajahnya dengan riasan, mengenakan pakaian mewah dan memahkotai dirinya dengan rambut.

“Ketika saya pertama kali melihat diri saya di cermin, saya merasa dicintai dan sangat mencintai dia,” katanya. “Saya merasa sangat terhibur dan aman mengetahui bahwa saya memiliki seseorang dalam hidup saya yang bersedia bekerja lebih keras dan melampauinya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.