Sukses

Ini Makanan yang Bikin Rambut Sehat, Salah Satunya Salmon

Mengenai makanan apa yang bisa membuat rambut sehat, Sauceda dan para ahli lainnya sepakat salmon liar adalah pilihan terbaik karena kandungan proteinnya yang berkualitas tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Asupan makanan ikut memengaruhi kondisi rambut kita. Ahli diet mengungkap cara makan yang tepat untuk membantu kita mendapatkan rambut yang lebih sehat. Seperti telah disinggung sebelumnya, pola makan yang tepat bisa memperbaiki masalah rambut seperti kerontokan hingga rambut kering.

Ahli diet terdaftar Amanda Sauceda mengatakan, selain mengonsumsi makanan yang tepat, memberi nutrisi pada tubuh secara keseluruhan juga sama pentingnya.

“Penting untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup kalori,” katanya pada Shape, merujuk pada pedoman diet 2.000 kalori per hari yang disarankan.

“Tubuh Anda membutuhkan energi untuk pertumbuhan rambut dan produksi hormon yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut, jadi pastikan kebutuhan dasar kalori terpenuhi.”

Mengenai makanan apa yang bisa membuat rambut sehat, Sauceda dan para ahli lainnya sepakat salmon liar adalah pilihan terbaik karena kandungan proteinnya yang berkualitas tinggi.

Ahli diet terdaftar Frances Largeman-Roth mengatakan kepada majalah tersebut bahwa salmon juga memiliki nutrisi lain seperti kolagen laut, omega-3 dan seng serta protein untuk menambah kesehatan rambut.

“Rambut terbuat dari protein, khususnya keratin, jadi masuk akal jika kita perlu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup dalam makanan kita untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat,” jelasnya, dilansir New York Post

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Salmon

Largeman-Roth juga menyebut salmon sockeye liar – yang ditangkap secara berkelanjutan, biasanya di Alaska – sebagai pilihan yang tepat karena memiliki kandungan vitamin D tertinggi. Dia menyarankan untuk mengonsumsinya dua kali seminggu.

Tentu saja, salmon dinobatkan sebagai makanan super karena lebih dari sekedar kesehatan rambut. Sebagai makanan pokok dalam pola makan Mediterania, yang baru-baru ini dinobatkan sebagai pola makan terbaik di dunia, salmon memiliki beragam manfaat selain rambut, termasuk mencegah kanker, demensia, dan penyakit jantung.

Studi lain menemukan bahwa makan dua porsi ikan saja, seperti salmon, juga dapat membantu memperbaiki kerusakan tubuh akibat junk food.

Salmon bukan satu-satunya makanan super dalam daftar mereka. Almond, kenari, telur, buah jeruk, kulit ayam, dan kacang-kacangan juga cocok untuk kesehatan rambut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.