Sukses

Teka-Teki 150 Tahun Kenapa Urine Berwarna Kuning Akhirnya Terpecahkan

Sebuah studi baru pada akhirnya menemukan jawaban mengapa urine manusia berwarna kuning.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Sahabat Liputan6.com bertanya, mengapa urine manusia berwarna kuning?

Jawaban dari pertanyaan tersebut jadi misteri selama lebih dari 150 tahun.

Warna urine memang bisa berubah-ubah tergantung pada tingkat hidrasi, pola makan serta konsumsi obat seseorang. Tetapi warna urine pada individu sehat adalah kekuningan.

Kini, sebuah studi baru pada akhirnya menemukan jawaban mengapa urine manusia berwarna kuning. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Microbiology telah menjawab pertanyaan tersebut.

Para peneliti dari Universitas Maryland dan Institut Kesehatan Nasional mengatakan mereka telah mengidentifikasi bilirubin (BilR) sebagai penyebab di balik apa yang membuat cairan urine berwarna kuning keemasan.

Urine terdiri atas campuran air, elektrolit, serta limbah yang disaring oleh ginjal.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi urobilin sebagai penyebab di balik pigmentasi kuning pada urine pada tahun 1868, namun apa yang menyebabkan warna tersebut membingungkan para peneliti hingga saat ini.

“Sungguh luar biasa bahwa fenomena biologis sehari-hari tidak dapat dijelaskan begitu lama, dan tim kami sangat bersemangat untuk dapat menjelaskannya,” kata Brantley Hall, asisten profesor di Departemen Biologi Sel dan Genetika Molekuler Universitas Maryland, kepada Maryland Today.

Prosesnya terjadi ketika sel darah merah mencapai akhir siklus hidupnya pada enam bulan dan terdegradasi menjadi pigmen bilirubin berwarna oranye terang.

Biasanya, pigmen mulai meresap ke dalam usus, di mana ia dapat dikeluarkan atau diserap kembali sebagian.

Setelah mencapai usus, penelitian menemukan bahwa mikroorganisme di usus dapat mengubah bilirubin menjadi berbagai molekul lain.

“Mikroba usus mengkode enzim bilirubin reduktase yang mengubah bilirubin menjadi produk sampingan tidak berwarna yang disebut urobilinogen,” jelas Hall.

“Urobilinogen kemudian secara spontan terurai menjadi molekul yang disebut urobilin, yang bertanggung jawab atas warna urine yang kita semua kenal.” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membantu Diagnosis Berbagai Penyakit dan Kelainan Tubuh Manusia

Penemuan tentang apa yang membuat urine – yang memainkan peran penting bagi dokter dalam membantu mendiagnosis berbagai macam penyakit dan kelainan pada tubuh manusia – berwarna kuning dipuji sebagai terobosan “luar biasa” yang telah memecahkan sebagian besar masalah "teka-teki” tentang pemahaman lebih lanjut mengenai tubuh manusia.

"Jika beberapa ilmuwan di masa lalu ini memiliki teknologi yang kita miliki saat ini, mereka mungkin akan menemukannya,” kata Hall.

Hall, penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa penemuan ini dapat membawa terobosan medis lainnya untuk membantu orang mengatasi hal-hal seperti penyakit radang usus dan penyakit kuning – suatu kondisi yang menyebabkan pasien memiliki semburat kekuningan pada kulit, selaput lendir, dan kulit mereka serta bagian putih mata.

“Salah satu temuan utama dari penelitian kami adalah bahwa gen ini sering kali tidak ada pada bayi baru lahir,” tambah peneliti tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Penelitian Lebih Lanjut

Para peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia, khususnya pada bayi prematur dengan tingkat penyakit kuning yang tinggi.

“Sekarang setelah kami mengidentifikasi enzim ini, kami dapat mulai menyelidiki bagaimana bakteri di usus kita berdampak pada kadar bilirubin yang bersirkulasi dan kondisi kesehatan terkait seperti penyakit kuning,” kata rekan penulis studi dan peneliti Institut Kesehatan Nasional Xiaofang Jiang.

“Penemuan ini meletakkan dasar untuk memahami poros usus-hati.”

Selain penyakit kuning dan penyakit radang usus, mikrobioma usus telah dikaitkan dengan berbagai penyakit dan kondisi, mulai dari alergi hingga radang sendi.

Terobosan ilmiah ini membawa para peneliti selangkah lebih dekat untuk memahami peran mikrobioma usus dalam kesehatan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini