Sukses

Kasus COVID-19 di Depok Naik, Wali Kota Idris Keluarkan SE Kewaspadaan

Wali Kota Depok Jawa Barat, Mohammad Idris, menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait peningkatan kewaspadaan terkait peningkatan kasus COVID-19 di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Depok Jawa Barat, Mohammad Idris, menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait peningkatan kewaspadaan terkait peningkatan kasus COVID-19 di wilayah tersebut.

"Dikeluarkan SE ini untuk memberikan imbauan kepada masyarakat karena COVID-19 kembali meningkat pada pekan terakhir Desember 2023,” kata Mohammad Idris di Depok, Jumat (5/1/2024).

SE dengan Nomor 440/07-Dinkes Tentang Kewaspadaan Terhadap Peningkatan Kasus COVID-19 di Kota Depok Jawa Barat terbit pada 5 Januari 2024 seperti mengutip Antara. 

Terdapat beberapa imbauan dalam SE tersebut. Pertama, masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas.

Kedua, memakai masker bagi yang sakit dan yang berada di kerumunan, serta masyarakat saling mengingatkan jika mengetahui ada kondisi batuk pilek, tetapi tidak menggunakan masker.

Ketiga dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat -PHBS-, terutama mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air mengalir atau dengan hand sanitizer,” kata Idris.

Keempat dengan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan bila mengalami gejala demam, batuk, pilek, dan atau sesak.

Kelima, bagi masyarakat yang dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan agar melakukan isolasi mandiri selama 3 hingga 5 hari dan atau sesuai petunjuk tenaga kesehatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Monitoring Kasus COVID-19 Tetap Dilakukan

Keenam, melengkapi vaksinasi COVID-19 sesuai jadwal yang ditentukan bagi lansia, remaja atau dewasa dengan komorbid atau immunocompromised (penurunan daya tahan tubuh) dan ibu hamil, dan bisa didapatkan di Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan fasilitas Kesehatan yang ditunjuk.

Ketujuh, kepada camat dan lurah bersama Puskesmas agar melakukan monitoring perkembangan kasus COVID-19 di wilayahnya,” katanya.

Kedelapan, bagi masyarakat yang memerlukan layanan informasi COVID-19 Kota Depok dapat menghubungi hotline 119,” kata Idris.

3 dari 3 halaman

300 Kasus COVID-19 Pekan Lalu

 Terdapat kenaikan kasus COVID-19 di Depok, Jawa Barat pada akhir Desember 2023 kemarin..

"Peningkatannya itu khususnya minggu kemarin sangat signifikan jumlahnya, dari 100 ke 300 warga, tetapi memang semuanya melakukan isolasi mandiri," kata Mohammad Idris di Depok, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.
    Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.

    kasus covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Depok

Video Terkini