Sukses

Mantan Menkes Nila Moeloek Muncul di Iklan Obat Prostat, Kemenkes: Hoaks

Mantan Menkes Nila Moeloek muncul dalam video iklan obat prostat, benarkah videonya?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video iklan obat prostat yang memunculkan mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Moeloek beredar di Facebook. Dalam video tersebut terlihat Nila meng-endorse produk obat prostat.

Video iklan obat prostat ini di unggah di akun "Keseimbangan Hidup: Energi dan Kebahagiaan" tanggal 26 Desember 2023. Keterangan video iklan obat prostat bertuliskan, STOP! Jangan Biarkan Prostatitis Mengontrol Hidup Anda!

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menanggapi beredarnya video iklan obat prostat atas nama mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Ditegaskan, bahwa video iklan itu adalah hoaks.

Mantan Menkes Nila Moeloek Tidak Pernah Endorse Produk Kesehatan

 

FAKTANYA

Eks Menkes Nila Moeloek tidak pernah endorse produk kesehatan apapun di media sosial. Jadi, dipastikan bahwa iklan tersebut tidak benar ya ❌

Kalau ada iklan serupa sebaiknya diabaikan saja ya #Healthies! 🙅‍♂️ Karena dipastikan tidak benar!

Yuk, lebih berhati-hati dan selalu waspada terhadap segala informasi kesehatan yang beredar! Selalu cek dan recheck tentang kebenaran informasi yang kamu terima, pastikan dari sumber terpercaya ✨

#Salam sehat!

#AntiHoaksKesehatan

 

Demikian penjelasan Kemenkes di atas terkait hoaks video iklan obat prostat yang mencatut nama mantan Menkes Nila Moeloek. Penjelasan Kemenkes ini diunggah pada situs Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tanggal 3 Januari 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isi Kutipan Promosi Iklan Obat Prostat

Berikut ini kutipan video promosi iklan obat prostat hoaks yang mencatut nama mantan Menkes Nila Moeloek:

 

Setiap detik prostat Anda dapat menjadi sumber ancaman dan mengabaikan masalah ini dapat mengakibatkan konsekuensi yang sangat buruk.

Bahayanya terletak pada ketidakmampuan buang air kecil secara normal, hilangnya kepuasan seksual, dan gangguan ereksi.

tetapi ada sebuah solusi, PROSTANORE, obat inovatif yang diciptakan oleh ilmuwan terbaik dari Amerika dan Prancis. Anda mungkin ragu tetapi saya siap mempertaruhkan reputasi akademisi saya untuk mengembalikan hidup kepuasan Anda dari prostatitis.

Hentikan prostatitis sekarang juga. PROSTANORE adalah solusi yang dipilih oleh laki-laki. Ada penawaran eksklusif di situs kami dengan harga murah.

Keterangan pada video hoaks di atas bahkan tertulis, BREAKING NEWS, WAWANCARA EKSKLUSIF: DR. NILA MOELOEK BERBAGI SOLUSI PALING EFEKTIF UNTUK PROSTATITIS.

3 dari 4 halaman

Pertanyakan Kebenaran Video Iklan Obat Prostat

Akun Facebook Aria Jalil pada 4 Januari 2024 turut mempertanyakan, apakah benar video iklan obat prostat yang di unggah di akun "Keseimbangan Hidup: Energi dan Kebahagiaan" atas nama mantan Menkes Nila Moeloek?

 

Penderita PROSTAT dan PROSTANORE.

Apakah ini betul-betul pernyataan dari DR NILA MOELOEK? Too good to be true. Saya kuatir ini scam alias hoak. Akibatnya ribuan penderita tertipu. Sebaliknya, saya berdoa semoga ini benar. Maka ribuan penderita bersyukur.Kenapa belum ada reaksi dari Kemenkes? Membenarkan atau sebaliknya?

 

4 dari 4 halaman

Apa Itu Prostatitis?

Untuk diketahui, prostatitis merupakan kondisi peradangan di prostat dan jaringan sekitarnya. Prostat terletak di bawah kandung kencing dan merupakan kelenjar yang terdapat dalam sistem reproduksi pria.

Kelenjar prostat berfungsi untuk menghasilkan cairan yang akan dikeluarkan dalam bentuk air mani. Peradangan prostat bisa menyebabkan timbulnya beberapa masalah pada pria, seperti gangguan buang air kecil atau pun gangguan saat ejakulasi.

Dikutip dari KlikDokter, terdapat dua jenis prostatitis, yaitu prostatitis kronik (disebut juga sindrom nyeri panggul kronik) dan prostatitis bakterial.

Penyebab prostatitis kronik belum diketahui secara pasti. Diduga adanya paparan zat kimia, gangguan sistem imun, atau gangguan saraf di daerah panggul merupakan beberapa faktor yang turut berperan sebagai penyebab timbulnya gangguan ini.

Prostatitits bakterial disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Bakteri tersebut biasanya berasal dari lubang kencing masuk ke saluran kencing hingga ke prostat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.