Sukses

Zee JKT48 Geram Disebut Mirip Dobby, Ini Fakta Dobby yang Harus Kamu Tahu Sebelum Ngatain Orang

Zee JKT48 Murka Disebut Mirip Dobby, Sebut Warganet Kayak Cakep Aja

Liputan6.com, Jakarta - Zee JKT48 mengungkapkan kekesalannya setelah beberapa member termasuk dirinya disebut mirip Dobby oleh warganet. Dalam salah satu unggahan di TikTok pribadi Zee, beberapa warganet menulis komentar yang menyebut dirinya mirip Dobby.

"Mirip banget sama Dobby," kata warganet.

"Mirip Dobby."

"Zee mirip Dobby," tulis warganet lainnya.

Mendapat komentar kurang menyenangkan, Zee JKT48 pun menanggapinya dengan kesal dalam sebuah siaran langsung di TikTok.

"Enggak tahu kenapa sekarang kayak, komennya literally judging fisik. Kamu lihat di TikTok tahu enggak sih yang Ashel (member JKT48) dikata-katain, aku sebel banget sih itu kayak, yang ngatain emang cakep?," kata Zee dalam potongan video yang diunggah akun @prtmmatoya.

Seperti yang dikatakan Zee JKT48, tak hanya dirinya yang disebut mirip Dobby, tapi juga Ashel dan Jessi JKT48.

"Yang ngatain kayak Dobby, sumpah aku lihat banyak banget di TikTok orang yang ngatain ternyata bukan ke aku doang, ke member lain juga ngatain mirip Dobby, menurut aku itu enggak sopan," kata Jessi dalam potongan video yang diunggah akun TikTok @JKT48.enthusiast7.

Apa Itu Dobby yang Dimaksud Warganet

Melihat hal ini, sebagian warganet pun bertanya-tanya siapa sebenarnya Dobby yang dimaksud.

Tokoh dengan nama atau julukan Dobby memang tidak hanya ada satu orang. Dan, yang dimaksud oleh warganet, diduga kuat adalah perempuan asal China bernama Xiao Xiao.

Xiao Xiao adalah seorang perempuan penyandang Seckel Syndrome yang terkenal di Tiktok karena sering marah-marah. Hal ini dianggap lucu oleh warganet dan videonya pun menyebar ke berbagai belahan dunia.

Kelainan genetik langka yang disandang Xiao Xiao membuat perawakannya lebih kecil dari orang seumurannya. Tak sedikit warganet internasional menyebut Xiao Xiao memiliki perawakan dan wajah mirip tokoh dalam film Harry Potter, Dobby.

Panggilan Dobby pun melekat pada Xiao Xiao dan warganet internasional lebih mengenalnya dengan nama Dobby ketimbang Xiao Xiao.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dianggap Sandang Dobby Syndrome

Karena terkenal dengan nama Dobby, Xiao Xiao pun dianggap menyandang Dobby Syndrome. Padahal, Dobby Syndrome dengan Seckel Syndrome adalah dua hal berbeda.

Dobby syndrome atau yang lebih dikenal dengan Dobby effect adalah kondisi ketika rasa bersalah menuntun seseorang pada tindakan menghukum atau melukai diri sendiri.

Melansir Psychology Today, istilah efek Dobby diambil dari nama tokoh peri di Harry Potter yakni Dobby.

Tokoh ini kerap membenturkan kepalanya sendiri ketika merasa bersalah. Dalam buku Harry Potter, Dobby memiliki kecenderungan psikologis yakni melakukan hukuman pada diri sendiri untuk mengusir perasaan bersalah.

Dalam sebuah penelitian, siswa yang dibuat merasa bersalah dengan merampas tiket lotere siswa lain (hanya bernilai beberapa dolar) sebenarnya bersedia memberikan kejutan listrik pada diri mereka sendiri untuk menandakan penyesalan mereka.

3 dari 3 halaman

Mengenal Seckel Syndrome

Sedangkan, yang disandang Xiao Xiao adalah Seckel Syndrome. Ini adalah kelainan genetik yang ditandai dengan keterbelakangan pertumbuhan, kepala sangat kecil (mikrosefali) disertai disabilitas intelektual.

Fitur wajah penyandang Seckel syndrome unik seperti mata besar, hidung seperti paruh, wajah sempit, dan rahang bawah yang menyusut. Beberapa orang dengan sindrom Seckel mungkin juga memiliki kelainan darah, seperti mengutip laman Rare Diseases.

Sindrom Seckel adalah bentuk bawaan dari dwarfisme primordial, ini membuat bayi gagal tumbuh secara normal setelah lahir.

Meskipun orang dengan sindrom Seckel biasanya berukuran proporsional, mereka akan memiliki ukuran kepala yang kecil. Disabilitas intelektual dan perkembangan juga umum terjadi.

Meskipun ada banyak tantangan fisik dan mental yang dihadapi pengidap sindrom Seckel, banyak yang diketahui dapat hidup dengan baik hingga usia lebih dari 50 tahun, mengutip Verywell Health.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini