Sukses

Tanggal 22 Desember 2023 Hari Apa? Ada Peringatan Hari Ibu hingga Hari Orang Pendek Nasional

Tanggal 22 Desember 2023 Hari Apa? Berikut Perayaan Penting Selain Hari Ibu

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak yang tahu bahwa di tanggal 22 Desember banyak hari khusus yang dirayakan oleh sejumlah orang di luar sana.

Memang selama ini perayaan penting yang paling melekat di tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu Nasional. Perayaannya bahkan sudah terasa sejak beberapa hari sebelumnya.

Tanggal 22 Desember 2023 hari apa? Menurut kalender Masehi jatuh pada hari Jumat. Selain Hari Ibu, di belahan negara lainnya juga merayakan hari penting di tanggal ini yang bahkan tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Berikut perayaan penting yang tidak kalah menarik di 22 Desember dikutip dari sejumlah sumber.

1. Peringatan Hari Ibu

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) pada Jumat, 22 Desember 2023, Peringatan Hari Ibu muncul ketika pejuang perempuan berkumpul pada 22 s/d 25 Desember 1928.

Mereka berasal dari Sumatera dan Jawa yang berkumpul untuk menyelenggarakan kongres pertama Perempuan Indonesia yang digelar di DI Yogyakarta.

Ada 30 organisasi perempuan Indonesia yang bergabung dengan kongres tersebut.

Setahun kemudian atau tepatnya pada 1938, perempuan Indonesia kembali menggelar kongresnya di Bandung, Jawa Barat.

Hasil dari kongres tersebut adalah melahirkan keputusan untuk menetapkan peringatan untuk menghormati dan mengenang jasa ibu yang jatuh pada 22 Desember.

Peringatan tersebut akhirnya diresmikan dan dikukuhkan pemerintah berdasarkan Keppres RI No. 316 Tahun 1959.

Namun, perayaan Hari Ibu dengan Mothers Day di setiap negara berbeda, yaitu pada tanggal perayaannya.

Di Indonesia sendiri, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Sementara, perayaan Mothers Day setiap 2 Juni di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hari Matematika di India

Dikutip dari Days of The Year, Hari Matematika di India hadir untuk merayakan dan mengapresiasi segala sesuatu yang ditawarkan disiplin ilmu ini kepada individu dan dunia pada umumnya.

Faktanya, alasan Hari Matematika ditetapkan pada tanggal 22 Desember karena hari ulang tahun ahli matematika paling dihormati di negara itu, Srinivasa Ramanujan.

Sosok jenius di level tertinggi ini lahir pada 1887 dan menghabiskan hidupnya di bawah pemerintahan Inggris dan India.

Ramanujan memberikan beberapa kontribusi penting pada disiplin ilmu tersebut, termasuk teori bilangan, deret tak hingga, analisis matematika, dan pecahan lanjutan.

Penelitian dan teori matematika asli Ramanujan lahir secara terpisah, karena karyanya terlalu maju dan baru bagi para ahli matematika pada zamannya untuk bekerja dengannya.

Namun, melalui korespondensi dengan seorang profesor matematika Inggris di Universitas Cambridge, Ramanujan menjadi lebih terhubung dan akhirnya pindah ke Inggris dan menjadi Fellow India pertama di Trinity College di Cambridge.

Nahas, Ramanujan meninggal pada 1920 di umur 32 tahun karena komplikasi penyakit yang dideritanya sedari kecil.

Bahkan, setelah kematiannya, kontribusinya tetap penting. Terutama ketika buku catatannya yang hilang ditemukan lebih dari 50 tahun setelah kematiannya, pada tahun 1976.

 

3 dari 4 halaman

3. Hari Orang Pendek Nasional

Situs National Today memasukkan 'Hari Orang Pendek Nasional' sebagai hari penting untuk dirayakan pada tanggal 22 Desember. Ini merupakan hari untuk seseorang mengakui kekurangannya dan bersenang-senang dengan orang-orang pendek di sekeliling kita.

Tahukah Anda kalau Napoleon Bonaparte yang terkenal pendek ternyata tidak sependek itu? Faktanya, tingginya sekitar 5 kaki 7 inci, yang merupakan tinggi untuk orang Prancis pada masanya.

Mitos Napoleon bertubuh pendek sebenarnya muncul karena Inggris suka menggambarkan musuh Prancisnya sebagai 'Boney kecil'.

Selain itu, karena Napoleon biasanya dikelilingi oleh tentara dari pengawalnya, yang tingginya bahkan lebih di atas rata-rata daripada dirinya, sehingga dia sering kali terlihat pendek.

Dalam otopsinya, tinggi Napoleon Bonaparte adalah 5 kaki 2 inci, tapi itu dalam inci Prancis yang lebih besar dari inci Inggris dan Amerika.

Orang pendek jelas sudah ada sejak lama, tapi klasifikasi orang pendek berbeda-beda tergantung pada periode waktu dan kebangsaan.

Di Amerika, tinggi rata-rata wanita dianggap 5 kaki 5 inci, sedangkan tinggi rata-rata pria adalah 5 kaki 10 inci.

Sebagai perbandingan, rata-rata tinggi badan wanita di Tiongkok adalah 5 kaki 2 inci dan rata-rata tinggi badan pria adalah 5 kaki 6 inci.

Oleh sebab itu, pria yang mungkin dianggap pendek di Amerika bisa dianggap tinggi di Tiongkok, artinya tinggi dan pendek itu relatif.

Namun, jika negara Anda termasuk pendek, jangan takut untuk memilikinya. Hari ini untukmu!

 

 

4 dari 4 halaman

4. Hari Betty Nasional di AS

Bagi kamu pemilik nama Betty, Bethany, Elizabeth, atau Beatrice, Hari Betty Nasional adalah hari istimewa untuk kalian.

Dikutip dari National Today, Walikota Hornersville, Bub Forsythe, pada 2020 mendeklarasikan 22 Desember sebagai Hari Betty Nasional. Dia mendirikan hari libur untuk menghormati semua Betty yang kita kenal dan cintai.

Hornersville adalah sebuah kota di Dunklin County, Missouri, di Amerika Serikat, yang didirikan pada 1840.

Walikota Forsythe memilih tanggal tersebut untuk menghormati mendiang anggota komunitas Hornersville, Betty Hinesly, yang ulang tahunnya sekarang menandai tanggal liburan tersebut.

Nama Betty atau Bettie adalah nama panggilan umum untuk Bethanys dan Elizabeths.

Di Amerika Latin dan Spanyol, itu juga merupakan julukan untuk Beatriz (Beatrice). Pada abad ke-17 dan ke-18, Bethia lebih sering menjadi julukan yang lebih populer saat itu.

Selama abad ke-18, nama panggilan lama ditetapkan sebagai nama pemberian tersendiri dan mulai muncul dalam daftar paroki sebagai nama resmi sekitar tahun 1750.

Betty pertama kali didaftarkan sebagai nama bayi perempuan pada 1880, diberikan kepada 117 bayi yang baru lahir.

Itu menjadi nama populer pada 1900, peringkat nomor 100 secara nasional. Betty paling menonjol pada tahun 1934 ketika dia menduduki peringkat kedua nama anak perempuan terpopuler di negara ini.

Rekor tertinggi sepanjang masa untuk nama ini adalah 3.599 bayi perempuan pada 1924 di Pennsylvania.

Meski popularitasnya menurun, sebagian orang yakin nama Betty akan kembali populer karena dianggap klasik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini