Sukses

Pelaku Ungkap Alasan Bakar Ijazah Pacar, Tidak Hanya Gegara Helm Tak Dikembalikan

Ijazah Dibakar Gara-Gara Helm Tak Dikembalikan, Pelaku Beri Klarifikasi

Liputan6.com, Jakarta - Video pembakaran ijazah yang viral di media sosial membuat pelaku memberikan klarifikasi lewat akun Instagram pribadinya, @rebeccadimarii. Dalam unggahan Instagram Story, dijelaskan duduk perkara di balik terjadinya aksi pembakaran ijazah.

Menurutnya, alasan dirinya membakar ijazah tidak hanya karena helm yang tak kunjung dikembalikan, tapi juga karena sikap si pemilik ijazah yang dinilai toxic.

Keduanya diketahui menjalin hubungan asmara, tapi pihak perempuan sudah ingin putus. Tak terima akan hal itu, pria pemilik ijazah pun melakukan berbagai cara agar keduanya tetap berhubungan. Termasuk membawa helm kesayangan perempuan tersebut.

"Tolong ya, di sini nggak ada sangkut pautnya sama sekolah. Ini soal maling dan ijazah. Jadi nggak usah bawa bawa nama sekolah," kata si pelaku yang ternyata masih siswi SMA dalam unggahan Instagram Stories dikutip Senin, 18 Desember 2023.

"Kalo nyuruh orang pake otak dan pikirannya, coba sebelumnya pikir kesalahan diri sendiri dulu. Kenapa bisa sampe senekat ini cewenya? Pasti sakitnya udah gabisa terobati juga," tulisnya untuk si pemilik ijazah.

Perempuan itu pun mengatakan bahwa masalah ijazah dibakar dimulai ketika sang pria tak terima hubungannya usai.

"Please lah, di sini permasalahan awalnya itu dia nggak terima kalo gue selesaikan hubungannya. Dia gamau gue sama orang lain. Dia juga gamau gue bahagia tanpa dia. Dia berat buat lepas gue, tolong, banyak saksi yang liat gue di tahan- tahan buat balik ke rumah."

"Alasannya gamau gue kenapa-napa gamau biarin gue balik sendirian. Padahal dia mau ke nyokap gue buat ancurin keluarga gue juga. Please lah dia udah bener bener toxic buat gue, gue pun toxic buat dia. Dia obses ga rela gue lepas dari dia, dia gabisa relain gue gitu aja, sekalipun rela dia harus liat gue ancur," urainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencuri Helm Jadi Salah Satu Cara

Siswi SMA yang gemar mengemudi motor besar itu pun mencoba menjelaskan permasalahan dari sudut pandangnya.

"Dia nggak terima gue bisa tanpa dia. Masuk nggak sih ke otak dan hati kalian? Orang obses kaya gimana? Dia bakal cari cara buat bisa ketemu lagi ketemu lagi. Nah, nyolong helm itu salah satu cara dia biar gue cari dia lagi dan ketemu lagi."

"Please kalian nggak tau rasanya dalem hubungan toxic dan diancem-ancem biar nggak bisa lepas dari dia, kaya di penjara. Tolong dong gue nggak minta dukungan tapi setidaknya liat dulu awal mula kenapa gue bisa sampe senekat ini. Jadi konteksnya bukan minjem nggak mau balikin. NYOLONG."

3 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Usai membaca klarifikasi dari pembakar ijazah, warganet pun memberikan berbagai respons.

Sebagian netizen merasa iba kepada perempuan tersebut, sebagian lainnya tetap tak membenarkan pembakaran ijazah yang dilakukannya.

“Mbak, setelah aku baca klarifikasi kamu. Aku jadi sedih liat kamu, semangat ya. Kamu salah tapi nggak sepenuhnya salah kok. Aku tahu rasanya hilang respect sama orang yang kita sayangi,” kata warganet.

“Lihat klarifikasi di akun cewek, kalo kata ane mah salah dua-duanya sih. Aturan emang sih cewek nggak usah sampe ijazah si cowoknya dibakar juga,” kata warganet lain.

4 dari 4 halaman

Awal Mula Kasus Pembakaran Ijazah Viral

Sebelumnya, video pembakaran ijazah itu viral di media sosial. Lembar kertas yang didapatkan dengan perjuangan empat tahun kuliah kini menjadi abu lantaran masalah yang terjadi antara kedua belah pihak.

Video ini diunggah di akun Twitter (X), @Little_secret9, dan membuat warganet geram.

"Perjuangan empat tahun buat dapet ijazah sarjana, musnah dibakar cewek perkara helm-nya ga dibalikin," tulis keterangan video dikutip Senin, 18 Desember 2023.

Dalam video viral, pelaku mengatakan bahwa ijazah yang ada di tangannya adalah ijazah asli. Lengkap dengan tanda tangan rektor serta dekan.

"Ini adalah ijazah asli," kata perempuan pembakar ijazah.

Dia pun mengambil korek dan tanpa ragu membakar ujung ijazah tersebut.

"Aku enggak main-main, aku diem, aku ngajak baik-baik tapi kamu yang ngajak aku ribut kayak gini. Aku buktiin sekarang, ini ijazah kamu, empat tahun buat dapetin ini, asli," ujarnya.

Dalam utas yang sama, diduga pemilik ijazah meminta pertanggungjawaban atas hal yang telah dilakukan.

"Hai gimana, tanggung jawab apa yang bakal kamu lakuin ke aku setelah bakar ijazah aku? Aku kuliah 4 tahun dan kamu bakar ijazah aku gitu aja? Ditunggu ya itikad baiknya," tulis diduga pemilik ijazah kepada akun @rebeccadimarii.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.