Sukses

4 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Salah Satunya Bikin Fokus

Kopi tanpa gula bermanfaat di antaranya untuk meningkatkan daya ingat, metabolisme, dan menjaga kebugaran tubuh.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi merupakan salah satu minuman yang populer selain teh. Apalagi saat ini lebih banyak variasi rasa kopi yang disajikan dengan gula atau susu. Namun, tahukah kamu kalau kopi memiliki manfaat untuk kesehatan jika disajikan tanpa gula.

Kopi tanpa gula bermanfaat diantaranya untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan fokus, dan menjaga kebugaran tubuh. Para ahli mengatakan boleh untuk mengonsumsi dua cangkir kopi tanpa gula setiap hari. Bisa pagi dan siang hari.

Bagi sebagian orang mungkin efek langsung setelah minum kopi adalah berdebar-debar atau jadi sulit tidur. Namun, bagi sebagian orang lainnya kafein yang terkandung dalam kopi tidak hanya memberi energi, tetapi juga membawa dampak positif. 

Tanpa panjang lebar, sebaiknya simak empat alasan minum kopi tanpa gula itu sehat, dilansir dari Real Simple pada Minggu, 17 Desember 2023.

1. Kaya Vitamin dan Mineral

Ahli gizi kesehatan pencernaan, Claire Carlton MS, RD, menyebut kopi kaya akan vitamin dan mineral, seperti riboflavin, asam pantotenat, dan magnesium. Selain itu kopi juga mengandung senyawa bioaktif yang punya manfaat baik dalam menangkal penyakit.

“Asam klorogenat adalah sekelompok polifenol yang ada dalam kopi. Kandungan itu memiliki efek antioksidan, terbukti membantu mengurangi peradangan,” jelas, Carlton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Risiko Sakit Penyakit Jantung

Minum kopi secara teratur dalam intensitas sedang, telah dikaitkan dengan pencegahan penyakit kronis. Sebuah penelitian menemukan, minum tiga hingga lima cangkir per hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Journal of American Heart Association disebutkan bahwa bahkan minum lebih dari secangkir kopi per hari dikaitkan dengan 25 persen lebih rendah risiko stroke pada wanita.

Menurut penelitian, terdapat senyawa tertentu yang membantu tubuh menggunakan glukosa sebagai energi, sehingga menurunkan risiko diabetes tipe dua juga.

“Kerusakan DNA pada akhirnya dapat menyebabkan kanker dan tumor. Namun sebuah penelitian menemukan, kopi hitam mengurangi risiko penyakit tersebut, sehingga mencegah berkembangnya sel kanker yang tidak normal,” kata ahli gizi klinis, Vikki Petersen, DC.

3 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bahan aktif dalam kopi adalah kafein yang merupakan stimulan dan zat psikoaktif paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein bekerja dengan cara memblokir adenosin, neurotransmitter yang mengatur aktivitas otak dan waktu tidur.

Saat minum kopi, kafein menyebabkan peningkatan aktivitas otak. Akibatnya, otak dapat bekerja lebih keras daripada seharusnya.

“Kopi adalah stimulan alami yang mengaktifkan sistem saraf pusat kita. Hal ini dapat mengurangi rasa lelah, sekaligus meningkatkan kemampuan kita berkonsentrasi, fokus, dan bereaksi cepat,” kata ahli diet, Alissa Rumsey, MS, RD.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Metabolisme

Zat kafein dalam kopi merupakan senyawa yang bisa membantu memindahkan lemak agar bisa digunakan sebagai asam lemak oleh darah.

Bahkan dalam jangka pendek dan hanya satu cangkir saja, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh serta memicu pembakaran lemak.

Meskipun kopi tanpa gula memiliki banyak manfaat, tapi efek sampingnya juga tidak dapat dibantah. Namun, kondisi tersebut dapat muncul jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan atau selama memiliki kondisi medis tertentu.

Berikut ini ini efek samping kopi tanpa gula yang perlu diketahui:

  1. Terlalu banyak minum kopi hitam dapat melepaskan hormon stres dalam kadar tinggi di tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Kamu jadi merasa gelisah saat minum kopi terlalu banyak.
  2. Asupan kopi hitam berlebihan dapat merusak rutinitas tidur. Sebaiknya hindari minum kopi beberapa jam sebelum tidur, agar tidur lebih nyenyak.
  3. Kopi hitam banyak mengandung kafein dan asam, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan keasaman di perut. Akibatnya, kamu akan mengalami kram dan kejang perut.
  4. Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat membuat tubuh sulit menyerap mineral dari makanan, seperti zat besi, kalsium, dan zinc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini