Sukses

6 Jenis Buah dan Sayur yang Bisa Bikin Suasana Hati Jadi Lebih Bahagia, Ada Tomat Lho

Berikut ini 6 jenis buah dan sayur yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan suasana hati adalah aspek umum dalam kehidupan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres, perubahan hormonal, dan gaya hidup.

Kita bisa merasa baik pada waktu tertentu dan sesaat kemudian merasa tidak baik dalam waktu yagn mungkin singkat. Sulit untuk mengatasi perubahan suasana hati yang terus-menerus terjadi terutama jika seseorang adalah orang yang aktif dan memiliki aktivitas lain yang harus dipenuhi.

Meskipun menjaga pola makan seimbang dan berolahraga setiap hari sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, buah dan sayur tertentu juga dapat memainkan peran penting dalam membantu menstabilkan suasana hati

Berikut ini 6 jenis buah-buahan yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi seperti dikutip dari Health Shot pada Kamis, (14/12/2023).

1. Tomat

Sayuran satu ini kaya akan antioksidan yang disebut likopen, ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia bahkan pikiran.

Selain itu, jika dimakan bersama kulitnya, tomat memberikan berbagai nutrisi dan juga dapat meningkatkan tingkat energi.

2. Pisang

Ahli gizi Avni Kaul mengatakan, “Pisang bukan hanya camilan yang praktis dan mudah dibawa-bawa, tetapi juga buah yang meningkatkan suasana hati. Tingginya vitamin B6, pisang berperan penting dalam membentuk serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati”.

Selain itu, pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang merupakan prekursor serotonin, yang membantu meningkatkan rasa tenang dan relaksasi.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buah Beri

“Buah beri, seperti blueberry, stroberi, dan raspberry, tidak hanya enak tapi juga kaya antioksidan. Antioksidan membantu melawan stres oksidatif dalam tubuh, yang dikaitkan dengan gangguan mood," kata Kaul

Tingginya kadar vitamin C dalam buah beri juga berkontribusi pada pembentukan dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan kesenangan.

4. Jeruk

Buah jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, yang tidak hanya bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh tetapi juga berperan dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin.

Mengonsumsi jeruk dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memberikan energi yang menyegarkan.

 

3 dari 3 halaman

5. Nanas

“Nanas tidak hanya merupakan makanan tropis tetapi juga buah yang dapat mempengaruhi suasana hati. Nanas mengandung bromelain, enzim yang mungkin membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar serotonin," kata Kaul

Rasa nanas yang manis dan tajam dapat menambah cita rasa lezat pada makanan dan camilan..

6. Lemon

Lemon kaya akan vitamin dan air, lemon diketahui dapat meningkatkan mood seseorang. Buah ini dapat meremajakan seseorang dan memberikan tambahan energi instan jika diminum dengan air dan mint.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini