Sukses

Ungkap Kepribadian Seseorang Waktu Bangun Tidur

Pola tidur dapat mengungkapkan banyak hal mengenai kepribadian seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, salah satunya waktu bangun tidur. Ternyata ada beberapa tipe orang yang suka bangun pagi karena terbiasa. Namun ada pula  yang bangun siang karena disengaja.

Tidur tidak hanya sekadar mengistirahatkan diri dan mengisi energi tubuh untuk kembali beraktivitas keesokan harinya. Lebih dari itu, pola tidur dapat mengungkapkan banyak hal mengenai kepribadian seseorang.

Kebiasaan bangun pagi atau siang, posisi tertentu mau pun waktu jam tidur, dapat menceritakan tentang diri seseorang.

Nah, penasaran bagaimana kepribadian dengan kebiasaan waktu bangun tidur dapat mengungkap banyak hal? Berikut ulasannya dilansir dari Elite Daily pada Selasa, 5 Desember 2023.

1. Bangun Alami Sebelum Alarm

Bagi orang yang mempunyai kebiasaan bangun pagi sebelum alarm berbunyi, ini menandakan mereka sosok yang patuh pada jadwal. Masing-masing orang memiliki ritme sirkadian unik atau jam tidur alami yang diikuti tubuh.

Seseorang yang sangat seirama dengan ritme sirkadiannya mampu bangun tanpa perlu bantuan nada dering berisik menganggu telinga.

Namun, para ahli mengatakan jika pola tidur ini belum tentu menandakan orang tersebut morning person. Boleh jadi, mereka memang memiliki rutinitas teratur yang tubuh dapat ikuti.

Misalnya mereka memang terbiasa bangun jam 11 siang, pola tersebut akan terus berulang meski ia tidur di jam yang berbeda-beda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bangun di Waktu Pagi

Seseorang yang bisa bangun pagi, terbiasa untuk dapat menikmati udara segar, menyantap sarapan, dan tidak terburu-buru berangkat ke kantor atau sekolah.

Menurut spesialis pengobatan darurat, Robert Glatter, MD, mereka ini cenderung berkepribadian penuh motivasi dan siap menghadapi tantangan dengan semangat tinggi.

“Ini sering kali merupakan tanda orang tersebut teratur dan terencana dalam menjalani hidup,” lanjut Glatter.

Selain itu, orang yang dapat bangun pagi umumnya merasa bahagia sepanjang hari dan cenderung memiliki pandangan positif. Alhasil ini akan membawa mood baik sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

3. Bangun di Waktu Siang

Menurut pelatih ilmu tidur, Chris Brantner, ada dua tipe orang yang kerap bangun siang. Pertama, memang suka begadang dan kedua menunda-nunda waktu tidur.

Lebih lanjut Brantner menjelaskan, bila menunda tidur artinya orang tersebut merasa cemas. Mereka menyimpan kekhawatiran tentang hari berikutnya yang belum ingin dihadapi.

Sebaliknya, jika orang itu memang suka begadang. Artinya mereka sosok yang kreatif dan produktif di malam hari.

4 dari 4 halaman

4. Menunda Bunyi Alarm

Bagi mereka yang kerap kali menunda bunyi alarm bangun tidur, artinya sangat menyukai kasur dan susana kamar.

Menurut pakar tidur, Dr. Michael Breus, orang yang menunda alarm bangun tidur setiap pagi cenderung sedikit tidak terorganisir. Sikap ini berbanding terbalik bagi mereka yang terbiasa bangun pagi alias morning person.

“Namun mereka ini pribadi yang kreatif,” ungkap Breus.

Berdasarkan pandangan pelatih kehidupan, Katie Sandler, MS, BCC, meski orang seperti ini adalah pribadi yang tidak terorganisir, mereka cenderung berhati-hati dalam bertindak.

“Meluangkan waktu sejenak untuk memulai hari adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan kenyamanan tempat tidur,” kata Sandler.

Antara kedua pandangan tersebut, bisa jadi orang yang menunda bangun tidur adalah sosok paling berhati-hati, tetapi sedikit pemalas. Apapun itu, jangan lupa olahraga di waktu pagi agar bugar dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini