Sukses

8 Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Penyakit Jantung hingga Kanker

Stroberi, buah manis yang kaya nutrisi dan bagus untuk kesehatan

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Stroberi adalah buah yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan nutrisi penting lainnya seperti folat dan serat.

Penelitian menunjukkan bahwa buah stroberi dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, kadar gula darah, dan penyembuhan luka.

Sekaligus berpotensi melindungi atau mengelola kondisi kesehatan kronis seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan kanker.

"Stroberi (Fragaria x ananassa) merupakan sumber vitamin C, potasium, folat, dan magnesium yang baik. Stroberi juga kaya akan antioksidan, mengandung serat dan secara alami rendah kalori dan lemak," mengutip Verywell Health pada Jumat, 24 November 2023.

Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa manfaat utama stroberi dalam meningkatkan kesehatan, yaitu:

Jaga Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah stroberi dapat membantu meningkatkan sel sistem kekebalan tubuh yang melindungi dari virus dan bakteri.

 

Anti-Peradangan dan Penyembuhan Luka

Senyawa dalam stroberi yang mengandung sifat antioksidan dikombinasikan dengan vitamin C pada buah ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat kondisi seperti osteoartritis dan meningkatkan penyembuhan kulit.

Jaga Kesehatan jantung

Mengonsumsi setidaknya tiga porsi stroberi setiap minggu telah terbukti mengurangi risiko serangan jantung dalam sebuah penelitian terhadap wanita muda dan paruh baya.

Antosianin (antioksidan), flavonoid, dan potasium pada buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Memelihara Tingkat Gula Darah

Stroberi tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah seperti buah-buahan lainnya. Maka dari itu, stroberi adalah salah satu pilihan buah yang baik bagi pasien diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sederet Manfaat Lain Konsumsi Buah Stroberi

Peningkatan Folat

Stroberi dapat berfungsi sebagai sumber folat atau vitamin B9 yang kuat, yang sangat penting untuk pemeliharaan DNA tubuh dan khususnya penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Berpotensi Melindungi Tubuh dari Kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam stroberi dapat membantu melindungi tubuh terhadap serangan kanker.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang bagaimana senyawa ini dapat mengurangi peradangan dan penyebaran sel kanker.

Bantu Turunkan Kolesterol

Beberapa penelitian yang menjanjikan menunjukkan bahwa konsumsi stroberi setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol total hingga 10 persen.

Dan, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat sebesar 13 persen.

Penguatan Fungsi Kognitif

Penelitian awal menunjukkan bahwa makan stroberi setiap hari dapat membantu mendukung kesehatan otak, berpotensi meningkatkan kecepatan dan fungsi pemrosesan kognitif.

 

3 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Stroberi

Banyak manfaat nutrisi yang terkandung dalam buah kecil dan berair ini. Satu cangkir stroberi mengandung:49 kalori0,5 gram (g) lemak1 gram protein12 g karbohidrat.

Ditambah lagi, dengan sekitar 90 miligram (mg) vitamin C per cangkir, stroberi dapat membantu orang dewasa mendapatkan dosis total vitamin C per hari.

Secangkir penuh folat yang mengandung 40 mikrogram (mcg) buah ini juga menyediakan sekitar 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kebutuhan makanan setiap orang berbeda berdasarkan usia, riwayat kesehatan, kesehatan secara keseluruhan, dan banyak lagi.

Namun, bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat, satu cangkir stroberi saja sudah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C harian.

Porsi Konsumsi Stroberi Sehari-hari

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan setidaknya 1,5 hingga 1,75 cangkir stroberi per minggu merupakan pilihan tepat untuk melihat beberapa manfaat kesehatan lainnya dari buah ini.

Ada banyak cara untuk memasukkan stroberi sebanyak ini ke dalam pola makan harian, misalnya:

  1. Makan stroberi segar saat sedang musimnya dan makan stroberi beku selama musim dingin
  2. Menambahkan stroberi ke makanan sarapan, seperti yogurt, pancake, muffin, atau oatmeal
  3. Menambahkan stroberi ke smoothie, bersama dengan buah beri dan bahan lainnya.
  4. Menggunakan stroberi di atas roti panggang atau salad.

"Stroberi (dan buah beri lainnya) akan bertahan lebih lama jika diletakkan di bagian terdingin di lemari es. Jika memungkinkan, makanlah dalam waktu tiga hari untuk mendapatkan asupan nutrisi dan kualitas kesegarannya secara maksimal."

"Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan jika Anda khawatir tentang berapa banyak buah yang harus Anda makan dan cara menambahkan lebih banyak ke dalam makanan Anda, jika diperlukan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.