Sukses

7 Perubahan Perilaku Pria Ketika Jatuh Cinta, Termasuk Sering Tatap Mata Sosok yang Disukai

Ketahui perubahan perilaku pria ketika sering jatuh cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan orang, jatuh cinta memiliki sejuta rasa di dada. Perasaan tersebut membuat seseorang merasa bahagia dan merasakan sensasi berbunga-bunga.

Saat sedang jatuh cinta bukan hanya hati, tetapi seluruh tubuh dan perilaku juga mengalami perubahan. Perubahan ini diakibatkan perasaan bahagia ketika jatuh cinta. Sehingga, ketika kita ingin mengetahui seseorang sedang jatuh cinta atau tidak, lihatlah tingkah lakunya.

Beberapa ahli mengaitkan antara jatuh cinta dengan perilaku seseorang. Lebih jelasnya berikut ini tujuh tanda pria jatuh cinta, dilansir dari Best Life pada Rabu, 29 November 2023.

1. Perhatian

Seperti pada umunya, pria ketika jatuh cinta akan menunjukan sisi perhatian kepada wanita. Biasanya mereka rela meluangkan waktu untuk sekadar menanyakan kabar atau memperhatikan kebutuhan wanita tersebut.

Tidak hanya wanita yang kerap menunjukan kasih sayang, pria juga seperti itu ketika jatuh cinta. Cara pria menunjukan kasih sayangnya tersebut dengan sikap lebih dewasa dan mengayomi. Hal ini tak jarang membuat wanita merasa dilindungi dan disayang.

Pada banyak kejadian, pria senang merasa dibutuhkan. Sehingga sering kali ketika ia jatuh cinta akan memenuhi kebutuhan wanita tersebut dengan segala materi atau perlakuan fisik, seperti menolong membawakan barang.

Hal-hal seperti itulah yang membuat pria terlihat jelas jatuh cinta atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kontak Mata

Perhatikan arah pandangan pria. Biasanya ketika pria jatuh cinta, mereka akan curi pandang dan sengaja kontak mata dengan wanita pujaannya.

Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian Psychological Science 2014, peneliti menemukan ketika pria jatuh cinta, matanya tertuju ke wajah orang yang disukai.

3. Membicarakan Masa Depan

Menurut terapis pernikahan, Marisa T. Cohen, Ph.D, LMFT menyebut, pria yang jatuh cinta akan menunjukan ketertarikan dengan percakapan hubungan masa depan.

“Ketika keduanya bersemangat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, itu menunjukkan tingkat kedekatan tertentu,” tambahnya.

Menurut Cohen, ia mungkin cukup serius, sehingga ingin memastikan benar-benar cocok atau tidak dengan wanita tersebut.

3 dari 5 halaman

4. Menghargai Nasihat

Ketika pria mengikuti saran seorang wanita, kemungkinan besar ia percaya dan menyukai orang tersebut. Hal ini menunjukkan ia menganggap pendapat wanita berharga, dipikirkan dengan matang, dan pantas untuk dicoba.

“Ketika pria mulai menerima saran wanita, itu menunjukkan ia memberikan ruang terbuka terhadap pikiran, ide, dan emosinya,” kata Cohen.

5. Bersikap Optimistis

Sebuah penelitian pada 2014 terhadap 245 pasangan menemukan, berada dalam hubungan yang bahagia dan stabil membantu orang dewasa mengurangi tingkat neurotisisme.

Kepribadian neurotisisme artinya pengendalian diri yang buruk. Nah berdasarkan penelitian tersebut, ketika pria jatuh cinta ia akan menjadi lebih optimistis. Mereka akan berhenti mengambil keputusan yang buruk.

4 dari 5 halaman

6. Menghabiskan Waktu Bersama

Orang-orang cenderung berkomitmen pada suatu hubungan jika mereka merasa puas dengan pasangannya. Salah satu komitmen yang jarang disadari ialah dengan mengahabiskan waktu bersama.

Para peneliti pun telah membuktikan, pria yang jatuh cinta dengan seorang wanita tak akan ragu untuk berkomitmen. Selain itu tak segan untuk menghabiskan waktu bersama.

5 dari 5 halaman

7. Lebih Humoris

Penelitian Psikologi Evolusioner 2015 menemukan, pria menggunakan humor untuk mengukur ketertarikan wanita. Ketika wanita tertawa, semakin pria tertarik.

Selain berjuang secara fisik dan materi, pria akan menujukan sisi humor untuk membangun chemistry ke wanita idamannya menjadi lebih dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.