Sukses

6 Jenis Olahraga yang Cocok Buat Si Introvert

Berikut ini jenis-jenis olahraga yang cocok untuk si kepribadian introvert. Jadi, enggak ada alasan untuk tidak berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga adalah salah satu hal yang wajib dilakukan agar tubuh sehat dan bbugar. Sebagian orang bersemangat jika melakukan olahraga bareng-bareng tapi ada juga yang lebih nyaman jika sendirian. 

Bagi yang mempunyai kepribadian introvert, biasanya lebih memilih olahraga sendirian dan tidak ramai. Jika Anda termasuk kaum tersebut, tidak perlu khawatir. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan sendirian.

Berikut ini jenis-jenis olahraga yang cocok untuk si introvert seperti dikutip dari Women's Health pada Minggu, (26/11/2023).

1. Lari

Olahraga lari menjadi olahraga yang bisa dilakukan baik ituu untuk seeseorang yang introvert maupun ekstrovert. Bagi introvert berjalan menyusuri trotoar sendirian adalah hal yang menyenangkan.

"Seseorang akan sering mendengar, berlari adalah cara yang bagus bagi introvert menemukan cara untuk menjernihkan pikiran sendirian," kata Jessica Matthews, pelatih bersertifikat dan penasehat senior untuk American Council on Exercise (ACE), San Diego, Amerika Serikat.

2. Berenang

Bagi introvert adalah sebuah kebahagiaan bisa bolak-balik berenang gaya dada, bebas maupun gaya lainnya kala berenang. 

"Jika seseorang ingin melepaskan beberapa beban hidup dengan olahraga, masuk ke dalam air benar-benar akan membantu melepaskannya," kata Matthews.

Seseorang akan begitu fokus pada pernapasannya sendiri, tanpa perlu mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan bersama komunitas tapi tidak ada yang salah jika melakukan sendiri.

"Melakukan percakapan sambil mengayuh sepeda bukan hal yang kondusif," kata Kristen Dieffenbach, Ph.D., konsultan kinerja mental bersertifikat dengan Association for Applied Sport Psychology.

4. Yoga

Tentu saja. yoga akan menjadi olahraga yang bagus untuk introvert. "Olahraga ini benar-benar memiliki fokus batin yang mendalam," kata Matthews,"dan itu akan berlaku dalam kelompok maupun individu."

 

3 dari 4 halaman

5. Pilates

Fokus pada gerakan kecil dan latihan pernapasan di kelas pilates pada dasarnya menjamin seseorang akan memusatkan perhatian pada gerakan sendiri. Tidak dengan kegiatan orang lain.

"Ini adalah olahraga yang berorientasi pada proses, artinya orang yang introvert dapat menikmati jenis gerakan ini dibandingkan olahraga yang lebih konvensional," kata Matthews.

 

4 dari 4 halaman

6. Solo Hiking

Menanjak bukit atau gunung sendirian adalah hal yang sering dilakukan oleh beberapa orang. Meskipun ini harus dilakukan oleh pendaki yang sangat berpengalaman, mendaki gunung seorang diri menjadi sesuatu yang sangat didambakan oleh introvert.

Selain itu, berada di alam akan sangat mudah bagi siapapun untuk memusatkan diri. Karena introvert biasanya menikmati ketenangan yang datang dengan berada di alam bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini