Sukses

Penyebab dan Cara Mencegah Tinnitus, Gangguan yang Bikin Telinga Berdenging

Sebanyak 1 dari 7 orang dewasa menderita tinnitus, dan meskipun sensasinya aneh dan cukup mengganggu, biasanya hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Tinnitus adalah kondisi ketika seseorang merasa telinga berdenging. Saat itulah seseorang mengalami suara-suara yang hanya dapat didengar oleh dirinya sendiri dan tidak berasal dari apa pun di sekitarnya.

Sebanyak 1 dari 7 orang dewasa menderita tinnitus. Kondisi ini bisa terjadi dalam waktu singkat maupun lama. 

Bagi banyak orang, tinnitus akan membaik dengan sendirinya. Namun, memahami penyebab paling umum telinga berdenging dapat membantu meringankan gejalanya.

Tinnitus biasanya terdengar seperti dering bernada tinggi di telinga, meski bisa juga berupa suara mendesis atau berdengung. Seseorang mungkin mendengar suara-suara tersebut di salah satu telinga atau kedua telinga yang rasanya seperti berasal dari dalam kepala.

Tinnitus sering datang dan pergi, dan beberapa orang merasa hal ini semakin parah di malam hari seperti mengutip dari laman Livi yang sudah direview oleh dokter Bryony Henderson.

Penyebab Telinga Berdenging

Para ilmuwan berpendapat tinnitus disebabkan oleh perubahan cara suara yang diproses di otak dan dimulai ketika pendengaran sedang rusak.

Penelitian menunjukkan bahwa otak mencoba mengatasi gangguan telinga dengan meningkatkan aktivitas sel saraf yang bertanggung jawab atas suara bernada tinggi. Hal ini menyebabkan seseorang mendengar suara yang sebenarnya tidak ada.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Lain Tinnitus

Ada banyak pemicu tinnitus dan terkadang hal itu hanya berupa kotoran telinga yang menumpuk, yang bisa dikeluarkan oleh dokter.

Tergantung pada penyebab telinga berdenging, seseorang mungkin mengalami gejala lain seperti:

1. Kerusakan pendengaran 

Telinga berdenging dikaitkan dengan kerusakan pendengaran, yang mungkin berkaitan dengan usia atau disebabkan oleh suara keras. Bisa jadi suara tersebut berhubungan dengan pekerjaan, seperti pengeboran di lokasi konstruksi, atau mendengarkan musik keras.

Ada bulu-bulu kecil di telinga yang bergetar ketika gelombang suara menerpanya, itulah cara suara mencapai otak. Tinnitus dan gangguan pendengaran dapat terjadi jika rambut-rambut tersebut rusak. Semakin keras suaranya dan semakin lama seseorang mendengarkannya, semakin besar kemungkinan ia mengalami gangguan pendengaran.

Apa yang harus dilakukan? Strategi terbaiknya adalah melindungi pendengaran sebelum kerusakan terjadi. Minimalkan musik keras dan kenakan pelindung telinga saat terpapar suara keras.

2. Infeksi telinga

Jika seseorang merasakan sakit atau tekanan di telinga, kemungkinan besar infeksi telinga adalah penyebab tinnitus. Tanda-tanda lain dari infeksi telinga termasuk suhu tinggi, gatal di sekitar telinga, dan keluarnya cairan dari telinga.

Apa yang harus dlakukan? Buatlah janji temu dengan dokter jika penyakit ini tidak kunjung membaik dalam beberapa hari.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Perubahan Tekanan Darah

Jika seseorang mendengar suara berirama atau berdenyut yang selaras dengan detak jantung, ia mungkin menderita tinnitus berdenyut. Ini terkait dengan perubahan tekanan darah, yang bisa disebabkan oleh olahraga, kehamilan, atau hipertensi .

Apa yang harus dilakukan? Jika seseorang mengalaminya secara teratur, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Kondisi kesehatan lainnya

Terkadang tinitus berhubungan dengan kondisi kesehatan lain, termasuk kondisi mental dan fisik.

Telinga berdenging dapat dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan stres. Mendapatkan bantuan untuk kesehatan mental dapat meringankan gejala tinitus.

Ada hubungan antara tinnitus dan diabetes, gangguan tiroid, dan multiple sclerosis . Beberapa obat juga menyebabkan telinga berdenging, termasuk kemoterapi, antibiotik, dan obat penghilang rasa sakit tertentu.

Penyakit Meniere adalah serangkaian gejala termasuk pusing, sakit kepala, gangguan pendengaran, dan tinnitus. Ini tidak umum tetapi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

 

4 dari 4 halaman

Berapa Lama Tinitus Berlangsung?

Sulit untuk mengatakan secara pasti berapa lama tinitus berlangsung karena beragam penyebabnya. Sebuah studi ilmiah menemukan bahwa gejala seseorang cenderung membaik seiring berjalannya waktu, bukannya bertambah buruk.

Bagaimana cara menghentikan telinga berdenging?

Meskipun tidak ada obat langsung untuk tinitus, ada beberapa hal yang dapat membantu mengurangi pemicunya dan mengatasi iritasi yang ditimbulkannya.

  • Perhatikan volume
  • Batasi faktor risiko
  • Hindari keheningan total
  • Cobalah terapi 

Jika berlangsung lama, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.