Sukses

6 Manfaat Mengejutkan Berendam Air Es Setelah Olahraga

Berendam Air Es Setelah Olahraga, Simak Apa Saja Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali kita melihat atlet setelah latihan akan berendam air es. Tak hanya atlet, bagi siapa pun yang telah berolahraga gym, lari, atau semacamnya selalu menganggap berendam dalam air es sangat menyegarkan dan diyakini baik untuk kesehatan.

Berendam atau mandi air es disebut juga sebagai cold hydrotherapy. Ini adalah salah satu bentuk krioterapi atau metode pengobatan yang melibatkan penggunaan suhu ekstrem dingin.

Namun, tidak perlu khawatir, menurut Asisten Profesor Bedah Ortopedi di Yale School of Medicine, Elizabeth Gardner, MD, suhu yang digunakan sekitar 50 sampai 60 derajat Fahrenheit atau setara 15 derajat Celcius. Gardner menambahkan, suhu tersebut masih terbilang aman, karena tidak sampai pada titik beku.

"Rendamkan seluruh tubuh ke dalam bak berisi air dingin selama 10 sampai 15 menit. Tidak boleh lebih, karena berisiko hipotermia dan radang dingin," ujar Gardner.

Selain menyegarkan, Gardner mengungkap sejumlah manfaat berendam air es setelah olahraga berikut ini, dilansir dari Byrdie pada Rabu, 22 November 2023.

1. Memulihkan Otot Setelah Olahraga

Saat tubuh terkena air dingin, pembuluh darah menyempit dan mengecil. Kemudian saat tubuh keluar dari air, perubahan suhu menyebabkan otot terbuka kembali dengan cepat. Hal itu yang dapat membuang produk sisa metabolisme otot.

"Pelebaran pembuluh darah yang cepat ini juga memberikan oksigen dan nutrisi pada otot. Secara teori berendam air dingin setelah olahraga akan membantu otot pulih setelah latihan keras," ujar Gardner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lain Berendam Air Es Usai Olahraga

2. Mendinginkan Tubuh

Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Athletic Training menemukan bahwa mandi air dingin dapat membantu meringankan hipertermia saat beraktivitas. Pada saat yang sama, terapi ini bahkan lebih efektif dalam menurunkan suhu tubuh yang tinggi.

3. Mengurangi Risiko Cedera

Seperti yang dikatakan Gardner, mandi es dapat membantu pemulihan dan mengurangi rasa sakit. Seorang pelatih pribadi, Dan Bowen, NPTI menambahkan, cara ini akan membantu mengurangi risiko cedera seseorang.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kebanyakan orang tidak menganggap pengalaman mandi es menyenangkan pada awalnya.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang akan toleransi terhadap dingin dan menganggapnya sebagai bagian penting dari proses pemulihan mereka. Sebab perlu diingat, mandi es juga menawarkan potensi manfaat kesehatan mental.

3 dari 4 halaman

5. Manfaat Berendam Air Es untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Bowen menjelaskan, mandi es dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Menurutnya air dingin dapat memberikan efek positif pada sistem saraf pusat.

"Alhasil membantu tidur dan merasa lebih baik setelah menghabiskan 10 hingga 15 menit di dalamnya," kata Bowen.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beberapa bukti ilmiah mengenai mandi es berfungsi sebagai penambah kekebalan.

Sebuah penelitian 2016 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menemukan, orang yang mandi air dingin hampir 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk sakit saat bekerja atau sekolah.

4 dari 4 halaman

7. Mengurangi Peradangan

Gardner juga menunjukkan bukti berendam dalam air es setelah olahraga dapat mengurangi timbulnya nyeri otot. Menurutnya cara ini efektif dalam mengurangi nyeri dibandingkan dengan istirahat dasar.

“Hal ini diperkirakan terjadi dengan mengurangi peradangan,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini