Sukses

5 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur, Rutinkan Mulai Sekarang

Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Air adalah nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Tubuh membutuhkan air untuk melumasi persendian, mengatur suhu badan, mengangkut nutrisi, dan membuang limbah melalui urine serta keringat.

Secara garis besar memang tubuh manusia terdiri dari air. Itulah mengapa kita sangat perlu terhidrasi.

"Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Menjadi sedikit berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat hidrasi," kata pendiri dan direktur medis Case Integrative Health, Casey Kelley MD AboIM.

Menurut dokter yang lain, William W Li MD, tubuh juga secara alami kehilangan air setiap hari melalui proses normal seperti buang air kecil, berkeringat, bahkan bernapas.

Beberapa faktor seperti olahraga, cuaca panas, atau pengobatan tertentu dapat membuat manusia kehilangan cairan lebih cepat. Bahkan, saat tidur pun tubuh mengeluarkan cairan.

Itulah mengapa seseorang perlu minum air ketika bangun tidur, karena mengisi ulang cairan yang telah keluar semalaman.

Minum Air Saat Bangun Tidur

Kebiasaan ini tentu saja menyehatkan. Namun, menurut William, bukanlah faktor penentu hidrasi yang diperlukan. Hal yang paling penting adalah minum air secara rutin setiap hari.

"Aspek kesehatan dari tetap terhidrasi diukur sepanjang hari, bukan waktu minum air atau urutan dengan sarapan atau makanan lainnya," ujar William.

Lebih lanjut William, mengatakan, minum air putih di pagi hari memang baik, tapi tidak melakukannya pun tak masalah. Namun yang pasti, ketika minum setelah bangun tidur akan mendapatkan sejumlah manfaat.

Berikut manfaat minum air putih ketika bangun tidur dilansir dari Real Simple pada Jumat, 10 November 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minum Air untuk Mengisi Cairan yang Hilang Semalaman

Tubuh manusia secara alami berada dalam kondisi dehidrasi ketika pagi hari. Oleh sebab itu, meminum air saat bangun tidur dapat membantu terhidrasi kembali.

"Minum air ketika bangun tidur akan mengisi kembali cairan yang hilang, termasuk di malam hari," kata William.

Hal ini terutama berlaku jika tidur dalam keadaan mulut terbuka atau di ruangan yang hangat. Minum di pagi hari kembali menyegarkannya.

3 dari 6 halaman

2. Minum Air Saat Bangun Tidur Meningkatkan Energi

Menurut Kelley, banyak orang mendapati ketika memulai hari dengan minum air dingin membantu membangunkan mereka. Bagaimanapun, dehidrasi dapat membuat seseorang lelah dan pusing.

Sehingga dalam hal tersebut, meminum air setelah bangun tidur dapat membantu proses rehidrasi atau memastikan jaringan dan organ mendapatkan cairan yang dibutuhkan secepatnya.

4 dari 6 halaman

3. Minum Air Putih Dapat Meningkatkan Kinerja Mental

Minum air setelah bangun tidur dapat membantu memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas seseorang sepanjang hari. Menurut Kelley, dehidrasi juga dikaitkan dengan kabut otak dan sakit kepala.

Sehingga minum segelas air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kinerja mental.

"Bahkan dehidrasi ringan pun dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi jangka pendek, jadi jika ingin tetap fokus, minumlah segelas air," kata Kelley.

5 dari 6 halaman

4. Merangsang Metabolisme

Kapan pun waktunya, minum air dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Khususnya air dingin memicu tubuh untuk mengaktifkan sistem yang disebut termogenesis (menghasilkan panas).

"Ini berarti tubuh menghangatkan air dengan mengaktifkan metabolisme sebanyak 30 persen, selama sekitar satu jam," kata William.

Termogenesis yang disebabkan oleh suhu dingin tidak ditentukan waktunya. Sehingga tidak perlu melakukan minum air dingin sebelum makan di pagi hari atau bangun tidur.

Lebih lanjut tentang metabolisme, minum air juga bermanfaat untuk meringankan sembelit. Apalagi yang diminum adalah air hangat.

"Air hangat berpotensi memecah makanan yang dimakan lebih cepat, dibandingkan air dingin," kata Kelley.

Itulah mengapa minum air putih saat bangun tidur dapat memulai proses rehidrasi dan melancarkan sistem pencernaan. Terutama yang mengalami sembelit, hal ini sangat dianjurkan.

6 dari 6 halaman

5. Mengurangi Rasa Lapar

Bagi yang tidak suka sarapan besar, meminum air terlebih dahulu di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu mengatasi rasa lapar.

Menurut beberapa penelitian, minum air putih sepanjang pagi bisa meredam rasa lapar, sehingga berpotensi meredakan perut lapar.

"Tetap terhidrasi dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan," kata Kelley.

Itu adalah sejumlah manfaat minum air ketika bangun tidur. Hal tersebut juga tetap bisa didapatkan kapan pun waktunya ketika minum air. Paling penting adalah jangan sampai kurang asupan air setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.