Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Awet Muda, Bijak Kelola Stres Masuk Daftar

Mengelola stres merupakan salah satu resep agar awet muda.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, kulit akan bertambah tua. Namun, bila rutin melakukan perawatan kulit bisa memperlambat tanda- tanda penuaan seseorang.

Dokter dokter spesialis kulit, Natalie M. Curcio dan pakar lain berbagi tips untuk membantu kulit awet muda seperti dilansir dari Best Life pada Selasa, 7 November 2023.

1. Pakai Sabun Cuci Muka yang Lembut

Ahli kimia kosmetik, Elina Fedotova, MD merekomendasikan penggunaan sabun cuci muka untuk menghilangkan seluruh riasan dan bahan kimia lainnya sebelum tidur.

“Saat membersihkan kulit, pastikan produk pembersih yang digunakan alami dan tidak terlalu mengelupas kulit,” jelasnya.

“Sangat penting untuk membersihkan kulit di waktu pagi, tetapi yang paling wajib adalah di malam hari,” tambah Fedotova.

2. Minum Air Putih Secukupnya

Kulit terhidrasi membuat bagian tersebut halus dan kenyal. 

“Dehidrasi menyebabkan kerutan, kekeringan, dan penurunan pergantian sel,” tambah seorang perawat, Ciara Dimou, MSN.

Beberapa orang sering meremehkan berapa banyak air yang perlu mereka minum untuk menjaga kulit tetap bersinar. Tanda tubuh cukup mendapatkan asupan cairan bisa dilihat dari saat buang air kecil. Bila warna urine kuning terang, berarti asupan minum air putih cukup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Atur Pola Makan

Pola makan juga dapat menentukan kulit agar terlihat muda dibandingkan usianya. Fedotova menegaskan untuk tidak mengonsumsi makanan manis, bertepung, dan olahan. Menurutnya sangat tidak sehat dan dapat menyebabkan peradangan kulit, pori-pori tersumbat, dan kerutan dini.

"Buah-buahan dan sayuran berwarna kaya akan antioksidan dan lemak sehat. Keduanya membantu meningkatkan kekebalan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV dari lingkungan,” jelas Fedotova.

3 dari 4 halaman

4. Gunakan Sunscreen

Semua ahli sepakat, memakai sunscreen atau tabir surya setiap hari adalah salah satu kebiasaan penting yang akan menjaga kulit tetap muda. Ini juga akan membantu melindungi dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit.

“Kebanyakan orang mengira tabir surya hanya untuk musim panas, padahal sebenarnya tidak,” kata Dimou.

“Cahaya memantul dari trotoar saat hujan dan jendela, juga menyebabkan kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan,” lanjutnya

Pilih tabir surya dengan SPF tinggi, kemudian aplikasikan setiap dua jam sekali untuk hasil terbaik.

4 dari 4 halaman

5. Kelola Stres

Penelitian menunjukkan, orang yang mengalami stres akan mempercepat penuaan. Menurut dokter kulit bersertifikat, Viktoryia Kazlouskaya, MD, PhD stres dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Sehingga untuk mengatasinya coba bermeditasi, olahraga, menulis, bersosialisasi, atau meluangkan waktu untuk perawatan diri. Hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan mental. Akhirnya dapat membantu kesehatan dan penampilan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini