Sukses

Presiden Jokowi, Syifa Hadju dan Tokoh Publik Lain Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Gaza

Terkumpulnya bantuan ini tak lepas dari peran tokoh publik yang ikut menggalang dana secara daring.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia memiliki kepedulian besar terhadap bencana kemanusiaan yang menimpa masyarakat Gaza di Palestina.

Hal ini dibuktikan dengan terkumpulnya berbagai jenis bantuan yang beratnya mencapai 51,5 ton.

Terkumpulnya bantuan ini tak lepas dari peran tokoh publik yang ikut menggalang dana secara daring. Mulai dari Syifa Hadju, Rachel Vennya, hingga Atta Halilintar turut serta dalam meringankan beban masyarakat Gaza.

Para tokoh publik pun turut melepas pengiriman bantuan kemanusiaan yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (4/11/2023).

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tapi juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari BAZNAS, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya,” kata Presiden Jokowi mengutip keterangan pers Kitabisa.com, Sabtu (4/11/2023).

“Kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” tambahnya.

Bantuan yang dikirim hari ini akan diserahkan kepada Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) untuk dibawa ke perbatasan Mesir dengan Gaza. Lalu penyerahan bantuan kepada masyarakat di Gaza akan dilakukan oleh United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA), lembaga kemanusiaan yang bergerak untuk pengungsi Palestina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tokoh Publik Lainnya Turut Serta

Acara pelepasan bantuan itu turut dihadiri sejumlah tokoh publik lainnya seperti Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo, Irvan Farhad, Rizky Nazar, Mira Agile dan Vicky Alaydrus.

Sebelumnya, para tokoh publik ini telah melakukan diskusi dan pemetaan mengenai penyaluran ke Palestina pada Kamis, 2 November lalu di kantor Kitabisa, Jakarta.

“Hari ini aku bersama teman-teman influencers lainnya ikut melepaskan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk pertama kalinya bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk saudara-saudara kita yang berada di Gaza, Palestina,” ujar Syifa Hadju.

“Semoga lancar, semoga donasi ini bermanfaat dan sampai dengan selamat ke tangan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” harapnya.

3 dari 4 halaman

Ajak Masyarakat Terus Berdonasi

Bintang film “200 Pounds Beauty” itu juga terus mengajak masyarakat Indonesia untuk terus membantu berdonasi untuk korban di Palestina.

Adapun tautan galang dana yang bisa diakses masyarakat untuk berdonasi yakni:

Syifa Hadju        : kitabisa.com/campaign/doauntukgaza 

Vicky Alaydrus   : kitabisa.com/campaign/kemanusiaangaza

Atta Halilintar    : kitabisa.com/campaign/hatibaikpedulipalestina

Irvan Farhad     : kitabisa.com/campaign/bergerakuntukgaza

Mira Agile          : kitabisa.com/campaign/istandwithpalestine

Zaskia Mecca     : kitabisa.com/campaign/untukwargapalestina

Rachel Vennya   : kitabisa.com/campaign/gazamemanggilmu.

4 dari 4 halaman

Penyaluran Bantuan Dilakukan Terus Secara Bertahap

Platform donasi Kitabisa telah memfasilitasi berbagai galang dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Termasuk oleh lembaga kemanusiaan, tokoh publik, dan juga badan usaha yang sudah diverifikasi oleh Kitabisa.

Transparansi jumlah donasi yang terkumpul serta laporan penyaluran dapat dilihat secara berkala di halaman ktbs.in/gaza atau akun instagram @kitabisacom.

“Ini adalah penyaluran pertama hasil donasi di Kitabisa bersama pemerintah. Kami terus berkomunikasi intens dengan Kemenlu untuk penyaluran bantuan tahap selanjutnya. Yang pasti bantuan ini akan terus dilakukan secara bertahap mengingat kondisi di Gaza saat ini” ucap CEO Kitabisa, Vikra Ijas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.