Sukses

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Kemenkes Lakukan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengadakan acara tabur bunga serentak di seluruh makam pahlawan sesuai nama rumah sakit vertikal di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengadakan acara tabur bunga serentak di seluruh makam pahlawan sesuai nama rumah sakit vertikal di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati.

Kegiatan tabur bunga yang dilakukan hari ini, Kamis, 2 November 2023 juga merupakan wujud penghormatan kepada jasa-jasa para pahlawan.

Bersama pihak RSUP Fatmawati, Kemenkes melaksanakan upacara tabur bunga di makam pendiri rumah sakit tersebut yakni Hj. Fatmawati Sukarno di Taman Makam Tokoh Bangsa Karet Bivak Blok AAI, Blad 007, No. Petak 0020, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Plt. Direktur Utama RSUP Fatmawati dr Mohammad Syahril, Sp.P.MPH menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB itu.

Hadir dalam upacara tersebut Keluarga Besar Ibu Hj. Fatmawati Soekarno antara lain Ibu Hilda Hilda Maulana Hassan Dinn beserta suami, Bapak Laksma TNI (Purn) Dr. M. Faisal , SE, MM beserta Ibu.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Jajaran Direksi RSUP Fatmawati, Pejabatan Fungsional di lingkungan RSUP Fatmawati, Pejabat dilingkungan Sekretariat Jenderal Kementrian Kesehatan, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia, Pimpinan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pimpinan Suku Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pengurus Yayasan Fatmawati. Hadir juga pimpinan dari RSUP Persahabatan, RS Kanker Dharmais, RSJ Soeharto Herjan, RS Infeksi Prof Dr, Sulianti Saroso.

Dalam upacara tersebut keluarga Ibu Hj. Fatmawati memberikan sambutan yang diwakili oleh Laksma TNI (Purn) Dr. M. Faisal , SE, MM. Upacara dilanjutkan dengan tabur Bunga di Makam Ibu Hj. Fatmawati Sukarno oleh seluruh perserta upacara dan undangan yang hadir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Fatmawati Sukarno

Sebagaimana diketahui, Hj Fatmawati Sukarno adalah istri Presiden Indonesia pertama, Sukarno. Fatmawati menjadi Ibu Negara Indonesia pertama sejak tahun 1945 hingga 1967.

Fatmawati dikenal atas jasanya menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pasa saat upacara Proklamasi Kemerdekaan RI di Jakarta pada 17 Agustus 1945.

Beliau lahir dari kedua orangtua yang merupakan Suku Minangkabau, dari Sumatera Barat, Hasan Din  dan Siti Chadijah, dengan nama Fatimah. 

 

3 dari 3 halaman

Sejarah RSUP Fatmawati

Ibu Fatmawati Soekarno yang saat itu sebagai ibu Negara Republik Indonesia sebagai pendiri Rumah Sakit Tuberkulose bagi anak – anak, baik untuk perawatan maupun tindakan rehabilitasinya. Maka pada tanggal 30 Oktober 1953 Ibu Fatmawati menggalang dana sebagai modal pertama pendirian Yayasan Ibu Soekarno untuk pembangunan rumah sakit tersebut.

Melalui Yayasan Ibu Soekarno dan bantuan dari berbagai pihak antara lain Departemen Kesehatan, Yayasan Dana Bantuan Departemen Sosial Republik Indonesia ,pembangunan gedung Rumah Sakit TBC Anak – anak dimulai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 2 Oktober 1954 oleh Ibu Fatmawati Soekarno.

Atas usulan Dr. R. Soehasim selaku Direktur kepada Ibu Fatmawati Soekarno, maka pada tanggal 23 Mei 1967 Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan perubahan namaRSU Ibu Soekarno menjadi R.S. Fatmawati sekaligus pemberian nama Jalan R.S. Fatmawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini