Sukses

Tips Hubungan Langgeng bagi Pasangan LDR, Salah Satunya Ngobrol Setiap Hari

Menjalin hubungan jarak jauh (LDR) membutuhkan usaha, dan langkah-langkah untuk memastikan tetap terhubung satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu telah menemukan seseorang yang cocok, kamu mungkin tidak ingin membiarkan cinta berlalu begitu saja hanya karena kalian tidak tinggal di daerah yang sama. Kamu tetap bisa memiliki hubungan yang sehat dan romantis dengan seseorang meskipun hanya bertemu beberapa kali dalam sebulan (atau bahkan setahun). 

Tetap saja, menjalin hubungan jarak jauh membutuhkan usaha, dan kamu harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan tetap terhubung satu sama lain.

Kavita Patel, seorang life coach dan pakar hubungan berbagi tips untuk pasangan, termasuk seberapa sering bertemu, bagaimana merasa terhubung ketika sedang berjauhan, dan bagaimana berkomunikasi dengan baik.

“Hubungan emosional dan dukungan sangat penting dalam hubungan jarak jauh,” katanya seperti dikutip dari Brides pada Minggu, (29/10/2023).

“Tetap berhubungan dan melibatkan satu sama lain dalam perasaan dan situasi sehari-hari sangat ampuh untuk menjaga perasaan keintiman tetap mengalir.”

Tips Bertahan dalam Hubungan Jarak Jauh

Simak beberapa tips berikut ini untuk bertahan dalam hubungan jarak jauh: 

Angkat teleponnya

“Sangat penting dalam hubungan jarak jauh untuk tetap terhubung. Berbicara di telepon dan video call adalah cara terbaik untuk tetap terhubung karena banyak hal yang bisa hilang jika diterjemahkan melalui teks,” kata Patel. 

Melewati hari yang sibuk bisa jadi mudah dengan hanya mengandalkan sosial media dan tanpa mengangkat telepon, namun jangan sampai terjebak dalam perangkap itu. Luangkan waktu untuk melakukan percakapan mendalam di mana kamu dapat mendengar suara satu sama lain atau melihat wajah satu sama lain.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ngobrol di Pagi dan Malam Hari

“Menyapa pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur juga sangat penting,” kata Patel.

“Dengan begitu kamu merasa terhubung di awal dan akhir hari. Meskipun tidak bersama secara fisik, kamu tetap merasa menjadi bagian dari hari-hari satu sama lain."

Bertemu Langsung Secara Teratur

“Penting untuk bertemu satu sama lain sesering mungkin,” kata Patel.

“Saya tahu, bergantung pada jarak, hal ini mungkin terasa sulit, namun ini penting.”

Patel mengatakan tujuannya adalah untuk bertemu langsung setidaknya setiap tiga bulan. Lebih baik lagi jika bisa bertemu setiap bulan.

 

3 dari 4 halaman

Kunjungi Satu Sama Lain

Pastikan untuk saling mengunjungi pasangan di tempat tinggal masing-masing, kata Patel.

“Melakukan perjalanan untuk bertemu satu sama lain di lokasi tempat tinggalmu adalah hal yang penting sehingga setiap orang dapat melihat bagaimana keseharian satu sama lain berjalan,” katanya.

Tanyakan Tentang Perasaan Satu Sama Lain

“Tunjukkan kepedulian serta kesediaanmu untuk berada di sana melalui semua ini,” kata Patel. 

Bersiaplah untuk Menjadwalkan Pertemuan Darurat

Jika salah satu pasangan merasa terputus atau kesepian, penting untuk menjadwalkan kunjungan untuk bertemu satu sama lain, kata Patel: “Jika satu orang merasa terputus maka inilah saatnya untuk bertemu sesegera mungkin.”

 

4 dari 4 halaman

Jika Ada yang Tidak Beres, Bicarakanlah

“Jika ada sesuatu yang berubah dalam hubungan, penting untuk mulai mempertanyakan apakah kalian berdua memiliki pemikiran yang sama dan melakukan percakapan yang sulit tentang apakah sudah waktunya untuk melepaskan hubungan tersebut,” kata Patel. “Tanyakan apa yang berubah dan apa yang berbeda.” 

Prioritaskan Satu Sama Lain

Hubungan jarak jauh membutuhkan kerja keras, dan penting bagi kedua pasangan untuk menerapkannya dan memprioritaskan satu sama lain. “Tidak ada gunanya lagi jika satu orang berhenti memilih yang lain,” kata Patel

“Jika seseorang mulai menjauhkan diri, tidak berkomitmen pada rencana, mulai menarik diri, penting untuk membicarakannya. Sangat penting bagi kedua orang untuk merasa bahwa mereka dijadikan prioritas dalam hal apa pun yang membuat mereka merasa baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini