Sukses

Sederet Gejala Keracunan Makanan, Komplikasi yang Bisa Serang Ginjal sampai Otak

Komplikasi berbahaya akibat keracunan makanan yang bisa menyerang ginjal dan otak.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Keracunan makanan (food poisoning) kerap menjadi problem kesehatan di masyarakat, yang membuat seseorang sampai dilarikan ke rumah sakit. Tak jarang kejadian keracunan makanan massal seperti di pesta atau acara tertentu. 

Kondisi keracunan makanan merupakan salah satu jenis penyakit bawaan makanan, yang diderita seseorang akibat sesuatu yang dimakan atau diminumnya. Penyebabnya adalah kuman atau benda berbahaya lainnya dalam makanan atau minuman.

Gejala keracunan makanan sering kali meliputi sakit perut, diare, dan muntah. Gejala biasanya dimulai dalam hitungan jam atau beberapa hari setelah konsumsi makanan. Kebanyakan orang mengalami penyakit ringan dan sembuh tanpa pengobatan.

Terkadang, keracunan makanan menyebabkan penyakit parah atau komplikasi.

Gejala Keracunan Makanan Bervariasi

Secara rinci, gejala keracunan makanan bervariasi, tergantung pada apa yang menyebabkan penyakit. Gejala-gejala yang umum, sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic, yakni:

  • Sakit perut
  • Muntah
  • Diare
  • Diare dengan tinja berdarah
  • Sakit perut dan kram
  • Demam
  • Sakit kepala

Keracunan makanan yang lebih jarang terjadi memengaruhi sistem saraf dan dapat menyebabkan penyakit yang parah. Gejalanya mungkin termasuk:

  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Sakit kepala
  • Kehilangan gerakan pada anggota tubuh
  • Gangguan menelan
  • Kesemutan atau mati rasa pada kulit
  • Kelemahan
  • Perubahan suara

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapan Harus ke dokter?

Bayi dan anak-anak

Muntah dan diare dapat dengan cepat menyebabkan rendahnya kadar cairan tubuh, yang juga disebut dehidrasi pada bayi dan anak-anak. Hal ini dapat menyebabkan penyakit serius pada bayi.

Hubungi penyedia layanan kesehatan anak Anda jika gejala anak Anda termasuk muntah dan diare dan salah satu dari yang berikut ini:

  1. Perubahan perilaku atau pemikiran yang tidak biasa
  2. Rasa haus yang berlebihan
  3. Sedikit atau tidak buang air kecil
  4. Kelemahan
  5. Pusing
  6. Diare yang berlangsung lebih dari satu hari
  7. Sering muntah
  8. Tinja yang mengandung darah atau nanah
  9. Tinja yang berwarna hitam atau keras
  10. Nyeri hebat pada perut atau dubur
  11. Demam pada anak di bawah usia 2 tahun
  12. Demam 38,9 derajat Celsius atau lebih tinggi pada anak yang lebih besar
  13. Riwayat masalah medis lainnya

Orang dewasa

Orang dewasa harus menemui penyedia layanan kesehatan atau mendapatkan perawatan darurat jika hal-hal berikut ini terjadi:

  1. Gejala sistem saraf, seperti penglihatan kabur, kelemahan otot, dan kesemutan pada kulit
  2. Perubahan dalam pemikiran atau perilaku
  3. Demam 39,4 derajat Celsius
  4. Sering muntah
  5. Diare yang berlangsung lebih dari tiga hari
  6. Gejala dehidrasi, rasa haus yang berlebihan, mulut kering, buang air kecil sedikit atau tidak sama sekali, lemas, pusing, atau pusing

Penyebab Keracunan Makanan

Banyak kuman atau benda berbahaya, yang disebut kontaminan, dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan. Makanan atau minuman yang mengandung kontaminan disebut "terkontaminasi". 

Makanan dapat terkontaminasi oleh salah satu dari yang berikut ini:

  • Bakteri
  • Virus
  • Parasit yang dapat hidup di usus
  • Racun, juga disebut racun
  • Bakteri yang membawa atau membuat racun
  • Jamur yang membuat racun
3 dari 4 halaman

Bagaimana Makanan Menjadi Terkontaminasi?

Makanan dapat terkontaminasi di titik mana pun, mulai dari peternakan atau perikanan hingga sampai ke meja makan. Masalahnya dapat dimulai saat penanaman, pemanenan atau penangkapan, pengolahan, penyimpanan, pengiriman, atau persiapan.

Makanan dapat terkontaminasi di mana saja, termasuk di rumah, karena:

1. Cuci tangan yang buruk

Kotoran yang tertinggal di tangan setelah menggunakan toilet dapat mencemari makanan. Kontaminan lain dapat berpindah dari tangan saat menyiapkan makanan atau menyajikan makanan.

Tidak mendisinfeksi area memasak atau makan pisau, talenan, atau peralatan dapur lainnya yang tidak dicuci dapat menyebarkan kontaminan.

2. Penyimpanan yang tidak tepat

Makanan yang dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan dapat terkontaminasi. Makanan yang disimpan di lemari es terlalu lama dapat membusuk. Selain itu, makanan yang disimpan di lemari es atau freezer yang terlalu hangat juga dapat rusak.

3. Komplikasi Keracunan Makanan

Sebagian besar orang dewasa yang sehat, komplikasi jarang terjadi. Komplikasi tersebut dapat meliputi hal-hal berikut ini.

Dehidrasi

Komplikasi yang paling umum adalah dehidrasi. Ini adalah kehilangan cairan, garam dan mineral yang parah. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi.

Sebagian besar orang dewasa yang sehat dapat minum cukup cairan untuk mencegah dehidrasi. Anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau penyakit lain mungkin tidak dapat mengganti cairan yang hilang. 

Mereka lebih mungkin mengalami dehidrasi. Orang yang mengalami dehidrasi mungkin perlu mendapatkan cairan langsung ke dalam aliran darah di rumah sakit. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kerusakan organ, penyakit berat lainnya dan kematian jika tidak ditangani.

4 dari 4 halaman

Komplikasi Penyakit Sistemik

Beberapa kontaminan dapat menyebabkan penyakit yang lebih luas di dalam tubuh, yang juga disebut penyakit sistemik atau infeksi. Lebih sering terjadi pada orang yang berusia lebih tua, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, atau kondisi medis lainnya. 

Infeksi sistemik dari bakteri bawaan makanan dapat menyebabkan:

1. Pembekuan darah di ginjal

E. coli dapat menyebabkan pembekuan darah yang menyumbat sistem penyaringan ginjal. Kondisi ini, yang disebut sindrom uremik hemolitik, mengakibatkan kegagalan ginjal secara tiba-tiba untuk menyaring limbah dari darah. Lebih jarang, bakteri atau virus lain dapat menyebabkan kondisi ini.

2. Bakteri dalam aliran darah

Bakteri dalam darah dapat menyebabkan penyakit dalam darah itu sendiri atau menyebarkan penyakit ke bagian tubuh lainnya.

3. Meningitis

Meningitis adalah peradangan yang dapat merusak selaput dan cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

4. Sepsis

Sepsis adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit sistemik yang merusak jaringan tubuh.

Menghindari Keracunan Makanan

Pilih bahan makanan dengan bijak

Menghindarkan keracunan makanan dilakukan mulai saat Anda berbelanja makanan. Pastikan memilih bahan makanan yang bijak dan fresh. 

Jangan lupa membukus daging dan memisahkan dengan makan lain. Setelah sampai di rumah, letakan di dalam lemari es, jika belum ingin dimasak. Jangan lupa perhatikan tanggal kedaluwarsa.

Cuci sebelum memasaknya

Sebelum memasak, semua bahan makanan perlu dicuci dengan benar. Bahkan, setelah mengupas bahan makanan sekalipun, langkah pencucian harus dilakukan. Bisa saja zat patogen masuk ke dalam makanan tersebut, dikutip dari informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Selalu cuci tangan

Sangat penting untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun, sebelum atau setelah menyiapkan makanan. Terlebih lagi, setelah memegang hewan, cuci tangan hingga bersih. Jangan lupakan untuk membersihkan peralatan memasak yang akan digunakan.

Pisahkan makanan

Memisahkan makanan mentah dan jadi akan menghindarkan terjadinya kontaminasi. Selain itu, antara daging mentah dan makanan laut mentah juga harus dipisahkan, jika disimpan dalam lemari es. Tempatkan pada wadah tertutup.

Saat memasak lebih baik menggunakan talenan yang berbeda, untuk sayuran, daging dan makanan laut. Buang segera makanan yang kadaluarsa, basi atau membusuk.

Masak makanan hingga benar-benar matang

Memasak dengan benar akan menghindarkan Anda dari keracunan makanan. Pasalnya, cara memasak yang benar akan membunuh semua bakteri yang terkandung, terlebih pada bahan laut dan daging.

Untuk memasak daging tidak perlu matang hingga luar dalam. Hanya persiapannya saja lebih higienis. Sedangkan untuk memasak ikan perhatikan tingkat kesegarannya. Semakin lama ikan terpapar udara atau mati, maka semakin lama memasaknya.

Panaskan sebelum dihidangkan

Jika ada makanan tersisa dan berencana untuk menyantapnya kembali, maka Anda harus memanaskannya terlebih dahulu. Makanan yang tidak dipanaskan berisiko timbul patogen yang menyebabkan keracunan makanan. Namun tidak semua makanan bisa dipanaskan ulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini