Sukses

Kandungan Blewah serta Manfaat, Salah Satunya Bagus untuk Kesehatan Jantung

Buah blewah dikenal sebagai salah satu yang segar, cocok untuk dikonsumsi saat panas-panas seperti akhir-akhir ini.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Buah blewah (Cantalupensis) adalah anggota keluarga labu. Blewah juga masih berkerabat dekat dengan melon. Oleh karena itu, buah ini akrab disebut melon di wilayah Amerika Serikat.

Kandungan airnya yang tinggi, membuatnya blewah lebih menyegarkan dinikamti ketika cuaca panas. Selain itu kaya akan antioksidan.

“Blewah kaya akan antioksidan, yang berkontribusi terhadap manfaat kesehatannya,” ungkap ahli diet, Kristin Gillespie, MS, RD, LD, CNSC.

Blewah juga mengandung sedikit kalori per porsi, namun tetap mengandung sejumlah nutrisi penting.

“Nutrisi terpenting dalam blewah termasuk vitamin A, C, potasium, dan folat,” jelas dokter naturopati berlisensi, Bethany Tennant, ND.

“Nutrisi ini membantu kulit, fungsi kekebalan, keseimbangan elektrolit, dan sel,” lanjutnya dilansir dari Everyday Health.

Berdasarkan United States Departement of Agriculture (USDA), satu porsi blewah (100 g) mengandung:

  • · Kalori 38 g
  • · Protein 0,82 g
  • · Lemak 0,18 g
  • · Karbohidrat 8,69 g
  • · Serat 0,8 g
  • · Gula 7,88 g
  • · Kalsium 9 mg
  • · Besi 0,38 mg
  • · Kalium 157 mg
  • · Natrium 30mg

Menurut National Institutes of Health, seperti produk berwarna oranye lainnya, blewah juga merupakan sumber karotenoid senyawa yang dikaitkan dengan kesehatan mata terkait usia.

Kandungan blewah tentu diiringi dengan manfaat yang muncul ketika dikonsumsi. Berikut adalah empat manfaat blewah yang jarang diketahui orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blewah Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut Gillespie,mengonsumsi blewah dapat melindungi jantung. Hal ini disebabkan oleh potasium dan antioksidan seperti vitamin A dan C pada buah tersebut.

Sebuah penelitian selama delapan minggu mengevaluasi biomarker inflamasi pada orang dewasa yang mengikuti diet DASH. Mereka menyimpulkan, bahwa pola makan kaya buah dan sayuran menurunkan risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Temuan ini pun akhirnya dipublikasikan di Annals of Internal Medicine pada Juni 2020.

Lalu menurut meta analisis yang terbit di Circulation pada April 2021, rekomendasi lima kali sehari untuk buah dan sayuran, mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian terkait.

 

3 dari 4 halaman

Menigkatkan Kesehatan Mata

Blewah mengandung vitamin A yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan mata.

California Cantaloupe Advisory Board mencatat, bahwa buah ini juga kaya akan sumber lutein dan zeaxanthin. Jika digabungkan, kedua antioksidan ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

 

Menyehatkan Usus

Blewah dianggap sebagai salah satu buah yang lebih ramah usus, karena kandungan seratnya lebih rendah. University Health Network, Kanada menyebut, ketika mengalami diare sebaiknya konsumsi 1/3 hingga blewah sebagai salah satu buah yang aman untuk dikonsumsi.

Menurut Klinik Cleveland, penderita sindrom iritasi usus besar disarankan untuk mengonsumsi blewah, karena dianggap rendah fruktosa.

“Mengonsumsi ¾ blewah dapat sebagai alternatif musim panas untuk penderita penyakit radang usus, atau pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan,” jelas Tennant.

 

 

4 dari 4 halaman

Membantu Menyembuhkan Luka Bakar Sinar Matahari

 

Mengutip dari VerywellFit, blewah memberikan efek fotoprotektif ketika dikonsumsi atau dioleskan pada kulit. Ketika dioleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Ekstrak blewah meningkatkan aktivitas antioksidan, mengurangi sel-sel yang terbakar sinar matahari, dan meningkatkan kadar melanin.

Meskipun makan blewah tidak menggantikan kebutuhan akan perlindungan terhadap sinar matahari, hal ini dapat memberikan bantuan ekstra pada tubuh saat penyembuhan dari sinarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini