Sukses

Farida Nurhan vs Codeblu, Ini Alasan Seseorang Malah Bawa Fisik Orang Lain di Saat Terpojok

Farida Nurhan diduga melakukan doxing dengan menertawakan wajah yang diduga Codeblu

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum perseteruan dengan Codeblu sampai ke ranah hukum, food vlogger Farida Nurhan sempat bikin warganet gerah. Hal ini lantaran wanita yang karib disapa Omay dituding melakukan doxing dengan membongkar identitas Codeblu.

Di dalam video yang tersebar luas di TikTok, Instagram, hingga Twitter (X), Farida Nurhan terlihat berkali-kali menertawakan foto yang dilihat di ponselnya.

Diduga foto yang sedang dilihat Omay adalah wajah Codeblu. Pria misterius yang nyaris tidak pernah menongolkan wajahnya ketika sedang review makanan.

"Hah ya Allah, ini? Don't worry ... Ya Allah, tak pikir kayak chef Juna. Makanya enggak pakai video, enggak pakai foto, sok-sok bisa nge-review, sok-sok ngerti FnB," katanya sambil tertawa-tawa ketika melihat ponselnya.

"Kok kayak dukun ini? Kok kayak dukun, lagi ngapain sampean?" sambungnya masih diiringi tawa.

Sebenarnya, video yang sempat diunggah di TikTok @farida.nurhan sudah dihapus. Namun, warganet keburu menyimpannya, dan tidak sedikit yang kemudian mengunggahnya kembali.

Sampai-sampai nama Farida Nurhan sempat menjadi trending topic Twitter.

Warganet yang melihat video tersebut keheranan dengan sikap Omay yang malah membawa fisik Codeblu. Padahal, Codeblu tidak ada sama sekali menyerang wanita yang pernah menjadi TKW di Hong Kong tersebut.

"Sudah ngerasa buntu kayaknya sampai menyerang privasi," tulis akun @soju****

Tidak lama berselang, warganet kembali dibikin empet oleh sikap Farida Nurhan yang langsung mengeluarkan jurus bawa-bawa keluarga ketika sudah terdesak.

"Tipikal kalau diserang balik, enggak ada senjata buat nyerang balik lagi, jadinya bawa-bawa keluarga biar orang simpati," kata warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Seseorang Kayak Farida Nurhan Malah Menyerang Fisik Lawannya

Sebenarnya, apa yang terjadi sama Farida Nurhan dilakukan juga oleh banyak orang ketika dirinya sedang terpojok.

Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga dari TigaGenerasi mengungkap alasan seseorang seringkali blunder hingga menyinggung fisik yang menjadi lawannya.

Sebab, pada saat terancam, secara psikologis individu by default akan melakukan strategi baik mental maupun kognitif untuk meregulasi perasaan dan memertahankan diri.

"Bentuk strateginya itu yang beragam. Ada yang menyalahkan orang lain, menyalahka diri sendiri, mengulang-ulang terus emosi negatif, atau memikirkan output negatif berlebihan dan merasa enggak berdaya," kata Ayoe saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat pada Rabu 27 September 2023.

"Ada juga cara yang lebih adaptif seperti accpetance (penerimaan), fokus untuk memperbaiki masalah, atau fokus pada hal positif dari masalah," dia menambahkan.

Sementara untuk kasus yang menimpa Farida Nurhan, Ayoe menduga yang dilakukannya adalah strategi menyalahkan orang lain dengan cari kelemahan orang lain.

"Termasuk bawa-bawa fisik bagian dari cari lemahnya orang itu apa. Kalau kemudian tersudut lalu bawa-bawa keluarga, balik lagi, itu bentuk strategi mental dan emosi untuk mempertahankan diri," ujarnya.

Adapun tujuannya, lanjut Ayoe, guna mendapat dukungan sosial dari orang-orang yang satu kelompok dengan individu tersebut.

"Sebab, simpati dari kelompok yang memiliki identitas sosial yang sama dengan individu tersebut (sama-sama ibu, misalnya) diharapkan dapat memperkuat rasa keterikatan dan dukungan dari kelompok yang sama tersebut," katanya.

"Dukungan tersebut diharapkan membantu individu merasa lebih baik secara emosi," pungkas Ayoe.

3 dari 3 halaman

Awal Mula Kasus Farida Nurhan VS Codeblue

Isu ini berawal dari video TikTok review jujur di rumah makan bernama Madun Oseng - Nyak Kopsah oleh @makanlurr. Farida Nurhan tampak mengomentari gaya review akun tersebut.

Video tersebut cukup menarik perhatian hingga pemilik rumah makan yang dikenal dengan Bang Madun pun melakukan klarifikasi ke publik. Video @makanlurr tersebut juga mengundang food reviewer lain untuk datang ke kedai makanan Betawi itu, termasuk di antaranya Codeblu.

Puncaknya aksi Farida Nurhan membela rumah makan Bang Madun ketika dia kembali mengomentari review yang dilakukan Codeblu. Bahkan, komentarnya itu berbuntut pada hinaan fisik yang dinilai keluar jalur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini