Sukses

Cara Membangun Kepercayaan dalam Sebuah Hubungan

Kepercayaan adalah fondasi dari banyak aspek hubungan yang solid.

Liputan6.com, Jakarta - Apa hal yang sulit dibangun, mudah dirusak, namun sangat penting bagi hubungan? Ya, kepercayaan.

"Kepercayaan adalah fondasi dari banyak aspek hubungan yang solid." Kata Theresa Herring, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi. 

Tak dimungkiri bahwa kepercayaan memegang peran penting dalam hubungan apa pun, baik itu hubungan keluarga, pertemanan, kerja, hingga asmara. 

Simak tips berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara membangun kepercayaan dalam suatu hubungan, melansir Women's Health pada Rabu, 20 September 2023:

1. Menemani pasangan saat membutuhkan 

Ketika seseorang sedang merasakan pahitnya kehidupan, ada baiknya jika ada seseorang lain yang bisa ikut merasakan kepahitan tersebut bersama. 

Ketika momen ini terjadi, hadir untuk pasangan dan memprioritaskan kebutuhan emosionalnya sangatlah penting.

"Jika pasanganmu tahu bahwa kamu akan mengakui perasaannya dan menghindari sikap protektif, maka akan mudah memercayai emosinya," kata Herring. 

Dan, kemungkinan besar, seseorang menginginkan pasangan yang bisa selalu ada saat ia sedang mengalami masalah. 

2. Bersikap responsif

Semua orang pasti pernah merasakan perasaan yang menyedihkan ketika tidak mempunyai tempat untuk berkeluh kesah.

Perasaan itu pasti menjadi perasaan terburuk yang pernah ada. Ditambah lagi, ini jelas bukan cara yang tepat untuk membangun kepercayaan.

“Menyesuaikan diri melibatkan penggunaan komunikasi non-verbal dan verbal untuk menunjukkan bahwa kamu memperhatikan pasangan dan apa yang mereka ungkapkan penting bagimu." Ucap Shawntres Parks, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi.

3. Konsisten dan Komitmen

Untuk membangun rumah yang kokoh, kamu harus meletakkan bata demi bata agar terasa seperti sebuah rumah. 

Demikian juga dengan hubungan. Komitmen dan konsisten dari individu yang terlibat, seiring berjalannya waktu dapat menghindari munculnya banyak keraguan dan stres.

“Apa pun yang kamu lakukan untuk membangun hubungan positif harus dilakukan berulang-ulang,” kata Parks. Berkomitmenlah untuk melakukan hal-hal yang kamu katakan akan dilakukan. Konsistensi adalah untuk jangka panjang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Barkan Pasangan Melewati Batasan

4. Prioritaskan waktu berkualitas

“Memprioritaskan waktu berkualitas memberi kamu lebih banyak peluang untuk berlatih menjadi mudah dikenali secara emosional, responsif, dan terlibat,” kata Parks.

 “Waktu yang berkuaalitas juga membantu kamu dan pasangan membangun kesadaran tentang batasan pribadi dan ekspektasi hubungan.”

5. Tetapkan batasan

Ketika mencintai seseorang, kita perlu menetapkan batasan atas apa yang menjadi hak-hak kita. 

Menetapkan batasan akan membantu pasangan untuk memperlakukanmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. 

“Tanpa mengetahui batasan, kemungkinan besar pasangan akan melakukan atau mengatakan sesuatu yang melanggar salah satu atau banyak batasan tersebut,” kata Parks.

 

3 dari 4 halaman

Saling Menghormati dan Terbuka

6. Saling menghormati

Tentu saja, ini seperti aturan pertama dalam hidup manusia, tetapi hal ini sering kali dianggap remeh. 

"Meremehkan, mengkritik, dan membentak mengikis kepercayaan dengan cepat," kata Herring. "Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat membuat pembangunan kepercayaan kembali menjadi hampir mustahil."

Buatlah aturan dengan setuju untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak dapat ditoleransi. Jadi, jika tindakan tersebut saling menghina atau mencaci satu sama lain, kenali tindakan-tindakan yang ingin kamu hindari. 

7. Bersikaplah terbuka 

Untuk hal-hal besar, Lisa Firestone, PhD, seorang psikologi klinis dan editor senior di PsychAlive, mengatakan penting bagi pasangan untuk merasa terbuka satu sama lain dan membicarakan masalah secara tersusun.

Perjuangan adalah bagian dari menjalin hubungan, namun dengan landasan yang kuat, kamu bisa tumbuh kembali bersama dan memasuki masa depan bersama pasanganmu dengan saling menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap satu sama lain.

 

4 dari 4 halaman

Akui Kesalahan Satu Sama Lain

8. Akui kesalahan

Ketika kamu adalah pihak yang salah, penting untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf, kata Murray. 

Untuk mencegah keraguan lain muncul, Murray menyarankan agar pasangan lebih bertanggung jawab satu sama lain dan lebih sering memberi tahu. 

10. Terbuka terhadap masukan

Firestone mengatakan penting bagi pasangan untuk merasa terbuka satu sama lain dan membicarakan masalah sekecil apapun secara positif.

11. Sampaikan masalah yang terjadi 

Ketika ada sesuatu dalam hubungan yang mengganggu, jangan dibiarkan. Komunikasikan dengan pasangan mengenai masalah yang terjadi. 

Dengan cara ini, "pasanganmu tidak perlu khawatir bahwa suasana hatinya sedang buruk, dan dia bisa lebih mudah berada di sisimu," kata Herring. "Komunikasi yang baik dapat membangun kepercayaan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini