Sukses

Tanggal 11 September Hari Pekan Kesehatan Seksual, Warga Inggris Lakukan Tes HIV

Peringatan Hari Pekan Kesehatan Seksual di Inggris mulai tanggal 11 September.

Liputan6.com, Inggris - Pada tanggal 11 September ternyata diperingati sebagai Hari Pekan Kesehatan Seksual (Sexual Health Week) di Inggris. Peringatan kesadaran terhadap kesehatan seksual ini mulai tanggal 11 September sampai 17 September 2023.

Sebagai bagian dari Pekan Kesadaran Kesehatan Seksual Nasional atau National Sexual Health Awareness Week, Inggris menekankan pentingnya memperlakukan kesehatan seksual secara serius.

Salah satu upaya adalah warga Inggris melakukan pemeriksaan rutin kesehatan seksual, tes HIV, dan pengecekan Infeksi Menular Seksual (IMS), serta meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang berkaitan dengan hubungan intim yang sehat.

Sejarah Pekan Kesehatan Seksual

Pekan Kesehatan Seksual lahir dari keyakinan bahwa setiap orang berhak mendapatkan kehidupan seksual yang baik. Informasi kesehatan dan kesejahteraan seksual harus dapat diakses secara luas.

Pada tahun 2010, kampanye kesehatan seksual pertama yang ditujukan untuk orang berusia di atas 50 tahun diluncurkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan kekhawatiran di Inggris tentang anak-anak yang diperkenalkan dengan seks pada usia dini. Kemunculan tema-tema sensual dalam video musik populer meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dikutip dari National Today, Senin (11/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memperingati Pekan Kesehatan Seksual

Berikut ini cara memperingati Pekan Kesehatan Seksual di Inggris:

1. Pelajari lebih lanjut tentang kesehatan seksual

Temukan hal-hal tentang diri Anda yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Pelajari lebih lanjut tentang kesehatan dan kebugaran seksual Anda sehingga Anda selalu mendapatkan informasi terbaru.

2. Dorong orang lain untuk melakukan percakapan terbuka

Jangan takut untuk terlibat dalam percakapan dengan orang lain dan mengedukasi mereka. Doronglah orang lain untuk melakukan percakapan yang terbuka dan positif tentang kesehatan dan kebugaran seksual mereka.

3. Aktif ikut kegiatan pekan kesehatan seksual

Ikuti kegiatan yang memberi Anda sumber daya dan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk memberikan pendidikan seksual yang menarik dan inklusif. Ini bisa berupa webinar, seminar, pelatihan atau apapun.

3 dari 4 halaman

5 Kunci Kesehatan Seksual

Ada 5 kunci kesehatan seksual yang perlu diketahui, antara lain:

1. Ini adalah tentang kesejahteraan

Dalam hal kesehatan seksual, kesejahteraan lebih penting daripada tidak adanya penyakit.

2. Kebebasan

Rasa menghargai, aman, dan kebebasan dari prasangka dan pelecehan merupakan aspek penting dari kesehatan seksual.

3. Pemenuhan hak asasi manusia

Pemenuhan hak asasi manusia diperlukan untuk menjaga kesehatan seksual seseorang.

4. Berlangsung seumur hidup

Kesehatan seksual penting sepanjang hidup seseorang, tidak hanya bagi mereka yang sedang dalam masa reproduksi, tetapi juga bagi mereka yang lebih muda atau lebih tua.

5. Terwujud dalam berbagai cara

Kesehatan seksual dapat dimanifestasikan dalam beberapa cara, termasuk melalui berbagai seksualitas dan ekspresi seksual.

4 dari 4 halaman

Mengapa Pekan Kesehatan Seksual Penting?

Ada beberapa alasan peringatan Pekan Kesehatan Seksual di Inggris dinilai penting, yaitu:

A. Mengajarkan tentang seks

Pekan Kesehatan Seksual mengajarkan tentang seks. Orang yang sadar terhadap kesehatan seksual lebih mungkin untuk melakukan hubungan seks atas dasar suka sama suka saat pertama kali berhubungan seks.

B. Mencegah kehamilan yang tidak direncanakan dan Infeksi Menular Seksual

Pekan Kesehatan Seksual membantu mencegah kehamilan karena orang-orang belajar lebih banyak tentang dan menggunakan kondom dan kontrasepsi. Hal ini menurunkan tingkat kehamilan yang tidak direncanakan dan infeksi menular seksual.

C. Mengajarkan kesehatan seksual yang positif

Kesehatan seksual sangat penting bagi tubuh dan pikiran. Hal ini dapat membantu kita untuk tidak terburu-buru dalam berhubungan seks jika kita tidak merasa siap, apapun tekanan yang diberikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini