Sukses

6 Cara Menyisir Rambut yang Benar agar Tak Rontok

Menyisir rambut memiliki cara yang berbeda-beda tergantung pada jenis rambut yang kamu miliki

Liputan6.com, Jakarta - Cara menyisir rambut setiap orang berbeda-beda, ini karena dipengaruhi oleh jenis rambut yang dimiliki seperti ketebalan, tekstur dan panjang rambut. Selain itu, jenis sisir yang kamu gunakan pun sebaiknya disesuaikan berdasarkan jenis rambut.

Simak tips berikut ini tentang cara menyisir rambut yang benar menurut ahli, dilansir dari Teen Vogue.

1. Jangan Menyisir Rambut Terlalu Sering

Mitos mengatakan perlunya menyisir rambut sebanyak 100 kali sehari untuk membuat rambut lebih berkilau. Ternyata pendapat itu tidak benar. Faktanya, terlalu sering menyisir rambut dapat menyebabkan kerusakan.

Menyisir rambut secara berlebihan akan mengangkat kutikula rambut dan merusaknya, sehingga membuat rambut tampak kusam. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyisir rambut secukupnya saja agar tidak kusut.

2. Jika Memiliki Rambut Keriting, Gunakan Jari Untuk Menyisir

Jika memiliki rambut keriting atau bergelombang, hairstylist Matt Fugate mengatakan tanganmu adalah alat terbaik untuk menyisir.

Berikut cara menyisir rambut keriting: Oleskan kondisioner pada jari dan gunakan jari untuk menyisir rambut yang kusut. Atau, kamu dapat menyisir helaian rambut dengan sikat dayung untuk menyisir rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips untuk Rambut Keriting

3. Hindari Menyisir Rambut Keriting Setelah Kering

“Setelah rambut kering sebaiknya tidak usah disisir,” kata hairsytlist Tippi Shorter.

 4. Jika Rambutmu Sedikit Bergelombang atau Lurus, Bisa Saat Basah atau Kering

Orang dengan rambut lurus atau sedikit bergelombang dapat menyisir rambut dengan aman saat basah atau kering.

Cara Menyisir Rambut Lurus Saat Basah

  • Pertama, aplikasikan kondisioner tanpa bilas. Perhatikan pemilihan produk kondisioner untuk jenis rambut halus dan tebal.
  • Siapksan sisir
  • Mulai sisir dari bawah dan lanjutkan ke atas.  

Cara Menyisir Rambut Lurus Saat Kering

Gunakan sisir dengan bulu lembut agar tidak membuat kerusakan pada kulit kepala.

3 dari 3 halaman

Bersihkan Sisir

5. Saat Mengeringkan Rambut Lurus, Gunakan Sisir Apa Saja

Mengenai sisir apa yang digunakan saat mengeringkan rambut lurus, semuanya boleh saja digunakan. Kamu dapat menggunakan berbagai macam sisir dan sikat untuk menyisir rambutmu. "Gunakan dayung, bulu campuran, atau sisir logam saat mengeringkan rambut lurus," kata penata rambut Tippi Shorter.

6. Bersihkan Sisir Secara Rutin

Apa pun jenis rambut yang kamu miliki atau sisir yang digunakan. Selalu bersihkan sisir rambutmu secara teratur. Hal ini mengingat sisir menempel pada produk dan kotoran yang kamu sisir setiap hari. 

Jika kamu tidak menjaga sikat rambut tetap bersih, kamu akan menyisirkembali kotoran tersebut ke rambutmu yang sudah bersih

Bersihkan sikat rambut setiap dua minggu. Rendam dalam campuran air dan cairan pembersih selama tiga hingga empat menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.