Sukses

Tampil Awet Muda dengan 5 Gerakan Ini, Cukup Lakukan 10 Menit

Tidak hanya tubuh yang perlu gerakan agar terlihat bugar, wajah juga perlu sedikit gerakan untuk mengencangkan otot-otot yang membuat wajah terlihat lebih muda.

Liputan6.com, Jakarta - Tampil awet muda menjadi impian setiap orang, berbagai macam cara diupayakan agar wajah terlihat lebih muda dari usianya saat ini. Agar wajah terlihat awet muda tidak selalu merogoh kocek yang besar hingga jutaan, seperti yoga wajah misalnya. Yoga wajah tidak mengeluarkan uang untuk melakukannya, cukup lakukan dari rumah dan secara rutin agar mendapatkan hasil yang diharapkan. 

Sama seperti tubuh yang memerlukan gerakan seperti gym, wajah juga memerlukan sedikit gerakan yang disebut yoga wajah. Gerakan ini berguna untuk mengencangkan otot pada wajah agar terlihat lebih muda dari usia saat ini. 

Hal ini diyakinkan oleh dokter yang mempunyai klinik perawatan kulit microbiome dan pendukung yoga wajah di San Francisco yaitu Elsa Jungman, PhD. Dilansir dari Everday Health, Elsa menyebut tujuan yoga wajah ini untuk meningkatkan sirkulasi darah agar wajah bersinar sehat, serta mengurangi stres dan ketegangan di wajah.

“Semua aktivitas sehari-hari ini menyebabkan pola dalam cara kita menggunakan wajah dan otot yang direkut," ujarnya.

Ekspresi wajah yang serius ketika melakukan pekerjaan, menimbulkan ketegangan pada wajah. Sehingga adanya yoga wajah ini untuk memberikan sedikit sentuhan yang lembut agar hilangnya pola-pola ketegangan di wajah.

Yoga wajah memberikan solusi pengencangan kulit. Adapun beberapa gerakannya yang sederhana bisa dilakukan di rumah, berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Cara Yoga Wajah Agar Terlihat Awet Muda

Pada studi JAMA Dermatology mencatat agar melakukan yoga wajah selama 10 menit setiap hari untuk pemula. Selanjutnya meningkat jadi 15 hingga 20 menit sehari pada bagian berikut :

1. Lakukan Gerakan Mulut O

Buka mulut dengan bentuk O. Usahakan untuk tersenyum dengan posisi bibir di atas gigi, agar mengangkat otot pipi. Lalu letakan jari telunjuk secara perlahan di atas otot pipi di bawah mata. Lakukan secara berulang sebanyak 10 kali, jika sudah 10 kali angkat oto pipi selama 20 detik dan ulangi sebanyak 3 kali.

2. Tersenyum 

Gerakan tersenyum tanpa terlihat gigi dan bibir dilakukan sebanyak-banyaknya. Bantu dengan dorongan jari telunjuk dari sudut mulut ke atas tulang pipi. Tahan selama 20 detik dan lakukan sebanyak 3 kali.

3. Mengangkat Alis

Tekan tiga ujung jari dari bawah masing-masing alis untuk memaksa mata terbuka. Kemudian tutup mata dan putar bola mata ke arah atas kepala selama 20 detik sambil tersenyum dan ulangi selama 3 kali.

4. Mengangkat Rahang

Lakukan dengan buka mulut sambil berkata "aah" posisi wajah terangkat. Lalu lipat bibir ke dalam mulut saat menunduk. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali, dan saat gerakan ke 10 tahan posisi kepala di atas selama 20 detik.

5. Memegang Pelipis

Tekan ujung jari ke pelipis dan gerakan ke arah telinga sebanyak 3 kali. Gerakan ini dibantu dengan menurut mulut sambil meratakan gigi atas dan bawah selama 10 detik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lakukan Yoga Wajah

Pada acara Happy Face Yoga dan Face Yoga Methohod di Amerika, dikatakan yoga wajah memberikan manfaat yang membantu menghilangkan efek ketegangan di wajah. Namun selain itu yoga wajah memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Melepaskan ketegangan, yang dapat menghilangkan garis kerutan
  • Mengencangkan otot-otot wajah yang akan melebarkan mata, mengangkat pipi, dan mengencangkan garis rahang
  • Meningkatkan sirkulasi dan aliran darah pada kulit, sehingga kulit menjadi bersinar
  • Menghaluskan garis-garis halus di wajah

Manfaat yoga wajah dibenarkan oleh sejumlah ahli, mereka mereka sangat merekomendasikan yoga wajah dilakukan oleh setiap orang. 

"Tujuan dari yoga wajah adalah untuk meningkatkan suplai darah dan oksigen ke kulit Anda, sehingga meningkatkan kehidupan sel" ujar dokter kulit Deborah Longwill, DO, pendiri Doctor's Daughter bersertifikat di Miami Center for Dermatology.

Lucy Chen, MD yang juga dokter kulit Riverchase Dermatology di Miami menambahkan, bahwa cara mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan melakukan pelatihan wajah seperti yoga wajah ini. Karena yoga wajah memberikan efek pengencangkan otot yang bisa meremajakan kulit.

4 dari 4 halaman

Risiko Lainnya Kemungkinan Terjadi

Karena belum banyak peneliti yang mencatat mengenai yoga wajah ini, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah sebaliknya pada wajah. Beberapa ahli kurang yakin dengan gerakan ini, menurutnya yoga wajah malah akan memberikan efek menambah kerutan di wajah.

Terlebih American Academy of Dermatology sebut agar tidak menyentuh wajah dengan tangan, karena dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal tersebut disebabkan tangan yang berkeringat dan kotor ketika menyentuh wajah bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Namun masalah tersebut bisa diminimalisir dengan mencuci tangan sebelum memegang wajah. Kemudian mulai gerakan yoga wajah yang telah disarankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.