Sukses

Kurangi Sampah Plastik, Penumpang LRT Bisa Isi Ulang Air Minum Gratis di 2 Stasiun Ini

Kurangi penggunaan botol plastik, penumpang LRT Jabodebek bisa isi ulang air minum di dua stasiun berikut.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pada 18 Agustus 2023.

LRT adalah transportasi publik yang melintasi 18 stasiun, termasuk wilayah Cibubur dan Bekasi. LRT juga didukung dengan fasilitas seperti toilet, akses disabilitas, mushola, area makan dan minum, nursery room, hingga klinik.

Sebagai alat transportasi umum, LRT berpotensi mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya. Pasalnya, banyaknya kendaraan yang digunakan menjadi pemicu kemacetan. Di samping itu, asap dan polusi yang dikeluarkan kendaraan juga berkontribusi pada buruknya kualitas udara akhir-akhir ini.

Tak berhenti di situ, sadar akan banyaknya penggunaan botol plastik dan demi memastikan kenyamanan penumpang, LRT Jabodebek juga menyediakan water station.

Fasilitas ini berfungsi sebagai area pengisian ulang air minum yang dapat dinikmati oleh para penumpang secara cuma-cuma.

Water station dilengkapi water purifier dan tidak menggunakan water dispenser. Berbeda dengan water dispenser yang menggunakan galon guna ulang, water purifier memungkinkan air yang diakses penumpang terjaga kebersihannya dan bebas dari kontaminasi zat berbahaya seperti mikroplastik dan Bisphenol A (BPA).

"Dengan menggunakan water purifier, masyarakat cukup bawa tumbler dan bisa isi ulang air minum dari water purifier," jelas Chief of Marketing Department Coway Indonesia, Jeon Chan dalam keterangan pers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Terpasang di Stasiun Dukuh Atas dan Jati Mulya

Water purifier untuk isi ulang air minum sudah terpasang di Stasiun Dukuh Atas dan Stasiun Jati Mulya per Kamis 10 Agustus 2023. Ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Go Green dari LRT Jabodebek.

Dengan disediakannya water station, penumpang LRT Jabodebek dapat berpartisipasi mengurangi sampah botol plastik.

Dari sisi manajemen fasilitas, pihak LRT Jabodebek juga dimudahkan dengan penggunaan water purifier karena tidak perlu lagi bergantung pada galon guna ulang karena perangkat ini dapat tersambung dengan sumber air perpipaan maupun air tanah.

3 dari 4 halaman

Air Dipastikan Aman Konsumsi

Sebelum dilakukan pemasangan, analisis air dilakukan di Coway Water Quality Laboratory, bagian dari kerja sama Coway dengan Institut Teknologi Bandung.

Hal ini bertujuan untuk memastikan air dari sumbernya memenuhi prasyarat kualitas berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang standar baku mutu kesehatan air.

Alat pemurni air yang ditempatkan pada Stasiun LRT Jabodebek memiliki kapasitas 21.1 liter dengan kemampuan pengisian otomatis sehingga ideal area publik dengan kebutuhan air yang banyak.

Tak hanya menampung dan memurnikan air, alat ini efektif menangkal 106 jenis kontaminan karena memiliki 5 tahap filtrasi, serta memiliki fitur air panas dan air dingin.

4 dari 4 halaman

Rencanan Water Station di 15 Stasiun Lainnya

Dalam waktu dekat, penumpang yang singgah di 15 stasiun lainnya yakni:

  • Setiabudi
  • Rasuna Said
  • Kuningan
  • Pancoran
  • Cikoko
  • Ciliwung
  • Cawang
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
  • Kampung Rambutan
  • Ciracas
  • Harjamukti
  • Halim
  • Jatibening Baru
  • Cikunir 1
  • Cikunir 2
  • Bekasi Barat, dapat turut merasakan kenyamanan mengisi ulang air minum di water station.

Fasilitas yang sama juga telah hadir sejak April 2023 di beberapa stasiun kereta api, di antaranya Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.