Sukses

Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak di Pesawat Selama Penerbangan Jarak Jauh

Memilih satu kursi tertentu akan "meminimalkan gangguan" dalam penerbangan dan menciptakan lingkungan yang tenang untuk tidur siang Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan jarak jauh bisa menjadi tantangan bahkan bagi pelancong yang paling berpengalaman sekalipun, terutama dalam hal mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Berbagai cara dilakukan demi bisa terlelap, mulai dari membuka tablet tidur hingga mode hibernasi penuh dan menutupi diri dengan selimut.

Namun, apakah ada cara untuk menjamin Anda akan tidur nyenyak di pesawat?

Menurut pramugari Etihad, Lieche Klaasens, hal itu mungkin saja!

Rahasianya Terletak pada Pilihan Kursi di Pesawat

Menurut Klaasens, rahasianya terletak pada pemilihan kursi selama penerbangan, dilansir New York Post

Rupanya, memilih satu kursi pesawat di bagian tertentu akan "meminimalkan gangguan" dalam penerbangan dan menciptakan lingkungan yang tenang sehingga memungkinkan Anda tidur.

Jadi kursi di bagian mana kabin pesawat?

“Secara pribadi, saya selalu memilih tempat duduk dekat jendela karena memberikan dinding yang kokoh untuk bersandar dan meminimalkan gangguan dari tamu lain,” katanya kepada 9Honey.

Jendela memberikan permukaan yang kokoh untuk menyandarkan kepala dan tubuh bagian atas Anda, sehingga lebih mudah menemukan posisi tidur yang nyaman. Tidak ada lagi posisi kepala yang canggung atau merosot di kursi Anda!

Pilih Pakaian yang Tepat

Memilih pakaian yang tepat juga bisa memudahkan untuk bersantai, menurut Klaasens. Dia menekankan pentingnya mengenakan pakaian yang nyaman, longgar, dan bernapas serta menghindari hal-hal seperti jeans dan jaket kaku. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutinitas Sebelum Tidur

Dia juga mendorong penumpang untuk tidak menghindar dari alat bantu tidur yang ditawarkan seperti penutup mata yang membantu menghalangi cahaya buatan di pesawat.

Rutinitas Sebelum Tidur Juga Penting

Pramugari lain, Erin Gibson dari Inggris, juga memberi tipnya untuk mendapatkan tidur dalam penerbangan dan semuanya bermuara pada menciptakan rutinitas pra-tidur yang sempurna.

“Pilih beberapa film atau acara TV untuk ditonton untuk menghabiskan waktu, pastikan untuk meregangkan kaki saat Anda bisa dan merasa nyaman dengan kaus kaki, masker mata, dan selimut.

“Baca buku favorit yang akan membantu Anda merasa lebih lelah dan tidur siang,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Bawa Botol Minum Pribadi

Terakhir, pramugari Australia, Claire Smalhorn juga membagikan tipsnya untuk mengoptimalkan kenyamanan di dalam pesawat. Dia merekomendasikan untuk membawa botol air pribadi dan memilih teh herbal daripada kopi atau alkohol.

Dia menambahkan, "Jika Anda bisa, bermeditasi sebanyak mungkin (itu akan sangat membantu penyesuaian kembali tubuh Anda ke tujuan akhir Anda)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini