Sukses

Media Korsel Sebut Film The Moon Ngga Tembus Box Office

Alasan film The Moon yang dibintangi D.O EXO tidak tembus Box Office di Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Media Korea Selatan 'YTN' pada Rabu 9 Agustus 2023 memberitakan bahwa The Moon gagal merajai film box office di sana.

Bagaimana tidak? Di hari ketujuh perilisannya, The Moon hanya mampu menarik 410.000 penonton. 

Sementara Break Even Poin (BEP) untuk film yang menggaet D.O EXO sebagai pemeran utama sebesar 6 juta.

BEP atau dalam bahasa Indonesia disebut titik impas adalah sebuah kondisi di saat tingkat penjualan dan modal yang dipakai berada pada level yang sama.

Dikutip dari situs berita YTN pada Kamis 10 Agustus 2023, kumulatif penonton film The Moon hingga satu hari sebelum tepat satu minggu tayang sebanyak 412.801.

Angka ini diperoleh dari catatan jejaring terintegrasi untuk tiket bioksop dari Komite Promosi Film.

Jumlah Penonton Film The Moon di Korsel

Sedangkan film Korea berjudul 'Unofficial Operation' yang tayang bersamaan dengan The Moon mampu mengantongi jumlah penonton dua kali lipat lebih banyak, yaitu 810.000.

Dibandingkan dengan 'Smugglers' yang dirilis seminggu sebelum The Moon, perbedaannya lebih terasa.

Film bergenre aksi kriminal dengan latar belakang tahun 1970-an berhasil menempati posisi teratas box office selama 14 hari berturut-turut dengan jumlah penoton yang sudah mencapai 3.787.298.

The Moon Dibayangin Concrete Utopia

Selain itu, YTN menulis bahwa film 'Concrete Utopia' (31,1 persen) yang dirilis pada Rabu kemarin, dan 'Oppenheimer' (31,3%) yang baru akan dirilis 15 Agustus mencatat tingkat pemesanan real time gabungan lebih dari 60 persen.

Dan, diharapkan Concrete Utopia masuk dalam jejeran film box office di Korea Selatan.

YTN kemudian menulis bahwa film The Moon diperkirakan akan pamitan bahkan sebelum melewati 1 juta penonton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Media Korea : The Moon Raih Rapor Terburuk

'The Moon' adalah film dengan investasi modal terbesar di antara banyak film yang tayang musim panas ini.

Biaya produksi yang digelontorkan untuk membuat film yang dirilis pada 2 Agustus 2023 di Korea Selatan sebesar kira-kira 28 miliar Won. Anggaran ini sungguh fantastis.

Namun, dengan kumulatif dan tingkat reservasi yang terbilang rendah bila dibanding film-film pesaing lainnya, 'The Moon' disebut YTN menerima rapor terburuk.

Berbagai analisis dilontarkan tentang kegagalan film The Moon.

YTN kemudian menulis, dibanding film sejenis yang tayang 10 tahun lalu di antaranya Gravity (2013), Interstellar' (2014), dan The Martian (2015), The Moon tidak memenuhi ekspektasi yang tinggi dari penonton di sana.

Ada pula yang menyebut bahwa The Moon sibuk memamerkan pencapaian dalam hal penggunaan teknologi CG (grafik komputer) dan VFX (efek khusus visual) berkualitas tinggi.

Sayangnya, The Moon dianggap melewati esensi dan dasar-dasar film yang membuat film ini kehilangan pesonanya.

3 dari 4 halaman

4 Fakta Menarik The Moon yang Dibintangi D.O EXO

Film The Moon tayang di sejumlah bioskop di Indonesia sejak Rabu 9 Agustus 2023. 

Berbeda dengan di Korea, melihat banyaknya review positif hingga membuat film ini trending topic Twiter, dapat dipastikan bahwa The Moon kudu masuk ke dalam list film Korea yang wajib ditonton.

Bahkan, distributor film CBI Picture menyebut bahwa The Moon menjadi film nomor 1 di sejumlah bioskop Tanah Air. 

Akun Twitter @CBIPicture pun mengunggah sebuah video berisi ucapan terima kasih dari D.O EXO.

 

Bagi kamu yang penasaran ingin menonton film ini, simak beberapa fakta menarik tentang film The Moon.

1. Pengalaman D.O EXO di Film Sci-Fi

Mengenai perannya, seperti dikutip dari laman Soompi, Rabu (9/8/2023), D.O. berbagi,"Syuting sangat luar biasa sampai-sampai Anda bisa salah mengira bahwa Anda sebenarnya berada di bulan. Bulan digambarkan secara realistis, jadi tidak ada kesulitan dalam berakting.".

2. Kehadiran Aktris Kim Hee Ae

Aktor Sol Kyung Gu, yang berperan sebagai mantan direktur pusat ruang angkasa Jae Guk dan pria di Bumi yang memulai misi penyelamatan untuk menyelamatkan Sun Woo saat dia terdampar di bulan.

Kim Hee Ae, mengatakan,"Jika Anda menonton di layar lebar, Anda secara tidak langsung akan mengalaminya. luar angkasa, berlari di permukaan bulan, terbang, dan berenang di dalam pesawat luar angkasa.".

Ada yang menarik dari daftar pemeran, karena Kim Hee Ae yang sempat berperan di drama The World of the Married kini main di film bertema Sci-Fi. Di film ini dia berperan menjadi Moon-young, direktur utama Stasiun Luar Angkasa Internasional.

3. Reuni D.O EXO dengan Sutradara

The Moon menjadi reuni dari D.O EXO dengan sang sutradara, Kim Yong Hwa.

Sebelumnya, mereka sempat terlibat dalam projek Along With the Gods: The Two Worlds (2017) dan Along With the Gods: The Last 49 Days (2018).

4. Proyek Terbaru Sutradara Kim Yong Hwa Sebagai Penulis

The Moon menjadi proyek terbaru dari Kim Yong Hwa sebagai sutradara dan penulis.

Kim Yong Hwa sendiri merupakan sutrdara ternama Korea Selatan yang telah melahirkan banyak film populer Korea, salah satunya Along With the Gods musim pertama dan kedua.

Kesuksesan film Along With The Gods: The Two Worlds yang dirilis pada 2018, membawa dirinya meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik pada (54th) BaekSang Arts Awards.

Sebelumnya pada tahun 2019, Kim Yong Hwa berhasil merebut penghargaan sutradara terbaik.

4 dari 4 halaman

2 Hari Tayang, Penonton The Moon di Indonesia Capai 65 Ribu ++

CBI Pictures pada Jumat 11 Agustus 2023 mengabarkan bahwa jumlah penonton film The Moon di Indonesia telah mencapai 65 ribu orang.

"Terima kasih 65 ribu warga bumi (Indonesia) yang sudah bantu Sunwoo mendarat di bulan," begitu kicau akun Twitter @CBIPictures.

"THE MOON karya Kim Yong Hwa (Along with the Gods) sedang tayang," lanjut mereka.

CBI Pictures pun mengajak penonton di Indonesia merasakan immersive-nya ledakan dan hujan meteor yang tercipta di film The Moon.

Fans pun bersuka cita atas perolehan ini. Mereka bahkan tak sabar untuk menonton kembali film terbarunya D.O di bioskop.

"Ini baru weekdays. Bismillah The Moon go international," kicau akun @addicted****

"Kalian yang sudah nonton dan mau rewatch wajib nonton 4DX The Moon, dijamin makin ser dan menegangkan," kicau @nagaju****

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.