Sukses

6 Cara Ampuh Hilangkan Lemak Perut, Gak Perlu Konsumsi Minuman atau Suplemen

Cara hilangkan lemak perut seringkali dianjurkan dengan konsumsi minuman atau suplemen. Padahal, cara-cara alami dipercaya masih bisa membantu hilangkan lemak perut.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Tak diketahui jelas berapa banyak orang yang berjuang ingin menghilangkan lemak perut. Mulai dari mencoba cara-cara alami hingga mengonsumsi minuman tertentu dan suplemen yang bermunculan.

Hal itu terjadi bukan tanpa sebab, Pasalnya, memang ada begitu banyak masalah kesehatan yang dikaitkan dengan lemak perut. Begitu pula dengan cara untuk menghilangkannya.

Namun sebelum itu, penting untuk lebih dulu memahami soal lemak perut lebih dalam. Memulai pemahaman soal lemak perut ini dipercaya dapat mempermudah Anda untuk mencari cara paling ampuh untuk menghilangkan lemak perut.

Lantas, apa sih yang menyebabkan munculnya lemak perut? Serta, bagaimana cara ampuh untuk menghilangkan lemak perut? Mengutip laman US News, Selasa (1/8/2023), berikut di antaranya.

1. Kebiasaan makan

Penyebab paling lumrah di balik munculnya lemak perut adalah kebiasaan makan Anda sehari-hari. Makanan yang tinggi gula dapat menyebabkan terciptanya lebih banyak lemak perut.

"Gula yang tidak diperoleh secara alami seperti dari buah dapat menyebabkan tubuh mengalami peradangan. Peradangan itu bagian dari proses penyembuhan tubuh. Tapi, terlalu banyak peradangan menimbulkan efek bahaya," kata ahli diet dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Grace Derocha.

"Misalnya, ketika tubuh mengalami terlalu banyak peradangan, maka ia akan lebih suka menyimpan lemak di dalam dan sekitar perut untuk memudahkan akses energi," tambahnya.

Selain itu, gula dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang mana dapat membuat tubuh menyimpan lebih banyak lemak di bagian tengah.

Jadi, cara pertama yang dianjurkan untuk menghilangkan lemak perut adalah membatasi lebih dulu makanan dan minuman tinggi gula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Stres dan kadar kortisol tinggi

Kedua, kadar kortisol yang tinggi. Jika Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol. Beberapa kadar hormon termasuk kortisol itu yang berkontribusi untuk menciptakan lebih banyak lemak di bagian tengah tubuh, termasuk pada perut.

Sayangnya, tidak ada cara apsti untuk sepenuhnya menghilangkan stres hanya untuk menghilangkan lemak perut. Namun, Anda dapat mengontrol reaksi terhadap stres yang dialami.

Sehingga, dari upaya mengontrol stres, hormon kortisol tidak terus muncul.

3 dari 4 halaman

3. Kurang tidur

Salah satu dampak dari stres yang paling umum adalah menyebabkan waktu tidur jadi berantakan. Alhasil, orang yang tengah stres dapat mengalami kurang tidur dalam waktu yang bersamaan.

Padahal, kurang tidur dapat membantu mengendalikan lemak perut.

Sebab, tidur dapat mengendalikan nafsu makan. Sementara di sisi lain, kurang tidur dapat membuat Anda ingin makan lebih banyak dan kemungkinan besar makanan yang dipilih adalah yang tinggi lemak dan gula.

4 dari 4 halaman

4. Konsumsi alkohol

Minuman beralkohol dipercaya punya kalori ekstra. Sehingga, mengonsumsinya secara berlebihan dapat menambah lemak perut.

Dalam hal satu ini, cara untuk membasminya hanyalah dengan mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan mengganti dengan minuman yang lebih sehat.

5. Kurang makan sayur

Kebiasaan kurang makan sayur dapat menambah daftar penyebab lemak perut.

Hal ini dikarenakan sayur punya kandungan serat tinggi yang dikaitkan dengan risiko lemak perut yang lebih rendah. Serta, serat dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan membuat sistem pencernaan lebih efisien.

Jadi, jika hendak mengurangi lemak perut, coba jugalah untuk menambah sayuran dalam setiap sesi makan Anda.

6. Mulai Rutin Olahraga

Olahraga dapat menyebabkan penurunan berat badan di seluruh tubuh termasuk di sekitar perut. Mengurangi lemak tidak mungkin bisa dilakukan di area tertentu saja. Artinya, melakukan latihan atau olahraga yang berfokus di otat perut seperti crunch atau sit up belum tentu dapat membakar lemak perut lebih baik daripada olahraga lainnya.

Namun, latihan ini dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut dan membuatnya tampak lebih langsing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.