Sukses

Tidak Hanya Cantik dan Menggemaskan, 7 Ras Kucing Ini Juga Sangat Cerdas

Jadi salah satu hewan peliharaan favorit, kucing ternyata juga sangat pintar, lho. Berikut 7 ras kucing paling cerdas.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing jadi salah satu teman berbulu favorit manusia. Tidak hanya menggemaskan, kucing juga merupakan hewan yang cerdas.

"Cara kucing berinteraksi dan merespons mengekspresikan kecerdasan yang dimiliknya," ucap Teresa Keiger dari Cat Fanciers 'Association kepada Reader's Digest.

Kesadaran itulah yang membantu kucing bertahan hidup selama ribuan tahun di alam liar. "Saya memperhatikan bahwa kucing yang diselamatkan dari alam liar cenderung lebih cerdas, karena ia harus belajar berpikir sendiri," kata Stephanie Wolf, DVM, seorang dokter hewan.

Di antara berbagai ras yang ada, berikut beberapa jenis kucing yang paling cerdas menurut Reader's Digest:

1. Russian Blue

Ketika berbicara tentang ras kucing pintar, Russian Blue salah satunya. Kucing ini sangat pintar sehingga alih-alih butuh diajari, ia yang malah akan mengajari Anda.

Layaknya alarm, kucing ini akan membangunkan Anda agar bangun dan memberinya sarapan serta mengingatkan Anda saat jam makan malam.

"Ras yang tenang ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya," jelas Keiger. Selain pintar, Russian Blue juga dikenal sangat menyayangi pemiliknya.

2. Abyssinian

Kucing cantik yang memiliki mata besar berbentuk almond ini sangat menyerupai cougar. Tidak hanya itu, Abyssinian juga termasuk jajaran ras paling cerdas, lho. "Abyssinians sangat cerdas, pemecah masalah yang baik dan penuh rasa ingin tahu," ucap Keiger.

Selalu waspada dan sibuk, kucing ini paling suka dengan permainan puzzle interaktif yang menantang. Selain cerdas, Abyssinians adalah kucing yang sangat sosial dan penyayang. Ras kucing ini juga merupakan salah satu yang suka bergaul dengan anjing, lho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Egyptian Mau

Kunci kebahagiaan kucing dengan ciri khas bintik pada bulunya ini adalah kesempatan mengasah keterampilan mental dan fisiknya. Kucing ini sangat membutuhkan mainan dan aktivitas kucing yang dapat menunjukkan respons fisik dan mentalnya yang secepat kilat.

Saking pintarnya, Egyptian Mau bahkan dapat menyalakan keran sendiri untuk bermain air. Setelah menghabiskan energi untuk bermain, si imut ini akan meringkuk dan memeluk pemiliknya untuk menunjukkan kasih sayangnya.

4. American Bobtail

Tidak hanya pandai belajar trik-trik baru, American Bobtail juga memiliki kecerdasan emosional yang mengesankan. Kucing ekor gemuk yang lucu ini terkenal karena empatinya. "Ia juga sangat beradaptasi dengan lingkungan dan pemiliknya, menawarkan bahu untuk menangis saat dibutuhkan," tutur Keiger.

Tak cuma itu, ras kucing yang bisa berumur hingga 15 tahun ini bahkan berperilaku seperti anjing. Ia gemar bermain fetch, berjalan-jalan dengan tali leher dan bergegas menyambut tamu ketika mendengar ketukan di pintu. Teman yang setia dan penyayang, kucing menggemaskan ini cocok jadi partner bermain di rumah.

3 dari 4 halaman

5. Burmese

Termasuk salah satu ras kucing paling cerdas, Burmese sangat suka perhatian, sesuatu yang dapat Anda ketahui dari bahasa tubuhnya.

"Ras cerdas ini sangat suka menghibur pemiliknya sehingga sering memeriksa untuk memastikan seseorang sedang menonton," kata Keiger.

Burmese juga dikenal memiliki tingkah yang mirip anjing dan suka bermain fetch. Namun, sobat berbulu yang satu ini sangat keras kepala.

"Ketika ia memutuskan bahwa ia menginginkan sesuatu, ia tidak akan menerima penolakan dan biasanya mencari cara untuk mendapatkannya." Dan, ya, ini termasuk mendapatkan perhatian dari Anda.

Kucing yang anggun dan eksotik ini sangat penyayang, tetapi dia juga ingin disayang. Jadi, ketika Anda sibuk dan mengabaikannya terlalu lama, kucing pintar ini mungkin akan mengekor Anda di sekitar rumah, menggosokkan dirinya ke kaki Anda atau menjatuhkan diri dan meringkuk di pangkuan Anda. Semua itu dilakukan untuk mengingatkan bahwa Anda memiliki kucing yang membutuhkan kasih sayang.

4 dari 4 halaman

6. Japanese Bobtail

Ras kucing yang paling cerdas seringkali adalah ras yang belum pernah didengar sebelumnya. Japanese Bobtail, misalnya, yang juga merupakan ras kucing paling langka di dunia. Kucing berekor pendek ini selalu siap membantu Anda.

"Ia adalah kucing yang aktif, cerdas, banyak bicara yang senang membuat kerusakan," ucap Keiger.

Kucing yang merupakan salah satu ras tertua ini suka bepergian, tinggal di hotel dan melompat. Kepribadiannya yang tampak seperti manusia itulah yang membuat kucing satu ini tampak begitu bersemangat. "Hidup dengan Japanese Bobtail tidak pernah membosankan," aku Keiger.

7. Bengal

Bengal memiliki corak bulu unik yang mirip dengan macan tutul dan jaguar. Karena kecantikannya ini, Bengal jadi jenis kucing yang paling sering dicuri. Selain cantik, kucing yang sangat percaya diri dan penasaran ini tidak malu mengajak Anda bermain.

Kemampuan atletik macan kecil ini tak tertandingi, tetapi ia membutuhkan banyak ruang untuk berlari dan melompat—beberapa bahkan suka berjalan-jalan dengan tali leher dan menjelajahi alam bebas. Yang terakhir, Bengal sangat manis dan cerewet.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.